fbpx
Hello, Guest

Dekorasi Rumah Mudah dan Terjangkau dengan Dinding Tapestri

Posted by Brenda Brilianita Tuesday, February 21 2023

Interiordesign.id -Ada banyak cara untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk ditinggali juga nyaman dilihat.

Mulai dari desain ruang, pemilihan furnitur, hingga aksesori ruang, semua memiliki peran masing-masing tuk ciptakan hunian impian.

Dinding misalnya, selain material penyusun dinding seperti bata merah atau hebel, finishing seperti wallpaper atau plester, kita juga bisa menambahkan aksesori yang bisa berikan tampilan menarik dan unik.

Salah satunya adalah menggunakan tapestri!

Pemasangan tapestri pada dinding bisa berikan aksen motif pada dinding ruang.

Jika ingin menciptakan ruang yang terlihat etnik, kita bisa menggunakan tapestri dengan motif-motif tradisional khas daerah tertentu. Begitu juga dengan motif lainnya, berikan kesan yang unik dan berbeda!

Apa itu Tapestri?

pengertian tapestri

Jika kita belum familiar dengan kata tapestri ada baiknya jika melihat dari asal mula kata itu terbentuk.

Tapestri berasal dari bahasa Perancis yaitu Tapiesserie yang artinya penutup lantai atau bahasa latin Tapestrum.

Sedangkan secara istilah tapestri merupakan bentuk seni tekstil yang berupa tenun tradisional. Dikerjakan dengan alat tenun vertikal yang dilakukan di lantai.

Unsur-unsur dari Tapestri

unsur tapestri

Mengutip Juns dalam penelitian milik Syah Nurni mengenai tapestri, terdapat lima unsur dalam sebuah karya tapestri, sebagai berikut:

  1. Warna, secara teorinya tapestri memiliki tiga warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru. Menggunakan teknik pencampuran dari ketiga warna ini akan menghasilkan warna-warna lain.
  2. Bentuk, menggabungkan berbagai unsur bidang yang menghasilkan bentuk tertentu.
  3. Bidang, berupa permukaan yang datar, suatu garis yang dipertemukan ujung pangkalnya akan membentuk bidang.
  4. Tekstur, jenis permukaan suatu benda seperti halus atau kasar.
  5. Garis, tarikan dari satu titik ke titik lain.

Jadi tapestri sebenarnya merupakan suatu kerajinan tekstil yang menggunakan teknik tenun. Hasil akhirnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti karpet, hiasan dinding, dan lainnya.

Nah pada artikel ini kita akan membahas cara menghias dinding menggunakan tapestri yang sangat bisa Anda terapkan untuk percantik ruang!

Cara Menghias Dinding dengan Tapestri

cara menghias dinding dengan tapestri
Pinterest

Inilah langkah-langkah menghias dinding menggunakan tapestri yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Pilih tapestri yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan Anda. Ada berbagai macam tapestri yang tersedia di pasaran, mulai dari pola tradisional hingga yang lebih modern.

2. Pastikan bahwa dinding yang akan ditempeli tapestri bersih dan kering. Anda bisa membersihkan dinding dengan kain yang lembab dan membiarkan dinding mengering sebelum melanjutkan proses.

3. Pasang tapestri di atas permukaan yang rata. Sebaiknya jangan menempelkan tapestri di atas dinding yang bergelombang atau tidak rata. Gunakan alat ukur dan level untuk memastikan bahwa tapestri ditempel dengan rata.

4. Gunakan lem atau perekat khusus untuk tapestri. Pastikan lem atau perekat yang Anda gunakan sesuai dengan bahan tapestri dan tahan lama.

5. Pasang tapestri dengan hati-hati dan hindari membuat lipatan yang terlalu besar atau kusut. Anda bisa memotong bagian tapestri yang terlalu panjang atau lebar dengan gunting yang tajam.

6. Setelah tapestri terpasang, periksa lagi apakah tapestri terpasang dengan rapi dan tidak ada bagian yang mengelupas atau terlepas. Jika ada bagian yang mengelupas, tempelkan kembali dengan perekat atau lem.

7. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan tapestri secara teratur. Anda bisa menggunakan kain lembab untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada tapestri.

dinding kamar tapestri
Pinterest

Dan itulah cara menghias dinding menggunakan tapestri yang bisa jadi pilihan yang praktis dan mudah digunakan untuk mempercantik ruangan.

Dengan berbagai macam motif dan warna yang tersedia, Anda dapat menemukan tapestri yang sesuai dengan gaya dan selera. Selain itu, penggunaan tapestri juga dapat memberikan kesan yang berbeda dan menarik pada ruangan.

Dengan mengaplikasikan tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menghias dinding dengan tapestri dengan lebih mudah dan efektif.

Jangan lupa untuk memilih tapestri yang berkualitas dan memperhatikan penempatan tapestri agar menciptakan tampilan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi dalam menghias dinding rumah Anda!

Percantik ruang dengan berbagai aksesori seperti tapestri. Selain itu, tidak ada salahnya percayakan keindahan ruang pada desainer profesional. Bersama kami di Interiordesign.id wujudkan impian hunian Anda di sini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain kamar anak farmhouse
Friday, May 13 2022
Posted by amanda.adelia01

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id