Dekorasi Ruang Tamu Bohemian; Cara Unik untuk Keluar dari Kekakuan

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, November 29 2017

Ruang tamu mesti dirancang semenarik dan senyaman mungkin. Ruang tamu harus memiliki desain yang dapat mewakili siapa dan seperti apa diri Anda dan keluarga. Dengan dekorasi ruang tamu bohemian, Anda memiliki kesempatan untuk dapat menampilkan suasana ruang tamu yang jauh dari kesan kaku dan membosankan.

Interiordesign.id – Ruang tamu adalah ruang publik di dalam rumah. Di ruangan inilah Anda menyambut para tamu yang berkunjung. Dus, ruang tamu harus memiliki desain yang dapat mewakili siapa dan seperti apa diri Anda dan keluarga. Ruang tamu mesti dirancang semenarik dan senyaman mungkin.

Banyak cara untuk menyulap atau mengubah penampilan sebuah ruang, dari melakukan dekorasi kecil hingga perombakkan besar-besaran. Anda dapat mengevaluasi kondisi ruang tamu terlebih dahulu, melihat kondisinya saat ini, apakah atapnya masih bagus atau apakah cat dindingnya sudah mengelupas?

Jika kondisi ruang tamu perlu banyak perbaikan, maka sudah barang tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah memperbaikinya. Anda juga dapat melakukan perombakan atau relayout yang diinginkan. Jika perbaikan telah dilakukan, saatnya mendekorasinya, agar ruang tamu menjadi terlihat lebih menarik juga inviting.

| Gaya Desain Minimalis, Kreasikan Ruang Keluarga plus Ruang Dapur yang Cantik & Fungsional

Dekorasi Ruang Tamu Bohemian

Bohemian atau juga kerap dikenal dengan gaya boho, merupakan salah satu gaya interior paling unik yang dapat Anda terapkan untuk ruang tamu. Gaya Bohemian yang populer pada tahun 1960an ini juga selalu dikaitkan dengan gipsi. Gipsi sendiri merupakan istilah yang dipakai orang-orang yang melarikan diri dari aturan kaku Bohemia di Eropa Tengah.

Oleh sebab itu, bohemian diidentikan dengan kepribadian yang bebas karena gemar melakukan perjalanan dan hidup yang berpindah-pindah.

Bohemian yang terlihat tidak beratur, kaya motif dan juga warna, akan menjadi gaya favorit Anda. Terutama bagi yang menyukai gaya yang unik dan tidak kaku. Anda dapat mengeksplorasi penggunaan warna dan motif gaya bohemian pada ruang tamu dengan gaya yang satu ini.

| Gaya Desain Bohemian, Bagaimana Ketidakberaturan dapat Menjadi Seni yang Unik dan Eksentrik

Dekorasi Dinding Ruang Tamu Bohemian

Gaya bohemian memang dikenal dengan gaya yang saling “menabrak” satu sama lain. Namun bukan berarti Anda bebas melakukan tabrak aneka warna. Jika Anda akan menggunakan banyak motif dan aksen, sebaiknya hindari penggunaan wallpaper atau banyak warna pada bagian dinding.

dekorasi ruang tamu bohemian

via vogue

Sebagai warna dasar, Anda bisa menggunakan warna cat putih untuk bagian dinding. Untuk pemanis, Anda juga dapat mengecat warna lain di salah satu bagian dinding yang lain. Seperti menghadirkan warna biru toska atau warna kuning yang sedikit memudar.

Warna & Motif Sofa Ruang Tamu Bohemian

dekorasi ruang tamu bohemian

via pinterest

Selain kursi, sofa juga menjadi furnitur yang dapat Anda dekorasi menggunakan gaya bohemian. Perhatikan beberapa tips dekorasi sofa ala bohemian berikut:

Pada umumnya, sofa yang dijual di pasaran tampil dengan warna polos. Kreasikan sebuah perpaduan warna yang unik pada sofa untuk mendapatkan tampilan yang berbeda. Lengkapi sofa dengan kain-kain bermotif tribal, ikat atau anyaman ala timur tengah.

| Mengenal Gaya Desain Interior “Postmodern”, Gaya Dekorasi Interior yang Menentang Segala Aturan

Namun, jika tetap menginginkan kursi atau sofa tetap memiliki warna polos sesuai aslinya, cukup tambahkan bantalan sofa dan sarung bantal yang memiliki motif. Tamplak meja bermotif unik juga dapat Anda hadirkan di ruang tamu tersebut untuk melengkapi motif sarung bantal.

Furnitur Ruang Tamu Gaya Bohemian

dekorasi ruang tamu bohemian

from pinterest

dekorasi ruang tamu bohemian

via Hubert Podgórski

Untuk mendapatkan gaya bohemian yang khas, gunakanlah furnitur yang terlihat tua atau vintage. Furnitur lama yang dimaksud bukanlah furnitur yang sudah berusia tua, melainkan furnitur baru dengan model vintage.

Jika ingin menggunakan kembali furnitur lama bergaya vintage pun sebenarnya tidak masalah, selama perabotan tersebut masih memiliki kondisi cukup baik.

Pilihan Akesori Ruang Tamu Gaya Bohemian

Sebagai sentuhan akhir, buatlah ruang tamu Anda menjadi semakin cantik dengan pemanis berupa aksesori. Ada banyak pilihan aksesori yang dapat Anda bawa ke dalam ruang tamu bergaya bohemian, seperti karpet dan kain motif aneka warna.

Selain itu, patung etnik, lukisan abstrak serta tanaman juga bisa digunakan untuk mempercantik ruang tamu bohemian.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi ruang tamu? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram