desain cafe

Desain Cafe: 7 Cara Bagaimana Menjadikan Interior Kafe Terlihat Unik dan Menarik Secara Visual

Posted by Ami Nurbaiti  •  Thursday, December 13 2018

Faktor paling besar yang bisa membuat seorang pelanggan betah di sebuah kafe adalah furnitur yang bagus, desain yang unik serta aksesibilitas.

Interiordesign.id – Di Indonesia kafe tidak lagi menjadi tempat untuk menjual makanan dan minuman saja. Cafe saat sekarang sudah menjadi bagisn dari gaya hidup masyarakat modern. Ia menjadi salah satu tempat tujuan yang selalu menyenangkan untuk dikunjungi.

Desain cafe pun juga jauh lebih berkembang, terutama konsep interiornya. Interior sebuah cafe bahkan tidak jarang menginspirasi banyak bentuk dan model bangunan-bangunan lainnya. Seperti konsep interior kantor yang dirancang mirip cafe, atau bahkan area dapur rumah yang sengaja dirancang mirip area dapur dan ruang makan di sebuah kafe.

Konsep ruang publik seperti cafe memang membutuhkan tingkat kenyamanan maksimal bagi para pengunjungnya. Ia tidak bisa dirancang asal-asalan. Interior kafe bisa menjadi faktor penentu seberapa betah seseorang saat mengunjunginya. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hanson E Kusuma, seorang arsitek dan peneliti lulusan ITB, bahwa salah satu faktor paling besar yang bisa membuat seorang pelanggan betah di sebuah kafe adalah furnitur yang bagus, desain yang unik serta aksesibilitas.

Dari penelitian tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa desain cafe tidak bisa sembarang. Jika Anda adalah seseorang yang baru mau memulai bisnis, dan kebetulan lini bisnis Anda adalah membangun sebuah tempat yang nyaman dan asyik buat nongkrong, maka pertimbangan seperti pilihan furnitur, konsep desain yang unik, dan aksesiblitas jangan sampai terlupakan.

Berikut adalah 7 cara mendekorasi interior cafe agar memiliki penampilan unik serta menarik secara visual:

Gunakan Perpaduan Warna Cerah

Perpaduan warna, atau kombinasi pilihan warna cat merupakan cara paling mudah untuk menjadikan interior kafe terlihat lebih modern dan hidup. Pilihan warna yang tepat bisa melahirkan daya tarik orang-orang terhadap sebuah ruang.

Mengutip edupaint.com, warna bisa menjadi unsur paling penting yang dapat memunculkan kesan serta suasana tertentu saat diaplikasikan pada sebuah bangunan, baik interior maupun eksterior. Tidak terkecuali untuk interior cafe.

desain cafe

~ via cafeflavour

Pilihan warna abu-abu dan putih menjadi dua warna yang paling tepat untuk memunculkan kesan modern ke dalam interior cafe. Atau warna merah yang bisa menjadi pilihan alternatif karena memiliki karakter yang dapat meningkatkan selera makan seseorang dan membuat orang cepat merasa lapar.

Desain Cafe, Semakin Unik Semakin Menarik Perhatian

Gaya Interior Unik

Konsep desain yang unik bisa menjadi teknik pemasaran yang paling efektif. Gaya modern, kontemporer, industrial atau minimalis merupakan tema desain kafe yang populer. Memberi sentuhan nyentrik dengan dekorasi yang unfinished khas gaya industrial juga bisa menjadi teknik dekorasi terbaik yang bisa memunculkan nuansa ruang yang terasa lebih hidup.

desain cafe gaya industrial

~ via trend hunter

Modern Kontemporer “Mini Kafe”, Desain Interior Kafe dengan Penampilan yang Atraktif

Kursi dan Meja

Ini berhubungan dengan pilihan furnitur. Meja dan kursi untuk sebuah cafe perlu dipikirkan secara serius jika menginginkan pengunjung betah berlama-lama di kafe Anda.

desain cafe

~ via trend hunter

Kursi dan meja rendah, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin sekadar ngobrol santai ataupun bertemu dengan klien. Atau meja tinggi seperti meja kerja, yang biasanya digunakan untuk mengerjakan satu pekerjaan terfokus. Jenis terakhir adalah meja bar panjang lengkap dengan stool, ia cocok untuk sekadar duduk sambil mencari inspirasi.

Desain Plafon

Plafon atau langit-langit kafe juga harus menjadi pertimbangan dari sisi desain. Pemilihan penggunaan plafon untuk sebuah kafe selain harus menarik juga memiliki fungsi tertentu, seperti meredam suara. Salah satu yang direkomendasikan adalah palfon jenis akustik.

Plafon akustik merupakan solusi bagi Anda yang merencanakan sebuah ruangan yang dapat meredam kebisingan. Ia merupakan jenis palfon yang tahan terhadap batas ambang kebisingan tertentu. Ukuran yang tersedia adalah 60 cm x 60 cm dan 60 cm x 120 cm.

desain plafon cafe

~ via newmat

Jenis palfon ini dapat dipasang dengan rangka kayu atau bahan metal pabrikan yang sudah jadi. Salah satu keunggulannya dapat meredam suara sehingga untuk kebutuhan ruangan tertentu banyak digunakan oleh masyarakat. Bobotnya pun relatif ringan sehingga mudah dalam perbaikan atau dapat diganti dan proses pengerjaannya juga cepat. Kelemahannya, ia tidak tahan air dan di daerah tertentu masih jarang dijumpai karena harganya relatif lebih mahal.

Jendela Kaca Berukuran Besar

Jendela kaca tembus pandang dengan ukuran besar menjadi elemen desain terbaik untuk sebuah kafe.

Mengutip tripadvisor.com, jendela besar pada sebuah kafe sangat ideal agar orang-orang dari luar bisa menyaksikan seberapa nyaman atmosfer sebuah kafe. Mereka juga bisa menyaksikan bagaimana keramahan pelayanan di kafe Anda, sehingga bisa menarik dan menggoda mereka untuk berkunjung.

Konsep Kafe Internet

Dari laman technopedia, internet kafe biasa disebut dengan warung internet atau warnet. Sebuah warnet adalah jenis bisnis di mana komputer disediakan untuk mengakses internet, bermain game, mengobrol dengan teman atau melakukan tugas-tugas terkait komputer lainnya. Dalam banyak kasus, akses ke komputer dan internet dibebankan berdasarkan waktu.

Ada banyak warung internet yang tersebar di seluruh dunia, dan di beberapa negara mereka dianggap sebagai bentuk utama akses internet bagi orang-orang. Di zaman sekarang ini orang-orang mengakses koneksi internet menjadi sebuah kebutuhan utama. Maka dari itu konsep kafe yang menyediakan fasilitas internet dijamin bakalan lebih banyak digandrungi dan diminati para pengunjung.

desain cafe internet

~ via Arcbazar

Desain Cafe Klasik; Penampilan Tempat “Hangout” yang Nyaman dan Berkelas

Pencahayaan dan Lampu Dekoratif

Lampu atau pencahayaan memiliki efek mendalam dalam sebuah ruang, tidak terkecuali interior cafe. Pencahayaan cafe perlu dipertimbangkan secara serius. Pilihan pencahayaan cafe bisa melahirkan sejauh mana interior cafe tersebut nyaman atau tidak.

Pencahayaan datang dari dua jenis, artifisial dan natural atau alami. Jenis pencahayaan artifisial berhubungan dengan pilihan lampu. Dengan modelnya yang menarik, ia bisa mendatangkan daya tarik.

desain pencahayaan cafe

~ via Comelite Architecture, Structure

Anda perlu mengenali berbagai jenis pencahayaan yang bisa menjadikan interior cafe makin menarik secara visual. Ini termasuk jenis pencahayaan ambient, accent, atau bahkan pencahayaan dekoratif. Lampu dekoratif adalah juga bagian dari proses kreatif itu sendiri. Ia merupakan elemen dekorasi interior yang bisa melahirkan suasana ruang yang diharapkan jika dilakukan dengan benar.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

Ami was born in Bandung. She graduated from State Islamic University Bandung in 2018 majored in English Education Department. She really loves to read about anything from manga, novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader