Mengenal Desain Rumah Warna Warni di Kampung Jodipan, Kampung Unik yang Instagram-able

Posted by Nita Hidayati Inayah Thursday, August 22 2019

Interiordesign.id – Gaya desain rumah warna warni di kampung Jodipan sungguh unik, kampung wisata yang berada di Kota Malang ini hadir dengan visual aneka warna yang Instagram-able. Berlokasi di Jalan Juanda Gang Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, kampung yang satu ini memiliki bangunan rumah yang berwarna-warni.

Berada di Kampung Jodipan membuat kita seolah berada di Rio De Janeiro, Brazil. Yap, tidak perlu jauh-jauh ke negeri lain, cukup ke Kota Malang, Anda bisa mendapatkan spot foto yang keren aneka warna.

Desain Rumah Warna Warni di Kampung Jodipan: Sulap Pemukiman Kumuh

Siapa sangka Kampung Wisata Jodipan Malang ini dulunya adalah pemukiman kumuh. Ide mewarnai rumah berwarna warni ini terlahir dari tugas praktikum public relations komunitas Guyspro. Komunitas ini berasal dari mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).  Dalam tugas tersebut mereka bekerjasama dengan Indana Paint dalam program corporate social responsibilities (CSR). Para mahasiswa ini berhasil menyulap sebuah kawasan kumuh menjadi tempat wisata.

desain rumah warna warni

via guyspro

Menurut Nabila Firdausiyah selaku koordinator Guyspro, Ia dan kawan-kawannya ingin mengubah perilaku warga sekitar yang kerap membuang sampah ke sungai. Kampung Jodipan pun dipilih karena memiliki lanskap yang bagus ketika dilihat dari jembatan Jalan Gatot Subroto, Malang.  Maka jadilah Kampung Jodipan yang cantik dan berwarna-warni.

desain rumah warna warni

via muhammadiyah.or.id

Dengan tampilannya yang unik, Nabila dan kawang-kawannya berharap bisa membuat warga setempat memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan merawatnya. Salah satunya dengan tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Desain Rumah Warna Warni di Kampung Jodipan: Melibatkan Komunitas Mural & Seniman

desain rumah warna warni

via muhammadiyah.or.id

Dalam pelaksanaanya Nabila dan teman-teman Guyspro ini dibantu oleh komunitas mural dan seniman lukis yang menghias dan melukis dinding warga. Ada sekitar 30 tukang cat juga dikerahkan untuk mengecat dinding dan atap rumah yang ada di Kampung Jodipan ini. Tak hanya itu, proyek ini juga dibantu oleh warga sekitar dan TNI AU.

Pada proses pengecatan, setiap warga diperbolehkan memilih warna cat untuk rumahnya. Meski diperbolehkan memilih warna, mereka tidak diperbolehkan memilih warna cat yang sama dengan tetangga sebelah rumah. Larangan ini diberikan agar menghindari warna senada bersebelahan antara satu rumah dan rumah sebelahnya.

Desain Rumah Warna Warni di Kampung Jodipan: Jadi Tempat Wisata

desain rumah warna warni

via indana

Kampung warna-warni  ini berada di area bawah dari jembatan rel kereta api di Desa Jodipan, Malang. Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini dari Terminal Arjosari, bisa menggunakan angkot atau kendaraan pribadi. Lokasinya yang dekat dari stasiun Kereta Api  (500 meter), membuat Anda bisa berjalan kaki atau becak menuju kampung ini.

“Tiket” masuk ke kampung warna warni ini pun sangat murah. Cukup dengan Rp. 2.000 saja Anda bisa menikmati keindahan warna warni kampung ini. Uang tersebut akan ditukar dengan stiker dan digunakan untuk membantu biaya perawatan, inovasi gambar, kebersihan dan lain-lain.

Desain Rumah Warna Warni di Kampung Jodipan: Fasilitas & Spot Menarik Yang Instagram-able!

Kini tak hanya cantik dipandang, kampung ini pun menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap. Tersedia area parkir serta penjaja makanan dan minuman. Untuk tarif parkir motor mulai dari Rp. 2.000 dan Rp. 5.000 untuk mobil. Sementara untuk bis pariwisata, tarif parkirnya berkisar Rp. 15.000 – Rp. 25.000.

Banyak spot menarik yang sayang untuk dilewatkan jika Anda mengunjungi Kampung Jodipan. Untuk tampilan indah di Instagram Anda, jangan lupa untuk berfoto dengan latar berikut ini. Ada Jembatan Embong Brantas yang menampilkan pemandangan kampung warna  warni. Aneka dinding warna warni di rumah warga dan lorong payung. Hadir juga lukisan 3 dimensi, seperti T-rex, gorilla, ikan hiu dan tangga berwarna warni.

desain rumah warna warni

via gilatrip.com

desain rumah warna warni

via instagram ojiradityas

desain rumah warna warni

from sportourism

Bosan dengan lokasi prewedding yang itu-itu lagi? Kampung Jodipan bisa menjadi pilihan!

desain rumah warna warni

via instagram ojiradityas

Bagaimana, tertarik berselancar ke kampung warna warni di Jodipan Malang?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×