Dekorasi Ruang Keluarga yang Baik dapat Memberikan Kebahagiaan kepada Penghuninya

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Monday, August 21 2017

Dekorasi ruang keluarga, ternyata memiliki dampak psikologis terhadap penghuninya, khususnya berhubungan dengan kebahagiaan. Dus, jangan sampai dekorasi ruang keluarga Anda dipenuhi dengan perabotan yang malah membuat Anda dan keluarga menjadi tidak bahagia.

Interiordesign.id – Tak hanya pemilihan perabotan, ruang tamu juga harus memiliki visualisasi yang baik, rapi, bersih dan tentunya nyaman. Rumah yang memiliki tampilan yang baik serta terjaga kebersihan dan kerapiannya dapat membantu kesehatan mental psikologis penghuninya. Sementara, rumah yang berantakan akan memberikan rasa tak nyaman dan mood yang terganggu. Selain itu, rumah berantakan juga memberikan energi negatif bagi para penghuninya dan kepada para tamu yang berkunjung.

Ruang keluarga merupakan tempat di mana banyak kegiatan terjadi. Maka sama seperti ruangan lainnya, sebaiknya Anda benar-benar memerhatikan tampilan ruangan yang satu tersebut. Berikut ini adalah tips dekorasi ruang keluarga yang nyaman dan dapat memberikan dampak psikologis yang baik.

Baca juga:

10 Desain Modern Ruang Keluarga Berukuran Kecil yang Menginspirasi

Dekorasi Kamar Seksi, Pengaruhi Kualitas & Semangat Bercinta

Dekorasi Ruang Keluarga dengan Sentuhan Personal

dekorasi ruang keluarga

via pinterest

Sama halnya seperti kamar, ruang keluarga juga merupakan ruang yang sangat personal di mana Anda dan anggota keluarga melakukan aktivitas bersama. Kegiatankegiatan bersama seperti menonton, mengobrol atau membaca dan mendengarkan musik biasanya dilakukan di ruang keluarga.

15 Rak Buku Keren yang Harus Kamu Miliki Segera untuk Merapikan Perpustakaan Pribadimu

Untuk melengkapi kebutuhan tersebut, Anda bisa meletakkan televisi dan rak buku berisi buku-buku yang tersusun rapi. Anda juga dapat menghadirkan gramafon dan memajang koleksi piringan hitam di salah satu sudut ruangan. Selain itu, piringan hitam juga dapat menjadi elemen dekoratif yang sangat menarik sebagai elemen dekorasi ruang keluarga.

4 Furnitur Keren & Unik yang Menyerupai Simbol Karakter Superhero

Dekorasi Ruang Keluarga dengan Pajangan Foto

dekorasi ruang keluarga

via instagram

Pajanglah foto keluarga berukuran agak besar yang disesuaikan dengan ukuran ruang. Atau jika tidak ingin memajang foto yang besar, Anda bisa memajang beberapa foto-foto berukuran postcard dengan bingkai. Anda bisa menempatkannya dengan rapi di dinding. Selain sebagai foto keluarga, pajangan foto juga dapat menjadi hiasan dinding yang cantik.

Dekorasi Ruang Keluarga dengan Sofa & Karpet

Rasanya sofa menjadi perabotan wajib yang harus Anda hadirkan di ruang tamu. Selain sebagai dekorasi ruang, sofa juga berfungsi sebagai pelengkap yang pastinya dibutuhkan di ruang keluarga. Selain harus disesuaikan dengan suasana di ruangan, sofa yang Anda pilih juga harus nyaman digunakan seluruh anggota keluarga.

5 Inspirasi Gaya Desain Rumah Pasangan Selebriti yang Chick & Stylish!

Jika ruang keluarga Anda berukuran mungil, Anda dapat menempatkan satu set sofa yang menempel pada dinding. Namun jika Anda memiliki ukuran yang besar, hindari mengaplikasikan hal serupa. Sebab hal tersebut hanya membuat ruang keluarga terasa seperti aula serta mengurangi keintiman bersama keluarga.

Lengkapi juga kenyamanan Anda dan keluarga di ruang keluarga dengan bantal sofa, meja dan juga karpet. Khusus untuk karpet, pilihlah ukuran karpet yang sama dari set sofa. Sehingga memberikan visual yang proporsional pada dekorasi ruang keluarga. Penggunaan karpet yang luas juga akan memberikan efek visual yang lebih luas terhadap ruangan.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Dekorasi Ruang Keluarga; Pencahayaan

dekorasi ruang keluarga

via pinterest

Gunakan lampu utama dengan cahaya yang mampu merata ke seluruh ruangan. Lampu plafon atau lampu gantung juga cocok untuk digunakan di ruang keluarga Anda. Namun, pastikan ketinggian lampu tidak terlalu rendah.

Pada sudut-sudut yang terasa gelap, Anda dapat menambahkan standing lamp atau lampu dinding. Agar tidak menyilaukan mata, tempatkan lampu dinding sedikit lebih tinggi dari garis pandangan. Untuk kesan dramatis, tambahan spotlight pada ceiling yang menyoroti koleksi pribadi akan membuat suasana ruang semakin menyenangkan.

Cara Terbaik Maksimalkan Desain Rumah Minimalis, Sederhana Namun Mewah Sekaligus

Dekorasi Ruang Keluarga; Tanaman

Menghadirkan tanaman hias di dalam ruang keluarga juga mampu menjadi dekorasi yang dapat memberikan rasa rileks. Terutama jika Anda memilih tanaman hidup. Tanaman hidup akan membuat sirkulasi kelembaban udara di dalam ruang menjadi lebih baik.

Sebuah penelitian dari Journal Environmental Psychology menyebutkan bahwa Anturium, yaitu tanaman dengan bunga, dipercaya dapat menurunkan tingkat stres. Terdapat juga beberapa jenis tanaman lain dengan fungsi-fungsi khusus, seperti Sansevieria atau yang dikenal dengan nama Lidah Mertua. Tanaman Sasevieria mampu menyerap radiasi dari perangkat elektronik seperti TV dan smartphone.

Selain itu, kaktus dan bambu hias juga dapat menjadi pilihan dekorasi ruang keluarga. Bentuknya yang imut dan ukurannya yang mungil dapat Anda letakkan di side table atau bahkan pada coffe table.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami. Gratis!

Tags: , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram