Desain Ruang Binatu Minimalis; Manfaatkan Area Tersisa Jadi Ruang Cuci Fungsional

Posted by Nita Hidayati  •  Tuesday, October 10 2017

Saatnya kegiatan cuci setrika menjadi semakin menyenangkan dengan desain ruang binatu minimalis. Manfaatkan area tersisa di dalam rumah menjadi ruang cuci fungsional.

Interiordesign.id – Apakah Anda termasuk orang yang meletakkan mesin cuci di dekat kamar mandi dan melakukan kegiatan cuci mencuci di kamar mandi? Sementara untuk menyetrika Anda melakukannya di ruang tidur, ruang keluarga bahkan di lantai ruangan apapun di dalam rumah? Dan Anda tidak memiliki ruang khusus cuci dan setrika yang bisa memberikan banyak manfaat? Inilah saatnya Anda memiliki ruang khusus; ruang binatu di rumah Anda.

Ruang binatu alias ruang cuci dan setrika merupakan ruang yang seringkali terabaikan. Padahal dengan memiliki sebuah ruang khusus yang Anda fungsikan untuk kegiatan mencuci dan menyetrika baju, dapat mengurangi kesan berantakan dan suara bising mesin cuci yang mengganggu. Dengan desain minimalis, ruang binatu tidak memerlukan ruangan besar. Cukup siapkan sedikit space saja atau bahkan Anda dapat memanfaatkan area tidak terpakai yang mungkin tersedia di sekitaran dapur dan atau dekat kamar mandi. Memiliki ruang binatu dengan desain minimalis, akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan Anda saat mencuci dan menyetrika.

Sekali lagi, merancang ruang binatu tidak harus besar, Anda bisa memanfaatkan area tidak terpakai di dalam rumah. Dengan ruangan lebih kurang berukuran 2×2 meter persegi saja, Anda sudah dapat memiliki sebuah ruang cuci dan setrika bergaya minimalis. Perabotan yang digunakan pun tidak harus mewah dan mahal, seperti satu set mesin cuci, meja, rak-rak sebaguna, setrika. Bahkan Anda juga dapat meletakkan pewangi baju, sabun cuci dan pelengkap lainnya di ruangan tersebut.

Desain Ruang Binatu Minimalis, Tata Letak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat mendesain ruang binatu adalah memilih area yang cocok. Anda dapat meletakkan ruang cuci dan setrika ini di basement dekat garasi. Area dekat garasi adalah posisi yang paling pas dan tepat untuk mengurangi suara bising mesin cuci yang menganggu.

| Inspirasi Desain Garasi Rumah, Transformasi Garasi Tak Terpakai Jadi Sumber Rezeki

| Menyiasati Desain Kamar Mandi Kecil Sederhana, Agar Dapatkan Kesan Yang Lebih Luas & Istimewa

Namun, jika garasi tidak memiliki space tersedia untuk ruang binatu, Anda bisa mencobanya di dekat dapur. Selain dapur, area dekat teras belakang juga sangat cocok untuk ruang binatu, sebab mempermudah Anda menjemur di area belakang.

Perhatikan juga tata letak ruangan. Rancangan ruang biantu haruslah memudahkan dan membuat Anda nyaman saat mencuci dan menyetrika.

Desain Ruang Binatu Minimalis, Minimalkan Ukuran Perabotan

Jika Anda memiliki ruang khusus cuci setrika berukuran besar, sepertinya penggunaan perabotan besar bukanlah masalah. Namun, jika ruang binatu yang Anda desain adalah dengan memanfaatkan area sisa, maka buatlah minimalis. Ukuran ruang yang terbatas, membuat Anda haruslah bertindak bijak saat memilih perabotan.

desain ruang binatu minimalis

via pinterest

| Cara Terbaik Maksimalkan Desain Rumah Minimalis, Sederhana Namun Mewah Sekaligus

Pilihlah mesin cuci yang sudah tersedia alat pengeringnya. Pertimbangkan berapa ukuran ruang yang akan Anda alokasikan untuk mesin cuci dan mesin pengering. Gunakan mesin cuci yang tidak terlalu besar bahkan sebaiknya Anda memilih yang terkecil. Hal ini, diharapkan agar ruang binatu tidak terasa sempit dan masih terdapat sisa area untuk keleluasan bergerak.

Desain Ruang Binatu Minimalis, Bentuk L dengan Wastafel

desain ruang binatu minimalis

Ruang Binatu Ibu Elly

Jika ruangan Anda berbentuk memanjang, maka desain berbentuk L, sangatlah pas untuk menata perabot yang dibutuhkan. Pada sisi yang lebih pendek Anda dapat meletakkan mesin cuci dan wastafel. Wastafel ini berfungsi untuk menyikat pakaian yang bernoda dan mencuci tangan Anda.

Untuk sisi lainnya, Anda dapat mengisinya dengan lemari, baju kotor dan area menyetrika. Jika membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra luas, Anda dapat memaksimalkan setiap sudut ruang binatu dengan storage.

Jangan ragu untuk meminta bantuan jasa desainer interior di daerah Anda untuk membantu merancang lemari kustom yang sesuai dengan kondisi ruangan dan juga kebutuhan Anda.

Desain Ruang Binatu Minimalis, Sembunyikan Papan Setrika

Keterbatasan ukuran ruang mungkin akan menjadi salah satu hal yang membuat Anda kesulitan menata ruang binatu. Atasi hal ini dengan menggunakan papan setrika dan kursi lipat yang jika tidak digunakan dapat Anda sembunyikan di sela-sela lemari. Dengan begini, kegiatan mencuci pun tidak terganggu oleh keberadaan peralatan terebut.

desain ruang binatu minimalis

from bhg.com

| Cara Terbaik Maksimalkan Desain Rumah Minimalis, Sederhana namun Mewah Sekaligus

Lengkapi kenyamanan kegiatan menyetrika Anda dengan kipas angin atau Anda bahkan bisa menyesesuaikan posisi kursi agar dapat menghadap televisi.

Desain Ruang Binatu Minimalis dengan Lemari
desain ruang binatu minimalis

via bhg.com

Memang cukup banyak peralatan dan benda yang harus disusun dalam sebuah ruang binatu. Oleh karena itu, Anda perlu meletakkan lemari bersekat untuk menyimpan kebutuhan mencuci. Dalam lemari tersebut, Anda dapat menyimpan seluruh kebutuhan mencuci dan menyetrika. Mulai dari deterjen, pelembut dan pewangi pakaian, pemutih pakaian, sikat, setrika, gantungan, dll.

| Dekorasi Storage Dapur, Cara Terbaik Menata Area Penyimpanan Pada Ruang Dapur

Penggunaan lemari dengan laci-laci di bagian bawahnya juga merupakan hal yang disarankan. Di laci-laci tersebut, Anda dapat menyimpan kebutuhan pelengkap lainnya, seperti stok sabun, pewangi dan lain-lain.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior rumah? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan jasa desain interior terbaik dan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader