Apa Itu Gaya Desain Modern Minimalis?

Posted by Rio Stefanus  •  Friday, March 8 2019

Gaya modern minimalis itu sendiri identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi.

Interiordesign.id – Konsep dan gaya desain interior yang ada saat ini sangat beragam, mulai dari gaya kontemporer, klasik, modern, industrial, eco-green hingga gaya desain yang disesuaikan dengan karakter dan feel dari desainer itu sendiri.

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal atau bahkan menggunakan salah satu pilihan gaya interior tersebut untuk rumah atau kantor Anda.

Sekarang Saya akan coba membahas dan mengenalkan salah satu gaya desain yang paling populer dan banyak digunakan, gaya modern minimalis.

Gaya modern minimalis itu sendiri identik dengan segala sesuatu yang simpel, fungsional, dan tertata rapi, serta pastinya berhubungan dengan kemajuan teknologi.

Mengutip pufikhomes.com, gaya interior minimalis adalah pendekatan desain yang ditandai dengan penghematan dalam dekorasi. Konsep desain ini bisa dicapai melalui penggunaan furnitur fungsional dan benda-benda interior, bentuk geometris dan kombinasi yang biasanya tidak lebih dari dua warna dasar.

Desain minimalis adalah desain yang dipreteli, menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja.

Minimalis tidak bisa dilepaskan dari pemikiran terkenal seorang Ludwig Mies Van der Rohe, yaitu “Less is More”. Ia adalah salah seorang tokoh arsitektur modern dunia.

Menurut sang Arsitek, yang lebih dikenal dengan sebutan “Mies,” untuk menciptakan “tulang” interior, ia banyak menggunakan bahan-bahan modern seperti baja industri dan juga kaca, sembari tetap menekankan pada ruang terbuka dan kesederhanaan.

Mies percaya bahwa kesederhanaan dalam arsitektur adalah segalanya. Kesederhanaan ini berasal dari pengarugh yang sangat kuat dari gerakan Konstruktivisme Rusia. Konstruktivisme Rusia dikenal menggunakan arsitektur untuk memberi manfaat bagi masyarakat. Selain itu, sentimen kesederhanaan ini juga sangat cocok dengan mantra “less is more-nya.”

Baca juga:

Minimalis vs. Maksimalis: Antara Kesederhanaan dan Sentimen

Dekorasi Rumah Minimalis: Bukan Gaya Interior Sederhana

Desain Modern Minimalis dalam Interior

Banyak yang percaya bahwa konsep desain modern-minimalis sangat erat dengan gaya minimalis karena prinsipnya yang meminimalisir penggunaan elemen-elemen non-fungsional. Tetapi, interpretasi terhadap konsep “Less is More” pada interior minimalis sebenarnya sangatlah luas dan bisa diaplikasikan pada berbagai elemen dan aspek desain interior itu sendiri.

Pertanyaan pentingnya; seperti apa sebenarnya penampilan dari ruangan-ruangan dengan penerapan gaya minimalis?

Berikut saya ringkaskan ke dalam 4 poin:

  1. Gaya geometris

Garis kuat menjadikan interior minimalis tetap menarik. Dalam desain interior desainer biasanya banyak bereksplorasi dengan berbagai macam bentuk-bentuk, baik dari segi bentuk ruangan, bentuk furnitur, hingga bentuk pola yang diterapkan pada interior.

Namun dalam konsep interior minimalis, penggunaan bentuk-bentuk ini justru dibuat lebih sederhana. Eksplorasi bentuk lebih diutamakan pada ergonomi, kenyamanan, dan fungsi, bukan pada estetika desain.

desain interior modern minimalis dengan proporsional geometrik

Interior modern minimalis dengan proporsional geometrik. ~ via IdesignArch

  1. Meminimalisir penggunaan perabotan

Oleh sebab interior minimalis lebih mengutamakan fungsi, pertimbangkan untuk mulai mengurangi berbagai perabotan dengan fungsi pendukung yang dalam keseharian tidak terlalu sering digunakan. Konsep interior minimalis fokus pada penggunaan perabotan utama yang memang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas di ruangan tersebut.

Misal, jika Anda memiliki sebuah kursi di sudut ruangan, tetapi  pada kenyataannya kursi tersebut tidak pernah dipakai, hapus kursi tersebut dalam daftar perabotan pilihan.

Interior minimalis dengan konsep lantai/ruang terbuka

Interior minimalis dengan konsep lantai/ruang terbuka. ~ via mydomaine

  1. Penggunaan warna-warna monokrom

Elemen warna merupakan salah satu elemen interior yang kerap menjadi senjata saat mengeksplorasi konsep minimalis. Namun pemilihan perpaduan warna ini tidak mengacu pada unsur estetika, tetapi lebih mengutamakan pada tingkat kenyamanan dari ruangan itu sendiri. Sehingga jangan heran jika Anda menemui banyak sekali warna-warna netral seperti putih yang dominan pada interior minimalis.

interior ruang keluarga minimalis

Interior ruang keluarga minimalis dengan pilihan warna monokrom. ~ via interior design ideas

  1. Utamakan fungsi

Hal yang satu ini merupakan esensi dari konsep less is more.

Seperti telah disinggung sebelumnya, salah satu kunci dari konsep desain interior minimalis adalah pengutamaan pada aspek fungsional. Maka dari itu hindari bentukan desain dan penataan elemen ruangan yang tidak berdasarkan aspek fungsi dan peruntukannya. Menyuntikkan elemen yang sama sekali tidak menambah atau menunjang fungsi dari ruangan sangat tidak direkomendasikan pada konsep desain interior ini.

ruang keluarga ruang makan gaya minimalis modern dengan sentuhan natural

~ via portfolio

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang apa itu gaya desain interior modern-minimalis.

Apakah Anda menyenangi konsep desain tersebut? Atau mungkin lebih memilih konsep desain lain sebagai pilihan gaya interior untuk rumah Anda?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

By Rio Stefanus

Lulusan Universitas Maranatha 2017 dengan predikat cum-laude. Penyuka dan penyayang binatang. Memiliki Anjing peliharaan jenis "Siberian Husky" bernama 'exel'.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader