interior ruang tamu rumah tipe 36

Desain Rumah Kecil; Rahasia Hunian Mungil yang Nyaman, Sehat, dan Menarik Secara Visual

Posted by Aisah Wolfard  •  4 weeks ago

“Tak ada ruang yang kekecilan, yang ada penggunaan perabotan yang terlalu besar.” Saatnya mengkreasi rumah kecil menjadi hunian yang menyehatkan. Desain rumah kecil yang aman, nyaman, serta menarik secara visual.

InteriorDesign.id – Menjaga kesehatan tubuh dan mental tidak cukup hanya dengan secara teratur berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Anda juga harus mendapatkannya dari lingkungan yang bersih dan sehat, terutama dari lingkungan rumah.

Sudah saatnya Anda mengkreasi lingkungan tempat tinggal menjadi hunian yang nyaman, aman, sehat, dan menarik secara visual. Meski tempat tinggal Anda berukuran kecil, dengan penataan yang tepat, ukuran tidak akan lagi jadi masalah.

Jangan biarkan rumah kecil Anda terasa sumpek dan tidak nyaman!

Anda tidak perlu merenovasi atau melakukan perubahan besar-besaran pada setiap ruang di rumah, ada banyak cara untuk menyiasatinya. Berikut adalah beberapa rahasia bagaimana mengkreasi sebuah lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan menyehatkan, meski ukuran rumah tidak terlalu besar.

Meski ukuran rumah tidaklah besar, Anda tetap berhak dan bisa memiliki hunian yang nyaman dan menyehatkan.

Desain Rumah Kecil yang Menyehatkan

  • Ventilasi

Ini sangat penting. Rumah yang sehat, pada prinsipnya adalah rumah yang memiliki cukup ventilasi untuk memperlancar sirkulasi udara. Terutama untuk rumah berukuran kecil, ia akan terasa segar jika memiliki sistem ventilasi yang baik.

Idealnya, setiap ruangan harus memiliki ventilasi. Sehingga, saatnya mengecek kembali seluruh ruangan di rumah Anda, apakah sudah memiliki sistem ventilasi yang cukup?

  • Cahaya Alami
desain rumah kecil

via pinterest

Untuk mendapatkan pencahayaan alami yang baik, bukaan jendela besar adalah keharusan yang memungkinkan cahaya matahari dapat dengan mudah memasuki ruangan.

Sinar atau cahaya matahari ini adalah sumber pencahayaan terbaik. Ia, selain memberi pencahayaan yang cukup ke dalam setiap ruang, juga bisa menjadikan ruangan kecil terlihat lebih luas dan lapang.

Percaya atau tidak, pencahayaan, selain pilihan warna cat tentu saja, adalah trik desain terbaik menjadikan ruangan kecil memiliki penampilan yang menarik secara visual, juga menjadikannya terlihat lebih luas. Di samping itu, cahaya alami ini tentu saja sangat menyehatkan.

Rumah Kecil yang Nyaman

  • Singkirkan Barang-Barang yang Sudah Tidak Lagi Digunakan
desain rumah kecil

via pinterest

Jangan menjadikan rumah Anda semakin sesak dan sempit dengan banyaknya barang-barang. Terlebih, jika sebenarnya Anda belum tentu benar-benar membutuhkan barang-barang atau perabotan tersebut.

Saatnya memilih dan memilah mana saja barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan dan singkirkan yang tidak diperlukan. Dan jika Anda berencana membeli barang baru, upayakan memilih model dan desain yang yang simpel dan minimalis.

Barang-barang dan furniture minimalis, simpel atau sederhana, bisa memberi kesan luas, lapang, dan menarik secara visual.

  • Perabotan Multifungsi

Selain memiliki citra estetik, perabotan juga harus memiliki fungsi yang baik.

Hindari penempatan perabotan agar tidak berimpitan dengan dinding. Tempatkanlah di bagian tengah atau di sela ruangan. Peletakan perabotan yang tidak tepat, selain tidak akan menarik secara visual, juga dapat mereduksi fungsi. Penataan perabotan atau furniture di bagian tengah atau sela ruangan menciptakan ilusi ruangan terasa lebih luas.

desain rumah kecil

via google

Menata rumah berukuran kecil mengharuskan Anda melihat potensi perabot yang digunakan. Penggunaan tempat tidur yang pada bagian bawahnya terdapat laci-laci penyimpanan, adalah salah satu yang terbaik yang dapat Anda gunakan guna menyiasati minimnya storage atau ruang penyimpanan.

Rumah Kecil dengan Warna-warna Terang

interior rumah kecil

Maksimalkan cahaya yang memasuki ruangan dengan penggunaan warna-warna cerah atau terang pada bagian dinding ruangan.

Jika Anda memiliki beberapa ruang yang menyatu tanpa sekat atau tanpa partisi, seperti ruang makan dengan ruang keluarga, atau dengan area dapur misalnya, maka buatlah keselarasan warna dinding untuk ruangan lantai terbuka tersebut. Dengan begitu, kesan luas dan lapang akan semakin terlihat.

Pilihlan warna-warna terang seperti putih, krem, atau bahkan pastel pada bagian dinding. Atau Anda juga dapat memilih warna-warna cerah cerah lainnya, jika menyukainya. Namun, jangan lupa untuk menyelaraskannya dengan perabotan yang digunakan. Jangan sampai aneka warna berkumpul dan saling menabrak sehingga justru menciptakan sesuatu yang berlebihan.

Ingat, penggunaan skema warna pada roda warna.

Interior Rumah Kecil dengan Cermin Besar

Trik terakhir yang dapat Anda coba gunakan agar interior rumah kecil bisa tampak luas, lapang, juga nyaman, adalah dengan penggunaan cermin besar.

Cermin adalah aksesori interior yang memiliki kekuatan “magis”. Ia memiliki kemampuan memerlihatkan ilusi ruang terasa lebih besar.

Letakkanlah cermin besar di dalam ruangan. Tempatkanlah di salah satu dinding ruang yang berukuran panjang, atau letakan persis di belakang salah satu perabotan.

Cermin menciptakan ilusi, seolah Anda memiliki ruang baru sehingga memberi tampilan yang lebih luas. Selain itu, cermin juga memberi dan memperbesar area atau sudut pandang.

desain rumah kecil

via inspirasiku.net

 

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer, photography enthusiast.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader