fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Desain Pintu Rumah untuk Hunian yang Minimalis

desain pintu minimalis

Desain pintu minimalis tidak hanya harus cocok dengan arsitektur serta interior rumah yang bergaya sama, tetapi juga perlu menunjukkan karakteristik nilai minimalis itu sendiri.

Estimated reading time: 9 minutes

Pintu rumah berperan penting dalam menjadikan sebuah rumah terlihat estetis dan berfungsi dengan baik. Adanya pintu membuat sirkulasi dalam hunian berjalan dengan semestinya. Dimulai dari sirkulasi udara, hingga sirkulasi pergerakan penghuni dari satu ruangan ke ruang lainnya.

Sebagai seorang pemilik hunian, tentu ada pintu rumah dengan desain tertantu yang menjadi favorit Anda. Desain pintu rumah yang bersifat minimalis ini memiliki beberapa kriteria yang menjadi favorit para penghuni.

Karakteristik Desain Pintu Rumah Minimalis yang Menjadi Favorit

Berikut adalah beberapa karakteristik desain pintu rumah minimalis yang menjadi favorit kebanyakan penghuni rumah:

Pintu Menyatu dengan Interior

tampilan desain kamar kontemporer

Karakteristik pertama dari desain pintu rumah minimalis yang jadi favorit penghuni adalah pintu yang dibuat senada dengan interior rumah. Keserasian antara desain pintu rumah dengan desain interior ruangan menciptakan keunggulan dari segi visual. Permukaan pintu pun jadi terlihat cantik.

Pintu Memiliki Gagang yang Tak Terlihat

Desain pintu rumah yang jadi favorit memiliki gagang yang cenderung tak terlihat. Gagang pintu dengan bentuk ini amat menarik untuk menyempurnakan tampilan kedaiaman Anda. Pintu pada area interior Anda dapat menggunakan gagang berbahan besi yang hampir tak terlihat.

Tinggi Pintu Menyentuh Plafon

Akan memberikan daya tarik tersendiri apabila pintu memiliki tinggi yang menyentuh bagian plafon rumah. Hal ini akan membuat rumah jadi terlihat semakin unik meski menerapkan desain interior minimalis yang sederhana.

Warna Hitam pada Pintu yang Bisa Jadi Pilihan

Pintu tidak melulu harus menampilkan warna alami seperti warna-warna tanah dan kayu. Ia juga bisa tampak lebih maskulin dengan adanya warna lain seperti hitam. Pintu berbahan dasar besi dan berlapis cat hitam dengan finish matte dapat menjadi pilihan interior bagi rumah Anda.

Pintu Minimalis yang Sesuai dengan Plafonnya

Menyamakan desain pintu dengan plafonnya dapat memberikan keunikan tersendiri. Meski saat membuka pintu ini kita harus memutar otak terlebih dahulu, tetapi desain unik pada pintu dapat memberikan nuansa yang lain dari pada yang lain.

Material Triplek pada Pintu dengan Warna yang Custom

Tren ini sempat hits pada tahun 2019. Pintu yang digunakan memiliki model minimalis dengan material triplek dan warna yang custom. Warna pada triplek dibuat sesuai selera dan mengikuti tema interior yang ada.

Dukungan Cahaya Alami pada Rumah yang Diberikan oleh Pintu

Pintu ada tidak hanya untuk menjaga privasi para penghuni yang ada di dalam rumah. Peran lain yang dapat dilakukan oleh elemen arsitektural ini adalah membantu masuknya pencahayaan alami ke dalam rumah. Ada beberapa jenis kayu yang bisa Anda pakai, yang kebetulan memiliki warna cerah dan dapat meningkatkan kontras cahaya di dalam interior pada siang hari.

Pintu Kaca yang Minimalis

Kehadiran pintu kaca dapat amat memaksimalkan masuknya pencahayaan alami di rumah. Baiknya pintu ini dipasang di sisi hunian atau di area hunian yang mendapatkan paling banyak sinar matahari.

Seperti di Jepang, Pintu Kayu Tradisional Digunakan

Jika Anda menginginkan desain pintu rumah yang minimalis, Anda bisa mengadaptasi pesona yang dimiliki oleh rumah Jepang. Pada dasarnya, rumah ini dapat ditiru dengan mudah di Indonesia. Hal ini dikarenakan material utama pintu ini adalah kayu.

Pintu minimalis layaknya di Jepang ini memiliki bahan dasar kayu. Ia dilapisi kertas putih untuk menyaring cahaya. Suasana yang tercipta karena pintu ini pun terasa otentik layaknya di Negeri Sakura.

Pintu Geser Kaca

Pintu geser minimalis memiliki kelebihan, yakni hemat tempat dan cocok digunakan di rumah yang mungil. Selain itu, hadirnya kaca pada pintu juga dapat membuat rumah jadi lebih memukau dan unik.

Gaya Minimalis dan Kontemporer pada Pintu

desain pintu minimalis kontemporer

Desain minimalis dan kontemporer yang dimiliki oleh sebuah pintu dapat membuatnya mahal secara tampilan, tetapi bisa tetap hemat dalam hal biaya. Pintu dengan desain minimalis dan kontemporer dirancang dengan sekat ramping sehingga mampu memberikan pemandangan area di baliknya.

Cermin pada Pintu

Memiliki pintu yang terpasang cermin dapat menjadi pengalaman unik tersendiri untuk Anda. Anda jadi dapat bercermin sambil bersiap-siap sebelum pergi ke luar rumah. Selain itu, adanya cermin pada pintu rumah Anda dapat menambahkan nilai estetika.

Memilih Pintu untuk Rumah Minimalis

Untuk bisa memilih pintu yang tepat bagi rumah minimalis Anda, Anda harus menyesuaikannya dengan prinsip desain rumah minimalis itu sendiri. Berikut adalah beberapa model pintu yang bisa Anda pilih:

Pilih Pintu dengan Model Sederhana

interior rumah minimalis modern

Hal ini dikarenakan desain interior minimalis amat mengusung kesederhanaan dalam tata ruangnya. Oleh karena itu, Anda bisa memilih pintu dengan desain panel yang terbuat dari material kayu.

Jika Anda ingin memiliki pintu yang lebih sederhana lagi tetapi tampak estetik, Anda bisa memanfaatkan pintu flush. Pintu flush yang tak memiliki sendi serta memiliki desain yang simpel ini membuatnya cenderung mudah untuk didekorasi. Dus, pintu flush dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sesuaikan Desain Pintu dengan Arsitektur Bangunan yang Geometris

Rumah minimalis Anda yang memiliki arsitektur geometris perlu memiliki desain pintu yang sesuai. Pintu yang bisa Anda pilih dapat pintu yang bermodel geser, pintu folding untuk memisahkan area ruang tengah dengan taman belakang, atau pintu pivot yang terkesan unik untuk menjadi pintu eksterior serta utama. Yang jelas, pastikan pintu rumah Anda selaras dengan arsitektur yang ada.

Pastikan Pintu yang Anda Pilih Dapat Mengoptimalkan Fungsi Jendela Kaca

Salah satu ciri utama dari rumah berdesain minimalis adalah penggunaan kaca untuk pencahayaan alami yang maksimal. Oleh karena itu, beberapa pintu rumah Anda sebaiknya dilengkapi oleh elemen arsitektural satu ini, yaitu jendela kaca.

Anda bisa memasang jendela kaca ini pada pintu depan rumah atau pada pintu yang menghubungkan area ruang tengah dengan taman belakang. Apabila jendela kaca ini dipasangi pada pintu utama rumah, pastikan kaca yang digunakan adalah kaca buram agar aktivitas di dalam rumah terjaga privasinya.

Terapkan Warna Bersih dan Lembut pada Pintu Rumah

Karena salah satu ciri utama lain dari rumah bergaya minimalis adalah penggunaan warna bersih, lembut, dan netral, maka warna ini harus diterapkan juga pada pintu rumah Anda. Contoh warna yang merepresentasikan ketiga sifat ini adalah putih, abu-abu, atau hitam. Dus, penggunaan warna monokrom akan memperkuat sisi sederhana, modern, serta elegan rumah minimalis Anda.

Itulah beberapa hal yang mesti Anda ketahui mengenai desain pintu rumah untuk hunian minimalis. Ada berbagai kriteria pintu rumah minimalis yang menjadi favorit kebanyakan penghuni. Di samping itu, pastikan pintu yang Anda pilih sesuai dengan gaya minimalis yang diterapkan pada rumah Anda. Pemilihan pintu rumah yang tepat tidak hanya akan mendukung fungsi sirkulasi sebuah rumah tetapi juga dapat menambah kadar estetika hunian Anda sendiri.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id