Desain Apartemen Skandinavia; Cara Merancang Hunian Masa Kini yang Nyaman dan Fungsional

Posted by Nita Hidayati Inayah Wednesday, November 1 2017

Gaya interior skandinavia menampilkan kesan simpel, sederhana, tetapi terlihat sangat dinamis.

InteriorDesign.id – Gaya skandinavia menjadi salah satu konsep interior yang paling pas dan tepat untuk diaplikasikan pada hunian jenis apapun, apartemen maupun rumah. Desain skandinavia yang identik dengan penampilan warna putih yang dominan, termasuk ke dalam kategori gaya minimalis yang simpel dan sederhana, dengan penampilan yang sangat nyaman dan fungsional.

Skandinavia tidak lagi hanya dikenal dan digunakan untuk menyebut negara-negara di Eropa Utara atau Negara-negara Nordic. Istilah skandinavia kini lebih akrab dikenal sebagai salah satu gaya interior paling populer.

Pada prinsipnya, gaya desain skandinavia menitikberatkan pada fungsi sebuah ruang. Aksen natural, penggunaan warna-warna cerah dan terang, pencahayaan alami, filosofi minimalis dan humanistik, menjadi ciri khas gaya interior ini.

Prinsip-prinsip desain interior skandinavia lahir dan dilatarbelakangi oleh kondisi khas alam dan masyarakat di wilayah skandinavia itu sendiri. Keterbatasan sumber daya alam seperti kayu, membuat masyarakat Skandinavia berpikir bagaimana seharusnya menggunakan potensi alam sebijaksana mungkin.

Dari kondisi seperti itulah maka lahir gagasan merancang hunian dengan memasukan unsur alam dan sebisa mungkin meminimalisir penggunaan perabotan dan unsur dekoratif yang terlalu berlebihan. Seperti banyaknya bukaan pada hunian sehingga sinar matahari atau cahaya alami dapat masuk secara maksimal. Pencahayaan alami pada musim panas benar-benar dimanfaatkan dan digunakan oleh hampir seluruh hunian-hunian pada masyarakat skandinavia.

Bagi Anda yang menginginkan apartemen yang tampak cerah, luas dan nyaman, desain skandinavia merupakan satu pilihan gaya desain interior yang paling tepat. Tampilan interior skandinavia yang simpel dan minim dekorasi dianggap mewakili gaya hidup modern saat ini. Pun secara visual, desain skandinavia hadir dengan penampilan yang sangat sederhana tetapi tetap tidak kehilangan citra estetiknya.

Tertarik mencoba gaya desain ala nordic ini untuk apartemen Anda? Simak beberapa penjelasan singkat berikut ini.

Desain Apartemen Skandinavia; Dominasi Warna Putih

Tidak diragukan lagi, warna putih merupakan unsur warna dan elemen interior yang paling penting dari gaya skandinavia. Warna putih menjadi ciri khas yang membuat kita dapat dengan mudah mengenali gaya desain yang satu ini. Selain pada dinding, warna putih juga dapat diaplikasikan pada penggunaan lemari, meja, sofa hingga penggunaan sprei dan bed cover. Warna putih memberi kesan luas, lapang, cerah dan terang pada keseluruhan ruang.

Elemen Kayu

Selain menggunakan keramik, gaya skandinavia kerap menggunakan kayu untuk bagian lantai. Elemen kayu merupakan perwujudan memasukan unsur atau elemen alam dengan tujuan menampilkan kesan natural ke dalam setiap ruang. Elemen kayu juga secara tepat dapat memberi kesan hangat pada ruang yang didominasi warna putih.

Pencahayaan

desain apartemen skandinavia
via 4BetterHome

Perhatikanlah pilihan pencahayaan dalam setiap ruang di apartemen. Pencahayaan merupakan salah satu kunci dari desain skandinavia. Gunakan lampu yang terang untuk ruang-ruang tertentu yang ukurannya besar, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Sementara untuk kamar tidur, Anda dapat menggunakan lampu warmlight yang nyaman dan menenangkan.

Anda juga dapat menyediakan dua fungsi lampu yang memiliki pencahayaan yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lampu terang ketika beraktivitas dan lampu yang sedikit temaram untuk bersantai dan beristirahat. Pilihan pencahayaan yang baik dan sesuai akan memberi kesan luas dan nyaman ke dalam keseluruhan ruang.

desain apartemen skandinavia
from freshome

Selain lampu, manfaatkan juga pencahayaan alami yang berasal dari cahaya matahari di siang hari. Caranya dengan membuat banyak bukaan seperti jendela dan ventilasi.

Penggunaan Aksesori

Terakhir, untuk mempercantik ruang, penggunaan aksesori selalu memainkan peran penting. Hadirkan warna-warna cerah lain sebagai aksen dekoratif. Pilihlah aksesori yang berwarna-warni yang juga dapat dengan mudah Anda pindahkan, seperti bantal, karpet, kursi, kap lampu hingga lukisan. Tetapi perlu diingat, Anda harus memerhatikan warna-warna yang akan digunakan, jangan sampai berbagai aneka warna berkumpul dalam satu ruang. Hindari penggunaan lebih dari tiga warna berbeda di dalam apartemen Anda.

desain apartemen skandinavia
via designrulz.com

Untuk aksesori ruang lainnya, Anda dapat menghias dinding dengan lukisan, foto atau kutipan inspiratif berbingkai kayu.

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×