Desain Dapur Rustic; Cara Hadirkan Suasana Pedesaan Ke Ruang Dapur

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, October 18 2017

Tampilan tradisional ala pedesan yang khas dan unik. Desain dapur rustic menampilkan suasana yang berbeda dan memberi kehangatan pada keseluruhan ruang.

Interiordesign.id – Memiliki dapur yang nyaman tentu menjadi hal yang menyenangkan, terutama bagi Anda yang hobi memasak. Ada banyak gaya desain yang bisa Anda terapkan untuk desain dapur, salah satunya adalah gaya desain rustic.

| DIY: 5 Dekorasi “Rustic” Murah Yang Bisa Kamu Buat Sendiri dengan Metode “Upcycle”

Rustic memiliki arti tua atau berkarat. Dalam desain interior, rustic merupakan suatu konsep yang hadir dengan ciri khasnya yang kasar dan tidak terselesaikan. Gaya desain yang satu ini, menitikberatkan pada sesuatu yang bersifat alami.

Desain dapur dengan gaya rustic akan memberi tampilan tradisional yang sangat khas. Hadir dengan pengolahan unsur dekorasi unfinished yang menghadirkan keindahan asli dari setiap ornamen. Suasana tradisional yang mulai jarang ditemui membuat dapur bergaya rustic memiliki daya tarik tersendiri.

Desain Dapur Rustic; Bagian dinding

Langkah pertama untuk mulai merancang dapur ala rustic adalah dengan mendesain bagian dinding. Untuk mendapatkan nuansa rustic yang khas, Anda dapat menggunakan dinding batu bata bertekstur kasar tanpa plester.

| Kesalahan Desain Dan Dekorasi Dapur

desain dapur rustic

via decoist

Selain batu bata, Anda juga dapat menggunakan batu alam sebagai material dinding dapur bergaya rustic. Penggunaan batu bata serta batu alam sebagai dinding, mampu memberi kesan hangat khas pedesaan. Ingat, tak perlu menggunakan batu bata atau batu alam pada keseluruhan bagian dinding, cukup pada salah satu bagian saja. Meski begitu, kesan rustic yang kuat dijamin bisa Anda dapatkan.

desain dapur rustic

via pinterest

| Dekorasi Dinding Bata; Dekorasi Unik Yang Tepat, Hemat & Cepat

Selain dinding batu bata dan batu alam, Anda juga dapat menggunakan kayu sebagai pilihan lain desain ala rustic. Gunakanlah bahan kayu sebagai dinding dan lantai. Atau Anda dapat menggunakan elemen kayu untuk keseluruhan area dapur, dari ornamen-ornamen kecil hingga konstruksi interiornya.

desain dapur rustic

via venetianmasks.us

Desain Dapur Rustic; Perabotan

Selanjutnya adalah pemilihan perabotan yang memberikan kesan pedesaan yang khas. Anda bisa memadukan perabotan yang berbahan kayu dan besi untuk mendapatkan kesan natural dengan sedikit aksen industri.

| Dekorasi Storage Dapur, Cara Terbaik Menata Area Penyimpanan Pada Ruang Dapur

Bahan kayu dapat Anda gunakan untuk kabinet hingga rak piring. Sementara untuk besi, Anda dapat gunakan sebagai pemanis peralatan tersebut. Biarkan seluruh perabotan memiliki tekstur alami, sehingga menampakan sentuhan gerutan kayu yang khas dan kesan rustic yang kental.

desain dapur rustic

via corirae

Untuk melengkapi keselarasan, Anda dapat menyesuaikan perabotan dengan bentuk peralatan makan dan peralatan memasak. Berikan sentuhan warna dan motif tertentu sehingga perabotan Anda nampak berkarat dan tua, senapas dengan konsep rustic.

Desain Dapur Rustic; Pencahayaan

Lampu warm light alias kekuning-kuningan yang temaram dan hangat merupakan skema pencahayaan yang tepat untuk dapur bergaya rustic. Pencahayaan seperti ini akan menciptakan suasana dapur yang hangat serta sesuai dengan tampilan interior pedesaan.

 

desain dapur rustic

via dailylogo.us

| 10 Desain Lampu & Pencahayaan Yang Artistik Untuk Ruang Dapur

Letakkan lampu kristal warm light di tengah ruangan sebagai cahaya utama. Tambahkan pula lampu-lampu kecil di dinding dengan warna serupa untuk memperindah tampilannya. Sebagai penerangan sekaligus elemen dekoratif, Anda juga dapat menggunakan sumber cahaya dari lilin, petromak, lampu teplok hingga obor.

Happy decorating.

Ingin mendesain dan mendekorasi dapur ala rustic yang hangat khas pedesaan? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik kami? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram