4 Desain Pantry Keren dan Fungsional, Tambahan Estetika untuk Rumah Kecil

Posted by Mufi Indra Pahlevi 2 weeks ago
desain-pantry-keren-dan-fungsional

Mengatasi ketidaknyamanan yang dilahirkan dari area dapur kotor memang butuh perhatian dan upaya besar. Sementara itu, tidak memungkinkan juga bagi kita untuk setiap hari membersihkannya di tengah kesibukan dengan hal-hal penting lainnya. Desain pantry keren dan fungsional hadir sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Interiordesign.id – Apa itu pantry? Sebagian besar orang berpendapat bahwa pantry merupakan salah satu sudut atau area untuk menyimpan makanan. Berbeda dengan dapur, pantry lebih dikenal karena fungsi spesifiknya sebagai tempat penyimpanan makanan.

Pantry sering dianggap sebagai gagasan desain baru yang harus dimiliki setiap rumah. Padahal ini hanya soal istilah saja. Pantry adalah juga dapur, atau merupakan bagian dari dapur. Pantry diadaptasi dari kultur barat, di mana kegiatan memasak di sana lebih ringan dari pada di Indonesia atau Asia pada umumnya. Di sini kegiatan memasak membutuhkan area khusus yang benar-benar terisolasi karena melibatkan penggunaan berbagai komponen berat kegiatan memasak yang sangat variatif dan banyak, termasuk soal kultur masakan yang melibatkan banyak bumbu, sehingga benar-benar membutuhkan ruang khusus.

Membiarkan semua peralatan makan, makanan, masakan dalam kulkas, bumbu-bumbu, dan yang lainnya hanya terkonsentrasi pada dapur, menjadikan area tersebut selalu tampak terbebani. Dapur niscaya akan selalu terlihat berantakan. Atas dasar itulah pantry lahir. Ia hadir untuk mengatasi hal tersebut. Pantry menjadi solusi bagi rumah-rumah modern saat ini agar tetap dapat menampilkan suasana ruang yang tampak terlihat rapi dan terkoordinasi dengan baik. Bahkan pantry dirancang khsusus, didesain sedemikian rupa sebagai tambahan estetika agar juga mampu menghadirkan kemewahan.

Mengatasi siuasi kehebohan aktivitas memasak di dapur memang memerlukan perhatian ekstra, terutama perencanaan desain. Namun dengan hadirnya pantry, yang di sini lebih dikenal sebagai dapur bersih, penampilan rumah-rumah kontemporer semakin terlihat mewah dan yang terpenting terkoordinasi dan terorganisasi dengan baik.

Dapur memang acap kali dituding sebagai penyebab rumah selalu tampak berantakan. Area ini hampir dipastikan akan selalu terlihat kotor dan tidak nyaman meski sangat besar upaya kita untuk selalu membersihkannya. Menjaga area tersebut agar selalu tampak bersih dan rapi, membutuhkan keahlian khusus, terutama kesabaran. Suasana kotor area dapur akan selalu terulang setiap harinya.

Itulah kenapa dalam gagasan desain dan konstruksi interior, lahir istilah dapur bersih dan dapur kotor. Pantry diklaim memiliki keunggulan sebagai satu area dengan fungsi dapur namun dengan tampilan estetik dan kemudahan perawatan, terutama soal kebersihan.

Desain pantry keren dan fungsional

Seiring perkembangan desain rumah-rumah berukuran kecil, memiliki satu area dapur yang terintegrasi adalah keniscayaan. Dapur tradisional yang biasanya terisolasi dari area lainnya, sudah tidak memungkinkan lagi didapatkan gegara minimnya space.

Dalam konsep open space, pantry biasanya dirancang untuk menjembatani area dapur dengan area makan. Pantry, selain lebih mengedepankan soal fungsi, juga dapat menghadirkan tambahan estetika ke dalam ruangan.

Saat ini, memilki desain pantry keren dan fungsional pastinya menjadi dambaan setiap pemilik rumah. Pantry telah jadi kebutuhan mendasar setiap hunian, baik itu rumah maupun apartemen; agar memliki sebuah area khusus yang dirancang dengan membawa sebagian fungsi dapur secara umum.

Sebagai referensi, di tengah maraknya hunian-hunian berukuran kecil, berikut 4 gagasan desain pantry keren dan fungsional yang bisa kita perhatikan, bagaimana seharusnya sebuah pantry dirancang, sehingga bukan saja soal fungsi, tetapi juga memiliki tampilan yang estetik.

desain pantry keren dan fungsional

ruang penyimpanan area dapur yang estetik; desain pantry keren dan fungsional. ~ via HGTV

desain pantry keren dan fungsional

pantry gaya skandinavia. ~ via Houzz

Dekorasi Rumah yang Simpel namun Memesona, Menambahkan Karakter dan Kepribadian ke dalam Setiap Ruang

desain pantry keren dan fungsional

desain pantry keren yang terintegrasi dengan dapur tradisional; almari makanan yang fungsional. ~ via houzz

desain pantry keren dan fungsional

dapur kecil dengan pantry terintegrasi. ~ via pinterest

Mengatasi ketidaknyamanan yang dilahirkan dari area dapur kotor memang butuh perhatian dan upaya besar. Sementara itu, tidak memungkinkan juga bagi kita untuk setiap hari membersihkannya di tengah kesibukan dengan hal-hal penting lainnya. Desain pantry keren dan fungsional hadir sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Pantry keren dan fungsional dengan penampilan yang estetik.

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×