foyer design

Inspirasi Desain Foyer; Area Transisi yang Unik dan Menarik

Posted by Nita Hidayati  •  Tuesday, May 28 2019

Foyer adalah rancangan area pemisah antara lingkungan luar dengan bagian dalam rumah.

Interiordesign.id – Karakteristik kebanyakan rumah di Indonesia jarang ditemui yang memiliki area foyer. Foyer sendiri merupakan bagian dari rumah yang berfungsi sebagai tempat transit bagi para pengunjung sebelum kemudian memasuki ruang-ruang utama.

Foyer adalah area yang berada di antara area luar dan bagian dalam rumah. Posisinya sebelum ruang tamu. Ia adalah area yang menjadi penghubung, atau area transisi.

Area transisi ini awalnya difungsikan agar udara yang terlalu dingin atau terlalu panas dari luar rumah tidak langsung menembus bagian utama rumah.

Jika menilik dari sejarahya, foyer pada awalnya sengaja dirancang sebagai pemisah antara lingkungan di luar rumah dengan bagian dalam. Area pemisah ini dirancang agar udara yang terlalu dingin atau terlalu panas dari luar rumah tidak langsung menembus bagian utama rumah.

Setiap rumah memang tidak selalu memiliki foyer. Kita mungkin lebih sering menemukannya di lobi hotel atau ruang periksa dokter sebagai area atau ruang tunggu.

Tetapi, untuk rumah-ruamh berukuran besar, keberadaan foyer biasanya menjadi kebutuhan. Ia bahkan bisa difungsikan sebagai pengganti teras atau ruang tamu utama.

Sama seperti ruangan-ruangan lainnya, foyer juga memerlukan perhatian dalam penataannya agar dapat memiliki penampilan yang menarik secara visual. Mendekorasi foyer bisa memberikan nilai estetika dan prestis bagi pemilik rumah.

Nah, bagi Anda yang memiliki rumah berukuran cukup luas dan tertarik mendesain area foyer semenarik mungkin, beberapa inspirasi foyer design berikut patut untuk anda pertimbangkan.

Foyer Design ala British

foyer aldesign ala british

~ via pinterest

Untuk memiliki desain foyer ala british, yang dibutuhkan adalah anda harus memahami betul ciri khas dan karakter dari konsep desain ala british itu sendiri.

Kecanggihan desain ala Inggris berakar pada sejarah arsitektur yang panjang, mulai dari desain rumah pedesaan khas Inggris yang megah, hingga konsep neo-klasik yang mewah.

Gaya desain ala british terlihat sangat eklektik, tipikal rumah-rumah pertanian atau farmhouse gaya pedesaan.

Foyer ala british memperlihatkan suasana neo-klasik yang mewah dan elegan. Ia bahkan memiliki nuansa tradisional dengan penggunaan elemen dekoratifnya yang bisa dibilang antik.

Foyer design yang klasik, mewah, dan elegan.

Foyer ala Southern California

foyer design ala california selatan

~ via abeautifulmess.com

Gaya interior California adalah campuran eklektik dari boho style dan gaya coastal, dengan sentuhan glamor. Menjadi sebuah perpaduan sempurna bagi mereka yang menyukai konsep interior yang mampu menyatu secara kohesif.

Nah, untuk memiliki penmapilan foyer ala gaya California, anda dituntut untuk dapat mendekorasi area tersebut dengan menerapkan konsep eklektik tadi.

Foyer dengan desain ala California ini adalah salah satu cara untuk menampilkan gagasan interior campuran dengan visualisasi yang kaya warna, sederhana, namun elegan dan “hidup”.

Foyer ala Jepang

Foyer ala Jepang biasa dikenal juga dengan sebutan Genkan, dengan karakteristik khas rumah-rumah tradisional di Jepang.

Gaya dekorasi ini dikenal simpel, sederhana, dan minimalis.

Umumnya, foyer design ala Jepang hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan sepatu, menggantung mantel, payung, dan atau kunci-kunci.

Penampilan area foyer ala Jepang terlihat sangat clean dan bersih. Ia menjadi cerminan kesederhaan garis filosofi desain Jepang yang serba minimal dan natural.

Desain Foyer Linier

Linier atau lurus adalah area foyer yang hanya memiliki satu sisi saja untuk didesain.

Umumnya, foyer linier menyerupai lorong, memanjang dan lurus.

Nah, untuk menyiasati bentuk foyer seperti ini, Anda dapat meletakkan kursi panjang yang fungsional.

Foyer linier sangat mudah untuk dirancang. Anda hanya membutuhkan beberapa elemen dekorasi saja di sana. Katakanlah, sebuah kursi panjang, gantungan di bagian dinding, tempat penyimpanan, atau bahkan sebuah keset.

Foyer linier cocok untuk rumah kecil dengan area atau luasan yang terbatas. Inilah rancangan area transisi minimal atau area entryway terbaik dengan dekorasi yang super simpel.

Bacaan terkaitDesain Interior Rumah; Kenapa Dekorasi Menjadi Sesuatu yang Penting?

Nah, itulah beberapa inspirasi desain foyer terbaik untuk rumah anda.

Foyer design seperti apa yang anda suka?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader