Desainer vs Dekorator, Perbedaan Antara Kedua Istilah dalam Desain Interior yang Perlu Anda Ketahui

Posted by HinaYana  •  Monday, April 17 2017

Desainer dan dekorator interior memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Yang paling mudah untuk diketahui yaitu bahwa seorang desainer adalah juga merupakan seorang dekorator. Sementara seorang dekorator belum tentu merupakan seorang desainer.

Interiordesign.id ā€“ Masih banyak yang bingung dan tidak mengetahui secara pasti perbedaan antara kedua istilah dalam dunia desain interior; antara desainer interior dan dekorator interior. Dalam banyak kasus, kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian untuk mengenali orang atau seseorang yang memiliki kapasitas dan pengetahuan tertentu menyoal penataan sebuah ruangan.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Desainer memiliki arti seorang pendesain atau perancang. Sementara Dekorator memiliki arti orang yang mengerjakan dekorasi; penghias panggung teater; orang yang merancang dekorasi untuk etalase, stan, dan sebagainya dan yang sekaligus mengerjakannya.

Desainer dan dekorator interior memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Yang paling mudah untuk diketahui yaitu bahwa seorang desainer adalah juga merupakan seorang dekorator. Sementara seorang dekorator belum tentu merupakan seorang desainer.

Dekorator tidak melakukan dan mengerjakan rancangan dan desain sebuah ruangan, mereka hanya fokus pada bagaimana mendandani ruangan, mendekorasinya agar makin memilki tampilan yang diperlukan dan sentuhan estetik yang dibutuhkan.

Selain kedua istilah, desainer interior dan dekorator interior, dunia desain interior juga mengenal istilah lain, yaitu stylist. Stylist interior juga mirip-mirip seorang dekorator, adalah seseorang yang memiliki kapasitas dan kemampuan mengubah dan mendekorasi ruangan sesuai dengan gaya dan perkembangan tren terkini.

desain interior

Untuk mengetahui secara jelas dan lebih pasti mengenai perbedaan antara desainer interior dan dekorator interior, mari kita simak perbedaan signifikan, per-definisi, antara keduanya.

6 Alasan Mengapa Anda Harus Menyewa Jasa Desain Interior

Desainer Interior

Desainer interior adalah seseorang yang biasanya terlibat dalam proyek sejak dari awal. Bahkan dalam beberapa situasi mereka bekerjasama langsung dengan seorang arsitek. Tugas seorang desainer interior adalah untuk membantu menciptakan ruang interior yang fungsional dengan benar-benar memahami bagaimana penghuni atau pemilik rumah akan menggunakan setiap ruangan.

Seorang desainer akan memertimbangkan soal pencahayaan, suara dan aspek-aspek desain lainnya yang sesuai dengan pertimbangan struktural. Mereka memiliki lisensi dan ilmu serta pengetahuan yang memadai.

desain interior

Desainer interior adalah orang yang paham soal perencanaan tata ruang, mendesain dan merenovasi interior, menyusun sebuah rencana terstruktur dari mulai perencanaan lantai awal, lalu bagaimana menempatkan sebuah aksen dekoratif pada sebuah ruangan.

Seorang desainer tidak hanya mampu meningkatkan tampilan, mereka juga mampu meningkatkan fungsionalitas sebuah ruangan.

Dekorator Interior

Seorang dekorator interior tidak terlibat dalam perencanaan desain bangunan dan atau tata letak ruangan. Dekorator interior hanya fokus sepenuhnya pada soal furnitur, warna, dan bentuk yang sudah jadi pada sebuah ruangan. Seorang dekorator yang baik akan mengubah sebuah ruangan agar dapat sesuai dengan karakter dan gaya penghuninya. Mereka bekerja sesuai dengan permintaan klien.

Tidak membutuhkan sekolah atau kursus khusus untuk menjadi seorang dekorator. Anda juga dapat menjadi salah satunya.

Untuk menjadi seorang dekorator, hanya dibutuhkan kreativitas yang dapat dituangkan menjadi kreasi-kreasi dan karya-karya seni yang menarik untuk mendukung tampilan sebuah ruangan, menjadikannya memiliki gaya yang khas, elegan dan artistik, serta estetika yang selaras dengan keseluruhan gaya desain.

desain interior

Dekorator umumnya tidak mengambil bagian dalam renovasi atau perencanaan struktural. Mereka datang setelah bagian yang lengkap dan fokus pada tampilan permukaan ruang. Seorang dekorator hanya fokus pada bagian estetika, membantu memutuskan sebuah gaya, memilih skema warna, membeli furnitur, dan atau beberapa aksesori yang dibutuhkan.

Desainer Interior atau Dekorator Interior?

Jika pertanyaannya adalah soal siapa yang dapat bekerjasama dengan Anda dalam sebuah proyek desain interior? jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Jika yang Anda butuhkan adalah soal perencanaan struktural bagaimana mengembalikan fungsionalitas ruangan, merenovasinya agar memiliki tampilan yang benar-benar baru, desainer interior adalah pilihan terbaik.

Namun jika yang Anda butuhkan hanyalah bagaimana agar ruangan atau rumah Anda dapat memiliki sentuhan estetika yang dibutuhkan agar inviting, nyaman dan tidak memerlukan perubahan secara struktural, seorang dekorator dapat membantu Anda.

desain interior

Bahkan jika yang Anda butuhkan adalah bermain-main dengan detail kecil; seperti bagaimana memasukan dekorasi-dekorasi yang diperlukan agar ruangan tampak makin terlihat lebih segar dan artsy sesuai perkembangan tren terkini, seorang stylist interior dapat menjadi pilihan Anda.

Kenyataanya, seorang desainer interior yang memiliki kemapuan dan pengetahuan soal tata ruang, banyak yang hanya melakukan fungsi-fungsi dan kerja-kerja sebagai dekorator saja. Sebaliknya, seorang dekorator, dalam beberapa situasi juga banyak terlibat dari awal bahkan semenjak perencanaan lantai awal. Dus, semuanya tergantung Anda, siapa yang dapat bekerjasama dan membantu projek desain interior rumah Anda?

Seorang desainer maupun dekorator, keduanya adalah orang-orang yang mampu melakukan pekerjaan desain interior yang Anda butuhkan. Apalagi jika proyek desain interior yang Anda butuhkan sekadar bagaimana mengubah tampilan ruangan menjadi benar-benar nyaman dan liveable tanpa perlu renovasi dan perubahan struktural yang membutuhkan biaya cukup besar. Semuanya kembali kepada Anda.

images: designerlab, dkorinteriors, psst, freshome, sania pell

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader