Desain Interior Rumah Art Deco, Hunian Mewah Era 1920an

Posted by Nita Hidayati  •  Friday, February 23 2018

Salah satu ciri khas desain interior rumah art deco adalah penggunaan ornamen-ornamen berbentuk geometris yang mempresentasikan kemewahan.

Interiordesign.id – Apa itu art deco? Art deco adalah salah satu gaya desain interior dan arsitektur yang berkembang dan populer sekitar tahun 1920-1930. Gaya ini kemudian berkembang menjadi gaya desain yang digemari pada saat itu, khususnya di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Modern, mewah dan anggun menjadi ciri khas dan sangat identik dengan desain dan arsitektur bergaya art deco tersebut.

desain interior rumah art deco

from pinterest

Interior Apartemen Mini Dengan Sentuhan Gaya Desain “Art Deco” yang Sederhana Namun Mewah

Desain art deco hadir membawa kebebasan dalam mengekspresikan seni untuk menciptakan sebuah makna modern pada gagasan interior maupun arsitektur. Modern yang dimaksud dalam art-deco adalah berani tampil beda dan baru, serta tampil lebih menarik dari gagasan desain lain yang dianggap kuno. Dus, banyak gaya desain art deco yang menggunakan pemilihan warna yang mencolok. Selain itu proposinya pun tidak umum dengan penggunaan material terbaru serta dekorasi yang tampak megah.

| Gaya Desain Farmhouse, Desain Rumah yang Hangat & Romantis

Gaya art deco menggambarkan masukulinitas dengan garis-garis tegas. Salah satu ciri khas gaya interior art deco adalah ornamen geometris yang mempresentasikan kemewahan. Hal tersebut dipengaruhi oleh revolusi industri di Inggris pada pengujung abad ke-19. Kala itu, mesin-mesin pabrik mampu menciptakan suatu hal yang sangat sulit diciptakan oleh manusia, salah satunya adalah garis lurus.

Mengenal Gaya Desain Interior “Postmodern”, Gaya Dekorasi Interior yang Menentang Segala Aturan

Karakteristik Bangunan & Desain Interior Rumah Art Deco

#1 Sisi Bangunan Melengkung

desain interior rumah art deco

Jerry’s Famous Deli di Miami Beach (Sumber: flickr.com)

Bangunan art deco memiliki beberapa jenis karakteristik, seperti bangunan yang sisinya melengkung. Namun tidak semua sisi bangunan bersudut melengkung, biasanya hanya satu atau dua bagiannya saja.

| Desain Rumah Pengabdi Setan; Arsitektur dan Interior Era Kolonial yang Klasik dan Ikonik

#2 Atap Datar

desain interior rumah art deco

via houzz

Atap bergaya art deco nampak berbeda dari atap kebanyakan rumah yang biasanya berbentuk miring. Art deco merupakan turunan dari gaya kubisme yang identik dengan atap berbentuk datar sehingga menyerupai kubus.

#3 Glass Block

Bangunan art deco juga biasanya menggunakan glass block atau balok-balok kaca digunakan secara ekstensif sebagai pengganti jendela. Balok-balok kaca ini berfungsi sebagai media untuk membuat cahaya alami dari matahari memasuki dalam rumah.

Desain Interior Rumah Art Deco; Seni dalam Mendesain

Kesan abstrak memang kerap ditampilkan pada arsitektur bangunan maupun interior rumah ala art deco. Gaya yang satu ini memberi kebebasan berimajinasi dalam memadukan bentuk, ornamen dan tekstur yang kontras agar mendapatkan keserasian.

Mengenal Desain Rumah Warna Warni di Kampung Jodipan, Kampung Unik yang Instagram-able

Untuk pemilihan warna, tidak ada ketentuan ataupun batasan dalam desain gaya art deco. Padukan saja warna-warna sesuai keinginan dengan menata memertimbangkan keserasian. Perpaduan warna-warna akan memberi berkesan abstrak dan menampilkan gaya art deco yang khas.

Sementara untuk material, art deco menggunakan beragam material seperti logam, kayu dan kaca. Gaya ini juga memadukan material seperti beton penyangga dengan kayu pada struktur rumah yang memiliki kesenadaan desain.

Desain Interior Rumah Art Deco; Furnitur Klasik

desain interior rumah art deco

via homeozoic.com

| Mengintip Desain Rumah Setya Novanto; Hunian Klasik Modern yang Megah dan Mewah

Furnitur yang digunakan dalam gaya art deco adalah furnitur bergaya klasik. Gaya klasik memberikan kesan anggun dan mewah ke dalam ruangan. Gaya klasik secara tegas dianggap dapat mempresentasikan kemewahan.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah, apartemen, kantor? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer interior terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader