Desain Dapur Tradisional; Membawa Tradisi Unik ke Ruang Memasak

Posted by Nita Hidayati  •  Wednesday, November 22 2017

Selain penggunaan barang-barang berbahan tembaga, aksesori lainnya adalah dengan bingkai dan juga tangga kayu. Untuk dinding, bata ekspos yang kasar juga sangat cocok diterapkan sebagai elemen dekoratif desain dapur tradisional.

Interiordesign.id – Memiliki dapur yang nyaman dan rapi tentunya sangat menyenangkan, terlebih jika area memasak tersebut dirancang dengan gaya interior yang disukai. Menjadi sebuah kepuasan tersendiri jika memiliki desain ruang yang sesuai dengan karakteristik dan kepribadian kita sebagai pemilik.

Terdapat banyak pilihan gaya desain interior, dan semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Soal keputusan pilihan gaya, tentu balik lagi ke preferensi alias selera. Namun soal yang etnik juga unik, gaya desain tradisional bisa jadi pilihan.

Bagi Anda yang menggemari gaya desain tradisional, Anda dapat mencoba gaya interior ini untuk dapur Anda. Dengan memiliki dapur bergaya tradisional, suasana yang penuh kelembutan dan kebahagiaan akan jadi milik Anda. Kegiatan memasak pun menjadi hal yang sangat menyenangkan.

| Desain Dapur Rustic; Cara Hadirkan Suasana Pedesaan ke Ruang Dapur

Sebelum melangkah jauh mengenai bagaimana rancangan yang tepat untuk mendesain dapur tradisional. Tidak ada salahnya mengenal terlebih dahulu seperti apa desain tradisional.

Pada dasarnya, tradisional merupakan desain yang mengutamakan material alami seperti kayu dan batu. Selain itu gaya desain tradisional kerap menampilkan kayu dengan ukiran yang kompleks, dengan penataan ruang yang mengikuti tradisi yang terdapat di daerah dan kawasan tertentu.

| Desain Interior Gaya Tradisional; Pengertian dan Ciri Khas

Secara umum, tradisional juga kerap dikaitkan dengan gaya etnik yang memiliki ciri khas khusus yang berbeda dari gaya lainnya. Karena itu, tradisional bergaya etnik lebih banyak ditemukan di kawasan yang jauh dari perkotaan, terutama dari segi bangunan rumah penduduknya.

Lantas, seperti apa desain dapur gaya tradisional? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Elemen & Unsur Tradisional dalam Desain Dapur

Langkah pertama untuk mendesain sebuah dapur gaya tradisional adalah dengan memilih tema yang ingin digunakan. Pilihan gaya etnik sebagai tema utama merupakan cara termudah.

| Desain Dapur Vintage; Inspirasi Tampilan Dapur Jadul Era 1920an

Misalnya jika Anda menginginkan dapur dengan desain joglo khas Jawa Tengah, maka hadirkan beberapa joglo pada desain di dapur Anda. Anda tidak perlu menerapkan joglo untuk seluruh desain dapur tradisional. Carilah unsur utama dari sebuah desain joglo dan aplikasikan desain tersebut pada dapur Anda.

Berikan beberapa desain pola ke dalam bagian-bagian di dapur Anda seperti dinding, lantai dan perabotan lainnya. Perabotan seperti kitchen sets, meja dapur hingga benda-benda kecil lainnya seperti piring dan juga gelas.

Dapur Tradisional Gaya Etnik

desain dapur tradisional

from homestratosphere

Gaya etnik memiliki ciri khas serta pola yang berbeda satu dengan yang lain. Gaya etnik pedesaan tentu akan memiliki perbedaan dengan gaya etnik yang ada di perkotaan. Sehingga, gaya etnik sebuah rumah di pedesaan akan mengikuti gaya etnik dengan corak yang terdapat di wilayah pedesaan tersebut.

desain dapur tradisional

via lihta.co.id

Dapur dapat Anda desain dengan gaya etnik tradisional dengan bahan yang berbeda tergantung pada tema etnik yang dipilih. Penggunaan bahan batuan dengan ukiran tertentu sangat pas digunakan, tidak hanya untuk membuat sebuah rumah tradisional namun juga desain dapur.

Furniture & Perbabotan untuk Dapur Tradisional

desain dapur tradisional

from homestratosphere.com

Untuk mendapatkan kesan tradisional pada dapur, Anda dapat memilih furniture dan perabotan berbahan kayu yang nampak usang. Kayu usang yang dimaksud bukanlah kayu yang benar-benar usang dan berkualitas buruk. Melainkan kayu yang motifnya sengaja dibuat seperti usang, layaknya perabotan ala rustic yang kasar. Anda dapat menggunakan bahan dari kayu yang terkesan tidak selesai sehingga menampakkan tekstur kayu yang khas.

desain dapur tradisional

via UrbanIndo

Untuk kebutuhan kegiatan memasak, seperti panci, wajan dan sendok, Anda dapat menggunakan perabotan yang berbahan tembaga kuning atau coklat. Pada masa terdahulu, perabotan berbahan tembaga merupakan suatu kemewahan dan kebanggaan. Sementara saat ini, barang-barang tersebut menjadi perabotan yang langka dan memiliki nilai tinggi.

Hadirkan nuansa tradisional pada interior dapur Anda dengan menggantung koleksi peralatan memasak berbahan tembaga pada dinding. Selain dinding, Anda juga dapat menggantungya pada rak terbuka.

Lantai Kayu & Aksesori Dapur Ttradisional

Kayu menjadi material yang sangat mendukung gaya tradisional. Selain pada furnitur, Anda juga dapat menggunakan kayu sebagai material lantai. Pilihlah lantai dengan motif kayu yang kuat, yakni motif kayu yang terlihat kasar tanpa ketam.

desain dapur tradisional

via Ferraro Habitat

Hadirkan nuansa tradisional dengan dekorasi yang kental dengan kehidupan di pedesaan. Selain penggunaan barang-barang berbahan tembaga, aksesoris lainnya adalah dengan bingkai kayu dan tangga kayu. Untuk dinding, bata ekspos yang kasar juga sangat cocok diterapkan sebagai elemen dekoratif pada dapur tradisional.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader