fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Gaya Desain Cool Britannia : Fenomena Budaya London Lewat Musik, Fashion, dan Kerajinan.

gaya desain Cool Britannia

Berawal dari kebanggaan orang inggris terhadap budaya negaranya, maka desain yang mengangkat tema Cool Britannia tidak lepas dari kehadiran ‘union jack’, yaitu bendera Inggris. Juga barang-barang buatan dari Inggris.

InteriorDesign.id – Gaya desain Cool Britannia adalah sebuah gerakan desain yang muncul di Inggris pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Gerakan ini ditandai oleh desain yang menampilkan unsur-unsur yang mengacu pada budaya pop Inggris dan simbol-simbol nasional seperti Union Jack.

Gaya desain ini digunakan dalam berbagai bidang, termasuk fashion, arsitektur, dan desain produk. Gerakan ini dianggap sebagai upaya untuk memperkuat citra Inggris sebagai negara yang kreatif dan dinamis.

Muncul pada akhir 1990-an, saat Inggris sedang mengalami perubahan politik dan ekonomi yang signifikan. Pada tahun 1997, Partai Buruh yang dipimpin oleh Tony Blair menang dalam pemilihan umum, mengakhiri 18 tahun masa kekuasaan Partai Konservatif.

Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintahan Blair, seperti pembangunan infrastruktur dan investasi dalam seni dan budaya, membantu meningkatkan citra negara dan menciptakan suasana yang kondusif bagi perkembangan gerakan desain Cool Britannia.

Gerakan ini didukung oleh sejumlah seniman, desainer, dan pengusaha yang berusaha untuk mengubah citra Inggris yang ketinggalan jaman menjadi sebuah negara yang kreatif dan progresif.

Desain yang mengacu pada budaya pop Inggris dan simbol-simbol nasional seperti Union Jack menjadi tren dan digunakan dalam berbagai bidang, termasuk fashion, arsitektur, dan desain produk.

Beberapa contoh yang menjadi ikon dari gaya desain Cool Britannia adalah desain interior kedai-kedai kopi yang berbasis pada Inggris tradisional, pakaian yang menampilkan motif Union Jack, dan arsitektur yang mengutamakan elemen-elemen Inggris yang khas.

Gerakan ini mencapai puncaknya sekitar tahun 1997 hingga 2000-an awal, dan menjadi bagian dari perubahan citra Inggris yang lebih positif dan progresif. Namun, gerakan ini juga dikritik karena dianggap sebagai upaya untuk mengkomersialkan budaya Inggris dan digunakan sebagai alat propaganda politik.

Karakteristik Gaya Desain Cool Britannia

  • Penggunaan elemen-elemen budaya pop Inggris : Gaya desain ini menampilkan unsur-unsur yang mengacu pada budaya pop Inggris, seperti musik, film, dan seni.
  • Penggunaan simbol-simbol nasional : Menampilkan simbol-simbol nasional Inggris, seperti Union Jack, yang digunakan secara luas dalam desain.
  • Penggunaan warna yang cerah dan mencolok : Warna-warna yang cerah dan mencolok, seperti merah, biru, dan putih, yang digunakan untuk menciptakan kesan yang mencolok dan energik.
  • Penggunaan elemen tradisional Inggris : Menggabungkan elemen-elemen tradisional Inggris, seperti motif-motif klasik, dengan desain yang modern dan dinamis.
  • Penggunaan teknologi terbaru : Teknologi terbaru, seperti desain digital, untuk menciptakan hasil yang inovatif dan menarik.
  • Penggunaan desain minimalis : Desain yang minimalis, yang mengutamakan bentuk dasar, warna dasar dan elemen dasar lainnya dalam desain.
  • Penggunaan desain yang berkomunikatif : Mengutamakan desain yang dapat berkomunikasi dengan audiens, memberikan pesan yang jelas dan menyampaikan informasi yang diperlukan.

Kelebihan Gaya desain Cool Britannia

  1. Memperkuat citra Inggris sebagai negara yang kreatif dan progresif inovatif dan dinamis.
  2. Menciptakan suasana yang menyenangkan dengan menggunakan warna-warna cerah dan mencolok dan elemen-elemen budaya pop yang menarik.
  3. Menciptakan desain yang mudah diingat dengan menggunakan simbol-simbol nasional yang kuat dan elemen-elemen budaya pop yang ikonik.
  4. Mengutamakan desain yang dapat berkomunikasi dengan audiens dan memberikan pesan yang jelas.

Kekurangan Gaya Desain Cool Britannia

  1. Dikritik sebagai upaya untuk mengkomersialkan budaya Inggris : Beberapa orang menganggap gerakan ini sebagai upaya untuk mengkomersialkan budaya Inggris dan digunakan sebagai alat propaganda politik.
  2. Dapat dianggap kurang orisinil : Sering dianggap sebagai kurang orisinil karena mengandalkan pada elemen-elemen budaya pop yang sudah ada.
  3. Dapat dianggap kurang relevan : Dapat dianggap kurang relevan di era saat ini karena gaya desain yang terus berkembang.
  4. Dapat dianggap kurang inovatif : Dianggap kurang inovatif karena mengandalkan elemen-elemen tradisional Inggris yang sudah ada.

Cara Menerapkan Desain Cool Britannia Kedalam Ruangan

Gunakan warna-warna seperti merah, biru, dan putih untuk menciptakan kesan yang mencolok dan energik.

Tambahkan elemen-elemen budaya pop Inggris seperti poster film atau musik Inggris, atau karya seni yang mengacu pada budaya pop Inggris.

Tambahkan simbol-simbol nasional seperti Union Jack dalam bentuk wallpaper, karpet, atau pernak-pernik lainnya.

Tambahkan elemen-elemen tradisional Inggris seperti motif-motif klasik, perabotan klasik, atau aksesori yang mengacu pada budaya Inggris.

Tambahkan teknologi terbaru dalam ruangan seperti smart home, home theater, atau lighting yang canggih untuk menciptakan kesan yang inovatif.

Tambahkan desain minimalis dalam ruangan dengan mengutamakan bentuk dasar, warna dasar dan elemen dasar lainnya dalam desain.

Tambahkan desain yang dapat berkomunikasi dengan audiens, memberikan pesan yang jelas dan menyampaikan informasi yang diperlukan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id