fbpx

Gaya Desain NuArt Sculpture Park, Hadirkan Keindahan Galeri Ruang Terbuka & Taman Dalam Satu Tempat

Posted by Nita Hidayati Inayah Friday, August 30 2019

Dapatkan pengalaman berkesan dengan gaya desain NuArt Sculpture Park yang hadirkan keindahan galeri, ruang terbuka dan taman yang manyatu dalam satu tempat.

Interiordesign.idNuArt Sculpture Park adalah galeri seni yang berlokasi di Jalan Setraduta Raya No. L 6, Ciwaruga Bandung. Tempat ini dibangun oleh Nyoman Nuarta di atas lahan seluas 3,6 hektar dengan pemandangan alam yang indah.

Nyoman Nuarta merupakan pematung lulusan Fakultas Seni Rupa ITB 1979. Ia menggunakan bahan kuningan dan tembaga dalam pembuatan patung-patungnya. Pak Nyoman juga aktif bergabung sama beberapa organisai seni patung dunia. Seperti Royal British Sculpture Society, International Sculpture Centre Washington dan Steering Committed for Bali Recovery Program.

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

via globalindonesianvoices.com

NuArt Sculpture Park terdiri galeri yang terdiri dari dua lantai. Hadir dengan dua area, yaitu indoor dan outdoor yang dibalut dalam bangunan yang indah. Dalam bangunan tersebut, hadir beragam bentuk patung dan lukisan yang unik dan filosofis karya Nyoman Nuarta. Berikut ini adalah gaya desain galeri, ruang terbuka dan taman di NuArt Sculpture Park Bandung yang unik dan indah.

Gaya Desain NuArt Sculpture Park: Sentuhan Artistik

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

~ via gogirl.id

Untuk gaya desain, Nyoman Nuarta merancang NuArt Sculpture Park tanpa mengacu pada gaya desain tertentu. Ia memiliki pronsip desain yang orisinal dan tidak mengikuti gaya yang sudah ada. Desain Nyoman juga dikenal hemat energi dan ramah lingkungan.

Ia kerap kali menggunakan bahan transparan untuk beberapa bangunannya. Hal ini dilakukan agar sinar matahari atau bulan menembus ruangan sehingga mengurangi penggunaan listrik. Potongan-potongan kayu pun Ia kreasikan menjadi lantai kayu yang dibuat berjeruji murni yang indah. Meski begitu, Nyoman tetap mengutamakan juga keamanan bangunan agar tetap berdiri tegak dan kuat.

Gaya Desain NuArt Sculpture Park: Patung & Lukisan

Selain galeri, terdapat ruang terbuka seluas 1 hektar yang dihiasi dengan puluhan patung nyeni. Kehadiran patung-patung tersebut mempercantik lanskap di beberapa bagian. Patung-patung kreasi Nyoman memiliki ukuran yang besar, epik dan monumental. Tengok saja patung Garuda Wisnu Kencana, Arjuna Wiwaha, Jalesvivsa dan masih banyak lainnya. Terbayang, sebesar dan seluas apa galeri ini untuk menampung beraneka ragam patung besar, bukan?

Selain pajangan patung-patung di dalam dan luar galeri, hadir pula lukisan-lukisan yang tak kalah nyeni. Tak hanya lukisan-lukisan karya Ia sendiri,  di dalam galeri juga terdapat lukisan-lukisan karya seniman lain yang terpajang rapi.

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

foto: TripAdvisor

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

bandungdiary

Gaya Desain NuArt Sculpture Park: Mini Studio Teater

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

credit: bandungdiary

NuArt Sculpture Park rasanya tak henti memanjakan para pewisata seni. Selain menyediakan galeri dan area yang asri dan luas, tersedia juga sebuah mini studio teater. Meski ukurannya tidak terlalu besar, namun studio ini tak kalah nyaman seperti bioskop yang biasa Anda kunjungi.

Film yang diputar di studio ini adalah film dokumenter mengenai proses pembangunan NuArt. Film dokumenter yang akan membuat berdecak kagum ini bisa Anda tonton setiap hari pada pukul 12.00 dan 15.00.

Gaya Desain NuArt Sculpture Park: Crafty & Workshop

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

~ via bandungdiary

NuArt juga menghadirkan craft boutique yang letaknya berada di lantai dasar galeri. Di tempat yang satu ini, Anda dapat berbelanja karya-karya seni kreasi Nyoman Nuarta, namun dalam bentuk dan versi mini. Selain miniatur karya sang Seniman yang dapat Anda beli, tersedia juga crafty karya seniman, desainer dan pengrajin lokal serta internasional. Craft Boutique ini juga menerima barang titipan Anda. Bagi Anda yang suka membuat kerajinan, Anda juga bisa menitip jual di tempat ini.

Sementara bagi Anda yang ingin ikut keseruan workshop, seperti membuat patung, mewarnai atau membuat seni grafis dan batik. Anda bisa mengujungi workshop yang letaknya di lantai dasar. Workshop ini merupakan ruang kerja pribadi Nyoman yang dibuka untuk umum yang buka pada setiap hari Sabtu dan Minggu. Untuk mengikuti workshop kesenian ini, minimal peserta adalah 3 orang dan akan dibimbing oleh para ahli yang ada di NuArt.

Gaya Desain NuArt Sculpture Park: Café

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

via TripAdvisor

Gaya Desain NuArt Sculpture Park

foto: bandungdiary.id

Seharian lelah berkeliling NuArt, saatnya bersantai di café yang tersedia di lantai satu. Kafe mungil yang homey ini memiliki dinding dengan lukisan yang membuat suasana ngopi dan ngemil Anda semakin menyenangkan. Untuk menu, kafe ini menyediakan pastry, cake dan aneka minuman hangat dan dingin yang bisa dinikmati sambil memandang indahnya NuArt.

Mau makan yang mengenyangkan? Mampir saja ke kafe lain yang terletak di belakang gedung galeri dekat taman. Suasananya yang sejuk dengan interior yang simple minimalis ini semakin cantik dengan kehadiran lukisan-lukisan karya Nyoman. Tersedia aneka menu Khas Bali di kafe yang satu ini, yang siap mengenyangkan perut usai lelahnya kegiatan berjalan-jalan.

Bagaimana, tertarik berwisata seni ke NuArt Sculpture Park Bandung? Untuk dapat berwisata seni ala NuArta ini Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000 untuk umum. Dan Rp. 25.000 bagi para pelajar dan mahasiswa, cukup dengan menunjukkan kartu pelajar.  Sementara untuk anak yang berusia kurang dari 2 tahun, tidak dikenakan biaya alias gratis. NuArt buka setiap hari Minggu hingga Kamis dari pukul 09.00 hingga 17.00. Sedangkan pada Hari Jumat dan Sabtu 09.00 hingga 21.00.

Semoga terinspirasi.

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id
×