desain teras rumah

Benarkah Desain Rumah Bisa Memengaruhi Kebahagiaan Penghuninya?

Posted by HinaYana  •  Thursday, February 7 2019

Benarkah pilihan gaya desain interior rumah bisa memengaruhi kebahagiaan penghuninya? Apa saja faktor-faktor yang bisa membentuk kebahagiaan di dalam rumah?

Interiordesign.id – Lebih dari sekadar tempat tinggal, rumah merupakan tempat di mana Anda juga mendapatkan kebahagiaan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Houzz, kepada 6.000 responden, 87% mengatakan bahwa desain rumah memengaruhi tingkat kebahagiaan.

Terdapat sekitar 70% responden yang telah melakukan renovasi atau dekorasi rumah merasa bahagia dengan kenyamanan rumah dari hasil renovasi.

Pemilik rumah yang bercerita bahwa rumah mereka memerlukan perbaikan tampaknya tidak bahagia. Hanya terdapat 51% responden yang merasa bahagia dengan rumah yang perlu direnovasi.

Hal tersebut membuktikan bahwa ukuran rumah atau barang dan perabotan mewah bukanlah hal atau faktor yang paling menentukan kebahagiaan. Kenyamanan dan dekorasi rumahlah yang dapat menentukan tingkat kebahagiaan bagi penghuninya.

Desain Rumah yang Sehat: Pentingnya Desain Interior untuk Kesehatan dan Kebahagiaan

Seorang filsuf asal Perancis bernama Gaston Bachelard dalam bukunya yang berjudul The Poetics of Space, 1958 menyebutkan bahwa rumah menampung serta melindungi mimpi-mimpi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Rumah merupakan sebuah tempat pertama yang diharapkan mampu membuat penghuninya menanam, memupuk mimpi-mimpi dan berbagai harapan.

Memiliki rumah yang jadi sumber kebahagian, yang dapat menanam dan memupuk mimpi-mimpi serta berbagai harapan seperti kata Gaston, tentu sebuah keuntungan. Tidak semua orang memiliki kesempatan dan situasi seperti itu.

Saatnya Anda berpikir untuk mengkreasinya! Menciptakan kebahagiaan di rumah Anda!

Melansir goodhousekeeping, berikut beberapa hal yang dapat coba Anda terapkan untuk menjadikan rumah sebagai sumber kebahagiaan.

Pilihan Warna Cat Dinding

interior rumah

Sebuah studi dari Vrije University Amsterdam, menyebutkan bahwa warna hijau dan kuning merupakan pilihan warna yang paling mampu membangkitkan perasaan bahagia.

Tanaman Indoor dan Bunga-bungaan

tanaman hias

via pinterest

Penelitian yang dilakukan Rutgers menemukan bahwa kehadiran bunga dapat memicu emosi bahagia serta mempertinggi kepuasan terhadap perasaan dan hidup.

Bagi sebagian orang, menghadirkan bunga segar atau sekadar bunga artifisial bisa jadi merupakan kegiatan yang membuang-buang uang. Padahal pandangan tersebut keliru. Bunga ataupun tanaman hias tertentu justru mampu melahirkan perasaan bahagia yang tak mampu dibeli dengan uang.

Pengharum Ruangan

desain interior rumah

via apartmenttherapy.com

Sebagai pengganti bunga segar, Anda bisa coba menghadirkan aroma bunga di dalam rumah.

Aroma bunga terbukti mampu memicu perasaan bahagia. Reseptor aroma di hidung berkaitan dengan bagian dari otak yang menentukan emosi. Aroma bunga dapat meningkatkan perasaan bahagia ketika menciumnya.

Pajangan Foto-foto

hiasan dinding

via hometalk

Dalam sebuah studi di University of Portsmouth ditemukan fakta bahwa foto-foto lama mampu memberikan perasaan positif dan tenang saat melihatnya.

Pajanglah foto-foto yang memiliki kenangan terbaik, dan tempatkan foto-foto tersebut di area yang masih kosong; seperti di meja atau dinding ruang keluarga atau bahkan di kamar tidur Anda.

Lilin Aroma Vanila

lilin aromaterapi

via makecandles.info

Saat ini tidaklah sulit menemukan lilin aromaterapi dengan aneka bentuk yang cantik dan juga aroma yang menenangkan.

Pilihlah bentuk lilin yang disukai. Yang sekaligus dapat mempercantik ruang. Untuk meningkatkan mood, pilihlah aroma vanilla.

Sebuah penelitian Chemical Senses menemukan bahwa aroma vanilla bisa membuat seseorang merasa gembira.

Hewan Peliharaan

hewan peliharaan

via puphome

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengungkapkan bahwa hewan peliharaan menjadi salah satu faktor yang paling bisa membuat seseorang merasa bahagia.

Hewan peliharaan memberikan dukungan yang sangat berarti pada sang pemilik. Hewan peliharaan seperti kucing atau anjing dapat membantu kita keluar dari isolasi sosial sehingga mampu meningkatkan kehidupan.

4 Rahasia Kenapa Gaya Hidup Minimalis Akan Membuat Anda & Keluarga Makin Bahagia

Kebersihan Rumah

Ada banyak alasan kenapa kebersihan menjadi salah satu hal atau faktor penting untuk membuat seseorang atau kita bisa merasakan perasaan bahagia.

Kebersihan mampu memberikan rasa nyaman dan perasaan betah melebihi ukuran rumah atau bahkan perabotan mewah.

Ada banyak fakta yang menunjukkan bahwa baju atau piring kotor bisa membuat Anda merasa tidak bahagia. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk tetap menjaga rumah atau tempat tinggal kita bersih, rapi dan menyenangkan. Rumah yang bersih tentu adalah tempat tinggal yang layak huni. Dus, di sanalah letak kebahagiaan sesungguhnya.

Dan apa sesungguhnya arti dari rumah yang membahagiakan?

Data dari Social issues Research Centre, London yang melakukan survei kepada lebih dari 1.300 pemilik rumah, menemukan perubahan atau pergeseran makna pada definisi populer rumah yang membahagiakan atau “happy home” ini.

Happy home dimaknai sebagai tempat yang dapat membuat kita merasa aman, nyaman dan santai. Tempat di mana kita menjadi diri sendiri. “Home is where the heart is”.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader