Desain Ruang Kerja Kecil; Area Mungil yang Nyaman Saat Bekerja di Rumah

Posted by Putri A Ashralika  •  Thursday, September 26 2019

Meski berukuran mungil, desain ruang kerja kecil tetap harus memerhatikan beberapa hal; pilihan warna, furniture, hingga tata letak dan juga aksesori, yang akan berdampak pada tingkat kenyamanan.

Interiordesign.id – Semangat dan inspirasi dalam bekerja bisa datang dari mana saja, salah satunya bisa berasal dari desain dan kenyamanan ruang kerja. Penampilan ruang kerja yang berantakan tentu akan menjadikan sebaliknya, hilangnya semangat yang bahkan memengaruhi kinerja serta produktivitas.

Jika Anda mulai bosan dengan tampilan ruang kerja di rumah, mungkin inilah saatnya Anda menyulap dekorasi dan desain interiornya. Memiliki desain ruang kerja yang baik sesuai dengan keinginan akan membuat bekerja menjadi hal yang sangat menyenangkan. Bonus tambahannya, desain ruang kerja yang nyaman akan melahirkan ide-ide dan gagasan-gagasan brilian.

Setiap ruang, apapun ukurannya, harus tetap memiliki kenyamanan, tidak terkecuali ruang kerja berukuran kecil. Meski berukuran mungil, Anda tetap harus memertimbangkan tingkat kenyamanannya. Salah satu caranya dengan pilihan yang tepat pada gaya interior yang ingin ditampilkan.

Mendapatkan desain ruang kerja yang sesuai memang tidak mudah, terutama untuk ruangan berukuran kecil.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan penampilan yang nyaman dan menyenangkan; desain ruang kerja kecil di rumah dengan desain dan dekorasi interior yang tepat.

Space tak terpakai

Area bekerja di rumah memang dapat dirancang lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan keinginan. Tak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai area atau space tak terpakai di rumah untuk diubah menjadi sebuah ruang kerja.

Jika Anda baru berencana untuk membuat ruang kerja kecil di rumah, pertimbangkanlah untuk memanfaatkan area kosong di dalam rumah. Manfaatkan area di bawah loteng, di dekat jendela atau mungkin mengambil sedikit area di kamar tidur, ruang keluarga dan perpustakaan. Pilihlah ruang bekerja yang jauh dari keramaian serta gangguan agar Anda dapat berkonsentrasi dan fokus saat bekerja.

Pilihan warna ruang kerja

Pilihan dan penggunaan warna tertentu sangatlah memengaruhi suasana hati seseorang. Dus, perhatikanlah pemilihan warna yang akan Anda gunakan di ruang kerja. Pilihan warna-warna gelap yang diklaim mampu menenangkan pikiran, namun, untuk ruangan berukuran kecil, sebaiknya Anda menghindari penggunaan warna gelap yang berlebihan dan mendominasi, sebab warna-warna tersebut justru malah membuat ruangan kecil semakin terkesan sempit.

desain ruang kerja kecil

Desain ruang kerja tema monokrom via pinterest

Rekomendasi terbaik adalah pilihan warna-warna cerah yang membangkitkan suasana ceria. Atau warna-warna natural yang dapat memberikan perasaan santai dan menyegarkan pikiran. Sesuaikan saja dengan dengan konsep interior yang digunakan.

Tata letak ruang kerja

desain ruang kerja kecil

from pinterest

Lengkapi ruang kerja dengan peralatan pendukung yang Anda butuhkan, susunlah secara rapi di area tersebut. Ukuran ruang atau area kerja yang kecil dapat disiasati dengan tata letak benda-benda yang mudah dijangkau; seperti printer, alat tulis, arsip dan kebutuhan lainnya yang biasanya tersedia dan sering digunakan di ruang kerja.

Pilihan furniture

desain ruang kerja kecil

Kombinasi aksesori yang natural

Untuk meja dan kursi di ruang kerja kecil, pilihlah juga yang berukuran kecil. Sesuaikanlah ukuran, warna, dan bentuknya dengan tema interior yang ingin ditampilkan.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

interiordesign-putri-desainer

By Putri A Ashralika

Desainer kelahiran Jakarta. S1 Desain Interior ITENAS (lulus tahun 2012).

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader