fbpx

Desain Ruangan dengan Pilihan Warna Hitam, Warna “Gelap” yang Tampil Berani dan Bertenaga

ruangan warna hitam

Ruangan warna hitam memiliki estetika yang kuat. Desainer maupun dekorator interior tidak pernah menganggap warna “gelap” ini sebagai warna yang tidak berarti.

Estimated reading time: 4 minutes

Interiordesign.id – Warna hitam atau gelap, mungkin cenderung banyak dihindari para pemilik rumah. Mereka lebih banyak memilih dan menggunakan warna-warna terang dan ceria untuk interior rumah mereka.

Ruangan warna hitam banyak dihindari. Sebagai alternatifnya, pilihan warna-warna yang tampak lebih “soft” lah yang banyak digunakan. Warna-warna soft dianggap lebih mampu menampakan ketenangan.

Warna Hitam

Warna hitam seringkali dianggap sebagai absennya sebuah warna dan tidak adanya energi. Ini dipertegas oleh seorang psikolog dan ahli warna, Dr. Hazel Parcell. Ia merekomendasikan untuk lebih memilih dan menggunakan warna yang dapat menstimulasi tubuh seperti kuning, magenta, ungu, atau bahkan warna merah.

Lain hal dengan pilihan warna terang, warna hitam dianggap terlalu menunjukan kemurungan dan sulit untuk mendapatkan suasana ceria di dalam rumah. Kalaupun digunakan, warna-warna gelap biasanya lebih banyak dipadukan dengan warna lain, terutama dikombinasikan dengan warna putih untuk mendapatkan suasana dan nuansa ruang yang terasa lebih hangat.

Namun, pada kenyataanya, pilihan warna gelap, termasuk warna hitam tegas, sebenarnya mampu melahirkan atmosfer ruang yang cukup unik. Ruang dengan warna hitam bisa terlihat sangat menarik juga secara visual.

Interior rumah dengan pilihan warna gelap “dianggap” menghilangkan energi pada sebuah ruang. Namun, jika saja penggunaannya bisa benar-benar pas dan tepat, ini justru bisa akan melahirkan atmosfer ruang yang tampil “penuh semangat.”

Psikologi Warna Hitam

Hitam secara teknis tidak berwarna. Warnanya netral. Namun, kita menyebutnya warna untuk kemudahan penggunaan.

Hitam adalah warna yang dramatis. Ini memberikan kontras terbesar saat bekolaborasi dengan warna putih.

Desain ruangan dengan pilihan warna hitam mungkin bukanlah pilihan populer. Penggunaan warna hitam untuk warna dinding bisa sangat terasa mengintimidasi. Namun, pada sisi lain, warna hitam sangat baik ketika bekerja dan digunakan hanya sebagai aksen.

Efek psikologis warna hitam dapat menciptakan aspek elegan dan berani.

Jika Anda menggunakannya dengan cara yang cerdas, hitam mampu melahirkan kesan elegan dan canggih ke dalam setiap ruang. Jika ini digunakan pada warna latar belakang yang terang atau netral, segala sesuatu yang hitam akan tampak menonjol.

Kebanyakan orang mengasosiasikan hitam dengan kematian, berkabung, janda, dan umumnya dengan kejadian formal dan serius. Padahal, kenyataanya tidaklah selalu seperti itu.

Triknya, jangan terlalu banyak menggunakan warna hitam. Cobalah menggunakan warna ini untuk menonjolkan hal-hal tertentu seperti bingkai foto, meja kecil, atau yang lainnya.

Desain Ruangan dengan Pilihan Warna Hitam

Ruangan dengan pilihan warna hitam bisa terlihat sangat ramping dan bertenaga. Meski kita sering menganggapnya sebagai warna gelap dan tidak sehat, tetapi saat digunakan sebagai pewarnaan pada perabotan dan digunakan sebagai aksen, warna yang misterius dan memberi rasa intimidasi ini, bisa menampakan “ketegasan.”

Jika Anda memiliki pahatan misalnya, lampu, atau sesuatu yang bentuknya penting, pilihlah warna hitam untuk lebih menonjolkan dan menegaskan tampilan benda-benda tersebut.

Hitam juga biasa dikenali sebagai warna yang maskulin. Para pria cenderung tertarik pada warna hitam, terutama jika menyangkut warna kendaraan.

Namun, saat ini, hitam juga populer di kalangan perempuan, terutama saat dikombinasikan dengan pilihan warna hot pink. Remaja sangat menyukai pilihan warna hitam pada kamar mereka untuk menampilkan kesan dramatis pada ruangan.

Kamar warna hitam memiliki estetika yang kuat. Desainer maupun dekorator interior tidak pernah menganggap warna hitam sebagai warna yang tidak berarti.

ruangan warna hitam
Kamar warna hitam. ~ via pinterest

Sebagai alternatif, pilihan warna gelap lain adalah Abu-abu. Warna abu-abu memberi formalitas yang elegan tanpa terlihat terlalu konservatif.

Namun, efek warna abu-abu sangat tergantung pada skema warna utama yang akan digunakan. Misalnya, warna abu-abu yang dikombinasikan dengan warna putih yang tidak terlalu terang, bisa menciptakan tampilan yang bersih dan menyegarkan.

Penting untuk diingat, jangan menggunakannya secara dominan dan terlalu banyak. Penggunaan yang berlebihan akan menciptakan sebuah interior ruang yang membosankan.

~ via forever stu

Portfolio: Interior Kamar Tidur – Kemang Pratama, Bekasi

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×