fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Gantungan Baju Multifungsi untuk Daya Tarik Visual Kamar

Posted by Maria Oktalia Friday, May 28 2021
desain wardrobe

Gantungan baju multifungsi dapat menambah daya tarik visual interior kamar dan membuat ruangan terasa lebih rapi.

Estimated reading time: 6 minutes

Keberhasilan sebuah rancangan desain interior kamar tidur tidak lepas dari peran salah satu unsur desain seperti perabotan atau furniture yang memiliki fungsi lebih di dalamnya. Kamar tidur adalah tempat terpopuler yang dipilih oleh penghuni rumah sebagai sebuah area privasi yang sangat nyaman. Di sana, seseorang tidak hanya bisa beristirahat tetapi juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Apabila Anda ingin menciptakan suasana lain pada kamar tidur Anda, Anda dapat menata ulang furniture Anda. Sebaiknya, manfaatkan perabotan yang bersifat multifungsi sebagai sebuah langkah praktis.

Gantungan Baju Multifungsi untuk Area Kamar yang Lebih Rapi

Sebagai sebuah ruangan yang dipakai penghuni untuk berganti pakaian, tentu Anda memerlukan sebuah furniture yang dapat membuat seluruh pakaian Anda tertata dengan sangat rapi. Dalam hal ini, sebuah gantungan baju multifungsi dapat menjadi jawaban terbaik. Ia berperan sebagai sebuah area penyimpanan atau penataan susunan pakaian agar lebih tertata rapi.

Umumnya, gantungan baju multifungsi berupa standing hanger terbuat dari material besi atau kayu. Perbedaan karakteristik kedua bahan ini juga akan membuat kesan kamar jadi berbeda. Bagaimanapun, gantungan baju multifungsi berupa standing hanger ini memiliki daya tarik visual yang cukup kuat untuk berada di dalam kamar. Ia bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran kamar. Alhasil, kamar akan terlihat lebih rapi dan estetik tanpa memakan banyak tempat.

Inspirasi Standing Hanger sebagai Gantungan Baju yang Multifungsi

Standing hanger adalah salah satu jenis gantungan baju yang bersifat multifungsi. Ia merupakan produk interior yang punya keunggulan berupa ukurannya yang minimalis. Hal ini membuat standing hanger tidak perlu memakan banyak tempat dan punya lebih dari satu fungsi dibandingkan dengan produk lain.

Perabotan ini dapat berdiri dengan kokoh dan stabil saat Anda ingin menggunakannya sebagai tempat menggantungkan baju, menaruh jaket, syal, atau aksesoris dan dekorasi lainnya. Berikut adalah lima inspirasi desain standing hanger yang akan memberi Anda gambaran tentang penataan kamar yang lebih praktis.

#1 Open Box pada Gantungan Baju untuk Penyimpanan dan Tatanan Sederhana

Standing hanger ini menggunakan material kayu. Ia dapat memberikan kesan estetis dari segi karakter bentuk yang sederhana, perpaduan warna alami, serta tekstur material kayu yang digunakan. Perabotan ini dipadukan dengan open box yang berfungsi sebagai area penyimpanan dan penataan. Box ini dapat diubah-ubah posisinya.

Area gantungan baju ada pada dua sisi hanger yang berbeda, sehingga space untuk gantungan tersebut dapat lebih besar. Perabot ini dapat diletakkan di sudut ruangan atau jendela, agar ia mendapatkan efek cahaya alami di saat golden hour untuk area kamar yang terbatas. Bentukan desain perabot ini termasuk free standing atau perancangan yang dapat berdiri bebas.

#2 Peletakkan Dekorasi dan Penyesuaian Kebutuhan

Standing hanger ini bermaterial besi. Ia dapat memberikan kesan elegan dari segi kualitas material yang berupa besi kuat dan kokoh. Karakter dan bentuknya yang sederhana seimbang dengan warnanya yang gelap. Desain gantungan baju ini berpadu dengan rak yang fungsinya digunakan sebagai tempat peletakkan dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan space yang ada di samping dapat digunakan untuk menggantung beberapa baju.

Gantungan baju ini dapat diletakkan di bagian sisi ruangan yang kosong untuk area kamar yang luas. Bentuk desainnya termasuk ke dalam jenis loose furniture, yang mana ia dapat dipindahkan dengan mengubah posisi penempatan. Perabot bertipe ini biasanya dipadukan dengn kehadiran roda untuk mempermudah posisi penempatan, serta bisa didesain secara flipped (bisa dilipat).

#3 Kebutuhan Pemakaian Sepatu yang Memaksimalkan Tempat

Standing hanger ini menggunakan perpaduan material besi dan kayu. Ia bisa memberikan kesan minimalis dari warna abu-abu yang ada pada besi, serta tekstur alami yang ada pada kayu. Karakter dan bentuknya pun sederhana serta rapi. Material besi dan kayu merupakan pilihan tepat bagi standing hanger yang menginginkan sifat kuat, kokoh, dan natural.

Desain hanger yang berpadu dengan bench atau rak sepatu dapat memenuhi kebutuhan kita saat hendak memakai sepatu. Adanya hook atau pengait bagian atas dapat digunakan sebagai tempat menggantungkan banyak baju. Perabot ini dapat diletakkan dekat dengan pintu masuk, agar penghuni kamar dapar dengan mudah menggantung atau mengambil pakaian. Bentukan desain gantungan multifungsi ini adalah loose furniture.

#4 Cermin Portable untuk Kebutuhan Bercermin yang Estetis

Standing hanger ini menggunakan material kayu. Dari segi karakter, ia memiliki bentuk yang sederhana dengan perpaduan warna alami. Tekstur material kayu yang digunakan pun memberikan kesan natural dan estetis. Desain gantungan baju dipadukan dengan cermin portable yang dapat digeser atau dilepas sesuai dengan kebutuhan bercermin.

Space gantungan cukup untuk satu sampai tiga baju favorit atau syal dan beberapa aksesoris gantung. Perabot ini dapat diletakkan di samping tempat tidur dengan disandarkan pada tembok. Ukuran desainnya yang minimalis cocok untuk area kamar yang tidak terlalu luas.

#5 Drawer untuk Area Penyimpanan yang Lebih Rapi

Gantungan baju ini menggunakan perpaduan material besi dan kayu. Ia dapat memberikan kesan natural dan minimalis dari warna putih pada besina serta warna alami pada tekstur kayunya. Bentuk sederhana dan keunikannya membuat gantungan ini sebuah pilihan tepat untuk standing hanger yang kuat, kokoh, dan homey.

Desainnya dipadukan dengan drawer agar terkesan rapi. Space gantungan yang terseda pun cukup untuk menata beberapa baju. Perabot ini direkomendasikan untuk diletakkan di dekat tempat tidur. Gantungan baju ini cocok untuk kamar dengan area terbatas. Bentukan desain hanger ini adalah loose furniture.

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa rancangan interior kamar tidak lepas dari salah satu unsur desain seperti furniture. Furniture ini diusahakan memiliki fungsi lebih di dalamnya. Tanpa kita sadar, kamar sebenarnya perlu memiliki furniture yang bisa menjawab kebutuhan ruangan.

Salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mengubah gaya kamar kita secara signifikan adalah dengan memanfaatkan standing hanger yang multifungsi. Inspirasi desain standing hanger yang ditunjukkan di atas bisa menambah daya tarik visual interior kamar. Ia pun bisa membuat nuansa ruangan jadi lebih rapi dan estetis. Letak standing hanger dapat disesuaikan dengan area kamar yang ada. Selain itu, adanya standing hanger juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan penghuni kamar.


MARIA OKTALIA
Mahasiswi Program Studi Desain Interior di Universitas Kristen Petra, Surabaya.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id