Desain Kamar Mandi Industrial; Hadirkan Kesan Industri yang Artsy & Berbeda dari yang Pernah Ada

Posted by Nita Hidayati  •  Thursday, November 2 2017

Desain kamar mandi industrial tak hanya sekadar unik, namun juga mampu hadirkan suasana ruang yang terlihat sangat artsy dan berbeda dari yang pernah ada.

Interiordesign.id – Saat ini, gaya desain industrial sudah banyak dikenal dan terdengar sangat akrab di telinga kita. Kita dapat dengan mudah menjumpai gaya desain industrial pada desain interior kafe, kantor, barber shop, atau bahkan pada hunian pribadi. Gaya desain industrial memang diyakini sebagai salah satu pilihan gaya desain interior yang mampu memberi kesan unik dan artsy pada ruangan apapun.

Gaya industrial kerap menggunakan warna-warna monokromatik sehingga memiliki kesan maskulin. Ciri khasnya adalah menggunakan material yang cenderung kasar seperti logam dan baja yang sengaja diekspos untuk lebih menonjolkan karakter aslinya. Material yang digunakannya pun memakai bahan-bahan yang didaur ulang atau bahan industri seperti kaca, besi dan alumunium. Material-material industri yang diolah sedemikian rupa sehingga menampilkan elemen interior yang menarik.

| Desain Apartemen Studio Industrial, Gaya Hunian Modern yang Atraktif dan Impresif

Industrial adalah gaya desain yang awalnya banyak digunakan di Eropa akibat banyaknya bangunan bekas pabrik yang tak lagi digunakan. Agar tidak menjadi sampah material atau terbelengkalai begitu saja, maka dilakukan penyesuaian agar gedung-gedung tersebut menjadi nyaman dan layak huni. Hingga kemudian lahirlah konsep desain LOFT, yaitu mendesain ulang gedung-gedung tanpa mengubah secara major karakter asli bangunan asalnya.

| Desain Rumah Loft, Menyulap Bangunan Komersial Jadi Hunian Masa Kini yang Unik dan Modern

Dari gagasan itulah kemudian lahir gaya desain industrial dengan citra visual menggunakan tekstur kasar, dinding ekspos dan kesan unfinished. Seiring waktu, gaya desain ini pun semakin berkembang. Gaya industrial tidak lagi hanya diterapkan untuk gedung tua, namun banyak digunakan sebagai pilihan gaya desain untuk ruang usaha dan hunian-hunian modern.

desain kamar mandi industrial

via vintageindustrialstyle.com

| Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif & Artistik

Tak terkecuali desain interior kamar mandi. Gaya industrial memiliki keunikan tersendiri kala digunakan sebagai pilihan utama gaya interior kamar mandi. Tampilannya yang kasar dan unfinished membuat kamar mandi terlihat sangat unik dan berbeda. Membuat orang terkesan dengan rancangan kamar mandi gaya industrial yang artsy dan artistik.

| Menyiasati Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana, Agar Dapatkan Kesan yang Lebih Luas & Istimewa

Desain Kamar Mandi Industrial; Batu Bata & Semen

Batu bata seringkali digunakan sebagai material utama sekaligus elemen dekoratif gaya industrial. Anda dapat menampilkan batu bata asli berwarna alami pada bagian dinding kamar mandi. Batu bata memiliki tampilan kasar unfinished yang khas dan terlihat sangat artisitk. Sangat cocok saat digunakan sebagai elemen dekoratif utama pada bagian dinding kamar mandi beragaya indsutri.

| 4 Inspirasi Rumah Industrial, Desain Interior ala Industri yang Artistik

Sementara untuk bagian lantai, Anda dapat menggunakan parket, lantai acian atau semen. Untuk mendapatkan kesan industrial pada kamar mandi, hindari penggunaan lantai keramik atau lantai granit.

desain kamar mandi industrial

via Houzz

Desain Kamar Mandi Industrial; Biarkan Pipa-pipa Nampak

Saluran pipa air, listrik, ventilasi dan elemen lainnya sebaiknya dibiarkan terekspos begitu saja layaknya pada bangunan-bangunan pabrik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beton untuk material kamar mandi bergaya industrial. Beton sudah banyak digunakan pada pabrik-pabrik industri abad ke 19 karena sifatnya yag kuat, rendah biaya dan tahan lama.

desain kamar mandi industrial

via StyleVilas.com

| Prinsip Dasar Desain Kamar Mandi yang Sehat & Menyegarkan

Desain Kamar Mandi Industrial; Bohlam Menggantung

Untuk sentuhan akhir, Anda dapat menghadirkan pencahayaan sekaligus dekorasi dari bohlam yang menggantung panjang. Hadirkan beberapa bohlam menggantung di dalam kamar mandi Anda. Gunakanlah lampu gantung yang dicat dengan warna porselen atau menggunakan penutup alumunium.

desain kamar mandi industrial

via homeinteriorinc.com

| Tips Dekorasi Kamar Mandi, Katakan Selamat Tinggal Pada Kamar Mandi Suram

Selain bohlam, Anda juga dapat menggunakan lampu neon dengan warna temaram sebagai elemen pencahayaan dekoratif yang juga dapat memberi kesan dan mempertegas suasana industrial.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader