Desain Interior dan Kreasi Suasana Ruang yang Membahagiakan

Posted by Iqbal Mujahid Monday, October 5 2020
jasa desain interior bandung

Gagasan desain interior adalah soal proses bagaimana mengkreasi kebahagiaan.

Interiordesign.id Desain interior bukan hanya soal gaya, melainkan bagaimana mengubah suasana. Percaya atau tidak, sebuah gagasan desain interior bisa memberikan pengaruh terhadap alam bawah sadar, yang akhirnya memberikan efek dan juga dampak terhadap mental dan bahkan fisik yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Saat memutuskan merancang sebuah ruang idaman, mau tidak mau kita mesti memikirkan banyak sekali hal. Setiap detail sangatlah penting. Kita tidak boleh semena-mena hanya memikirkan soal tampilan, namun estetika sebuah ruang juga harus dapat memberi dampak psikologi yang benar-benar positif. Mengkreasi suasana yang membahagiakan selalu merupakan tujuan akhir.

The Architecture of Happiness

Setiap ruang selalu mengandung dan memiliki unsur inti arsitektural yang sama.

Baik arsitek maupun desainer interior sama-sama sepakat bahwa ruangan dapat memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap apa yang kita rasakan. Banyak studi dan penelitian-penelitian ilmiah yang telah membuktikan hal tersebut. Salah satunya dari Alain de Botton, seorang penulis populer yang tulisan-tulisan dan studi-studinya digambarkan sebagai “filosofi keseharian”.

Dalam bukunya The Architecture of Happiness, yang banyak dikutip dan dijadikan rujukan para arsitek dan desainer interior saat ini, mengingatkan bahwa setiap ruang selalu mengandung dan memiliki unsur inti arsitektural yang sama, yaitu pintu, jendela, plafon, dan berbagai perabotan. Namun, setiap ruang juga memberikan efek yang berbeda. Ia mengambarkan perbedaan nyata antara gagasan ruang gerai McDonalds dengan sebuah Katedral. Keduanya, meski memiliki unsur arsitektural inti yang sama, namun memberikan efek yang sama sekali berbeda kepada setiap orang yang mengunjunginya.

Rancangan arsitektur sebuah katedral mendorong kita untuk santai dan tidak terburu-buru serta memberikan suasana relax. Sementara gerai McDonnalds, dengan pencahayaan dan penggunaan warna terang mendorong kita serasa untuk selalu bergegas daripada sebaliknya.

Elemen & Unsur Desain

  • Pencahayaan
    anyak unsur dan elemen desain yang memengaruhi perilaku kita, terutama memberikan dampak positif baik yang disadari maupun tidak. Pilihan pencahayaan misalnya, bagaimana instalasi lampu dan pencahayaan alami di rumah dapat memberikan efek dan dampak psikologis, bukan saja soal tampilan dengan efek dramatis.
    Pencahayaan interior bisa membantu tubuh mengetahui waktu. Ritme sirkadian sangat penting bagi setiap orang, di mana sebagian besar waktu dihabiskan di dalam rumah.
desain interior ruang tamu dengan pencahayaan alami

desain interior ruang tamu dengan pencahayaan alami

  • Warna
    Sudah bukan rahasia lagi bahwa warna sangat berpengaruh terhadap apa yang kita rasakan. Imuwan warna selalu mengingatkan bahwa untuk mendapatkan suasana spesifik tertentu, warna merupakan unsur yang harus dipikirkan dengan sangat hati-hati.
    Seperti dikutip dari independent.co.uk, pilihan warna hijau dan kuning untuk interior dapat membuat Anda merasa bahagia. Sebuah studi dari Universitas Vrije di Amsterdam menemukan bahwa kedua warna tersebut mampu membangkitkan emosi bahagia.
skema warna desain interior, kombinasi hijau dan oranye yang soft

kombinasi warna hiaju dan aksen oranye. ~ via coroflot

  • Flooring
    Dikutip dari senior living, lantai berperan sangat besar menentukan akustik suatu daerah. Karpet, misalnya, bisa meningkatkan suasana akustik, yang memungkinkan penghuni dapat mendengar lebih baik.
    Mengenai lantai permukaan keras, lapisan mengkilap dapat menyebabkan kegugupan dengan ketajaman penglihatan rendah, yang melihat lantai sebagai licin. Oleh karena itu, keraguan berjalan di atasnya sangat mengurangi kenyamanan.
penggunaan dan pemilihan karpet dalam desain interior

carpeting design. ~ via mohawk flooring

  • Tanaman indoor dan Wall Art
    Tidak hanya itu, beragam elemen dekoratif juga harus mendapatkan tempat. Tambahan bunga dan wall art memberi pengaruh yang tidak kecil. Bagaimana elemen dekoratif tersebut dapat memberi jalan mencapai kebahagiaan.

elemen dekoratif bunga dalam desain interior

elemen wall art; frame foto dalam desain interior

kolase foto di sekitar tangga. ~ via pinterest

Bunga terbukti secara serius dapat meningkatkan kebahagiaan.

Penelitian yang dilakukan oleh Rutgers menemukan bahwa kehadiran bunga benar-benar memicu emosi positif dan meningkatkan perasaan puas. Sementara melihat foto-foto lama bisa memberi Anda rasa tenang dan dorongan perasaan positif, berdasar sebuah studi di University of Portsmouth.

Desain Interior

Desain interior adalah soal proses.

Sekali lagi, interior design adalah soal proses. Proses panjang dan berliku serta menantang bagaimana menghadirkan dan mengkreasi kebahagiaan ke dalam sebuah ruang. Bagaimana setiap aspek, unsur, dan setiap elemennya menyatu menjadi sebuah gagasan desain yang utuh dan mampu mengkreasi suasana dan nuansa ruangan yang benar-benar memiliki dampak positif bagi penghuninya.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×