elemen desain interior

Elemen Desain Interior; Panduan Menciptakan Suasana Ruang yang Nyaman dan Menyegarkan

Posted by HinaYana  •  Friday, March 23 2018

Tetaplah netral dan ciptakan penampilan monokromatik. Unsur warna menjadi salah satu elemen desain interior yang selalu sangat mudah untuk diaplikasikan dan diimplementasikan.

Interiordesign.id – Tidak banyak yang menyukai pilihan warna monokrom dalam interior mereka. Meski begitu, tampilan monokromatik dan penggunaan warna-warna netral selalu menjadi salah satu pilihan terbaik. Terutama jika berhubungan dengan ruangan kecil, yang mau tidak mau, untuk mencapai tingkat kenyamanan yang diinginkan, bisa agak sedikit sulit dan tidak semudah ruangan-ruangan yang memiliki ukuran ideal.

Dalam desain interior, terdapat aturan umum mengenai pemilihan warna yang seharusnya diketahui dan dipahami. Pilihan warna paling gelap dalam desain interior adalah bagian lantai. Permukaan lantai harus lebih gelap bersama bagian dinding, dan yang agak terang haruslah bagian langit-langit.

| Unsur dan Elemen Dasar Desain Interior

Elemen desain interior di ruang komunal; ruang tamu dan ruang keluarga

elemen desain interior

Untuk menciptakan ruang tamu dan atau ruang keluarga yang nyaman dan menyegarkan, unsur warna bisa memainkan peran yang sangat penting. Gunakanlah warna dengan nada hangat, jaga agar tetap netral, dan jika menginginkan unsur warna yang agak kaya, masukan aksen warna-warni pada bantalan sofa, fabric dan mungkin beberapa karya seni dan ornamen-ornamen pendukung lainnya.

elemen desain interior

Idealnya, sebuah ruangan harus dicat ulang setiap 2 sampai 3 tahun sekali. Lakukanlah hal ini jika menginginkan suasana dan nuansa baru tetap bisa hadir meski di ruangan lama.

| 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Desain interior lebih dari sekadar estetika

Ingatlah satu hal; desain interior lebih dari sekadar estetika. Desain interior harus dapat bekerja dengan sangat baik dan memberi dukungan penuh pada penghuninya. Setiap gagasan dan ide dalam desain interior haruslah dipastikan benar-benar dapat berfungsi.

Desain interior berbeda dengan dekorasi, namun desain tentu mencakup dekorasi. Hal ini juga yang menyebabkan perbedaan mendasar antara seorang desainer dan dekorator interior.

elemen desain interior

elemen desain interior

Desain interior adalah soal sains, ada banyak pertimbangan sebelum seorang desainer benar-benar memutuskan apa yang terbaik dan bisa bekerja dengan baik dalam sebuah ruang.

Misal; sebuah meja kopi harus berukuran 18 inci dari area tempat duduk dan menjadi setengah sampai dua pertiga ukuran sofa. Itu bukanlah hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang, oleh siapa saja, hanya desainer profesional yang mampu melakukannya.

Desainer juga akan memastikan Anda memiliki banyak sirkulasi untuk bergerak di sekitar ruang.

| Desainer vs Dekorator, Perbedaan Antara Kedua Istilah Dalam Dunia Desain Interior yang Mesti Anda Ketahui

Elemen desain interior; Aksesori dan karya seni

Sekarang soal gambar atau wall art alias karya seni dinding. Ini adalah elemen desain dan dekorasi interior yang banyak orang sukai.

Banyak dari kita mencoba menjejalkan terlalu banyak hiasan dan aksesori ke dalam ruang mereka, namun perlu diingat, terlalu berlebihan melakukannya adalah sebuah kesalahan paling mendasar. Meski gaya maksimalis atau bahkan bohemian yang coba Anda terapkan, ruangan rumah tentu Anda tidak didesain untuk menjadi sebuah ruang pameran, kenyamanan haruslah menjadi tujuan utama di mana Anda bisa mendapatkan ketenangan sekaligus kesenangan di tempat tersebut.

elemen desain interior

Elemen desain interior; Lampu dan pencahayaan

Hati-hati juga saat memilih lampu. Pencahayaan menjadi faktor penting lainnya yang benar-benar harus diperhatikan. Pilihlah lampu yang hangat.

Pilihan lampu juga bisa menjadi sebuah investasi, meski Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk instalasi, namun akan memberikan manfaat dan pastinya penghematan biaya dalam jangka panjang.

elemen desain interior

Elemen desain interior; Storage

Storage atau tempat penyimpanan menjadi elemen selanjutnya yang harus diperhatikan juga. Agar ruangan terlihat rapi dan segar sepanjang waktu, kebersihan, kerapian, dan tampak terorganisir dengan sangat baik adalah hal-hal utama. Ruangan harus dipelihara secara visual.

elemen desain interior

Ada juga cermin. Cermin bisa sangat membantu membuat ruangan terasa lebih terang dan dalam beberapa situasi bisa terasa sangat lapang dan luas.

| Model Cermin Dekoratif; Aksesori Interior yang Memiliki Kekuatan Magis

Atau jika Anda adalah salah satu penggemar gaya natural dan organik, tanaman indoor sangat direkomendasikan untuk mendapatkan penampilan ruangan yang segar.

elemen desain interior

Tanaman bisa sangat membantu menenangkan semua orang. Suasana alami di dalam ruangan adalah hal yang juga paling disukai semua orang, tak terkecuali.

| Dekorasi Ruang Dengan Tanaman, Hadirkan Suasana Ruang yang Indah & Menyegarkan

Itulah beberapa elemen desain interior yang harus diperhatikan. Meski masih banyak hal lebih rumit dari beberapa hal uyang telah disebutkan, namun setidaknya bisa memberi Anda sugesti selanjutnya untuk dapat memikirkan gagasan-gagasan kreatif lainnya demi kenyamanan interior rumah Anda.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader