Desain Kantor ala Kafe, Suasana Kerja yang Semakin Menyenangkan

Posted by Arom  •  Thursday, September 14 2017

 

…peneliti asal Universitas Yamaguchi di Jepang menemukan fakta bahwa orang-orang yang bekerja di kafe lebih produktif daripada di kantor. Desain kantor ala kafe adalah jawaban dan solusi untuk meningkatkan produktifitas kerja.

Interiordesign.id – Saat ini, kafe tidak hanya dicari sebagai tempat makan atau berkumpul semata. Seiring perkembangannya, kafe juga menjadi tempat yang banyak dipilih untuk menyelesaikan pekerjaan. Ditunjang alat-alat perkantoran portable serta arus informasi yang dapat diakses di mana saja, bekerja di kafe jadi satu hal yang makin mengasyikan.

Sekelompok peneliti asal Universitas Yamaguchi di Jepang menemukan fakta bahwa orang-orang yang bekerja di kafe lebih produktif daripada di kantor. Salah satu alasannya cukup unik, yaitu karena suara bising kafe. Suara bising atau bahkan ketenangan yang terdapat di kafe membuat para pekerja lebih fokus bekerja. Hal tersebut dikarenakan tidak mendengar suara rekan kerja yang berisik atau suara musik yang tidak disukai.

Bekerja dengan suasana kafe terbukti membuat Anda lebih produktif jika dibandingkan berkerja dalam suasana kantor dengan desain konvensional. Terutama bagi Anda yang bekerja di bidang industri kreatif, suasana kafe diklaim sangat cocok untuk jiwa Anda yang dinamis. Akibatnya, bekerja di kafe pun menjadi semakin populer. Konsep co-working space yang sengaja dirancang menyerupai kafe, semakin banyak dihadirkan. Cukup berbekal laptop, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sembari menikmati beragam sajian dan suasana menyenangkan laiknya saat nongkrong di kafe-kafe favorit.

Untuk alasan yang sama, Anda sebenarnya juga bisa memindahkan “kafe” ke ruang kerja atau kantor Anda. Mendesain kantor menyerupai kafe adalah cara untuk mendapatkan suasana nyaman di tempat kerja. Bagi Anda yang berencana membuat kantor dengan suasana seperti kafe, beberapa inspirasi berikut dapat coba Anda terapkan. Desain kantor ala kafe.

Baca juga:

| Desain Ruang Kantor Kecil, Manfaatkan Sisa Ruang yang Ada Di Rumah

| Memanfaatkan Loteng Rumah, Kenapa Tidak? Jadikan Seperti Dalam 10 foto ini

Desain Kantor ala Kafe: Gaya Industrial

Banyak kafe yang mengusung konsep industrial sebagai pilihan gaya desain interiornya. Untuk membawa kesan ini ke dalam ruang kantor, Anda bisa mendekorasinya dengan kekhasan yang dibawa gaya desain tersebut. Sentuhan unfinished dan lampu bohlam yang menggantung dapat menjadi jurus ampuh untuk mendapatkan suasana khas ala kafe dengan gaya industrial. Kreasikan desain dengan penggunaan dinding dan plafon ekspos yang menunjukkan material mentah yang merupakan salah satu ciri khasnya.

Ngantuk? Butuh cemilan? tinggal bikin kopi atau buka kulkas. Suasana santai di kantor yang dekat dengan sumber makanan ini akan membuat anda betah berlama-lama di meja kerja. Tambahkan mural atau wallpaper pada dinding “dapur” untuk menambah kesan artistik pada area kerja jenis ini.

Meja panjang, kursi tinggi, layaknya di bar akan membuat anda lupa sedang berada di kantor. Komunikasi antar rekan kerja bisa lebih santai tanpa harus mengurangi produktifitas kerja.

desain kantor ala kafe

| Inspirasi Desain Garasi Rumah, Transformasi Garasi Tak Terpakai Jadi Sumber Rezeki

desain kantor ala kafe

desain kantor ala kafe

desain kantor ala kafe

Desain Kantor ala Kafe: Gaya Natural

desain kantor ala kafe

via pinterest

Natural adalah gaya desain yang menonjolkan unsur alami pada ruang, seperti ruang terbuka dan penggunaan material alam. Penggunaan batu alam, kayu, tanaman hias serta kolam juga dapat memberikan kesan yang natural pada ruang kerja Anda.

desain kantor ala kafe

desain kantor ala kafe

Desain Kantor ala Kafe: Gaya Tradisional

desain kantor ala kafe

via jawapos

Jika bangunan kantor Anda adalah sebuah rumah atau bangunan dengan arsitektur zaman dulu, Anda bisa menggunakan tradisional sebagai gaya desain. Gaya desain tradisional identik dengan furnitur kayu dengan ukiran yang mendominasi ruang. Pemilihan lampu, meja dan pajangan ala tradisional merupakan elemen dekoratif yang juga mempertegas gaya ini.

desain kantor ala kafe

Sebagai sirkulasi dan sumber pencahayaan alami, sebaiknya Anda membuat banyak dinding kaca atau area terbuka. Hal ini untuk memicu semangat bekerja sekaligus juga sebagai sumber inspirasi.

Happy decorating.

Jadikan ruang kerja atau kantor ala kafe yang nyaman dengan sentuhan estetika yang sempurna? Saatnya bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , ,

Arom

By Arom

Desainer interior, video editor, writer dan sekaligus seorang "barista" yang saat ini lagi fokus ngembangin kedai kopi miliknya bareng kawan-kawannya. Penyuka gaya desain minimalis-kontemporer dengan sedikit sentuhan dan aksen natural.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader