fbpx
Hello, Guest

Gaya Desain Retrofuturism : Gerakan Kreatif Kontemporer Yang Menggambarkan Masa Depan

gaya desain Retrofuturism

Bercirikan perpaduan gaya retro dengan teknologi, atau bahan yang futuristik.

InteriorDesign.id – Retrofuturism adalah gaya desain yang memadukan elemen-elemen dari gaya retro dengan elemen-elemen futuristik.

Ini adalah gaya yang mengambil konsep masa lalu dan mencampurnya dengan imajinasi tentang masa depan, sehingga menghasilkan gaya yang unik dan menarik.

Dalam desain grafis, gaya ini sering dikenal dengan warna-warna terang, bentuk-bentuk geometris, dan font-font futuristik.

Retrofuturism sering diterapkan dalam film, animasi, dan ilustrasi untuk memberikan kesan yang klasik dan futuristik sekaligus.

Dalam film, misalnya, gaya ini sering digunakan untuk memberikan kesan yang unik dan menarik bagi film fiksi ilmiah, seperti film-film yang mengisahkan tentang masa depan yang penuh dengan teknologi canggih.

Sejarah desain Retrofuturism berakar dari era 1920-an dan 1930-an, ketika imajinasi tentang masa depan pertama kali mulai berkembang.

Pada saat itu, ilustrator dan desainer menciptakan gambar-gambar yang menggambarkan dunia yang penuh dengan teknologi canggih, seperti pesawat terbang, robot, dan kendaraan antariksa.

Dalam hal ini, desain retro memainkan peran penting, menciptakan imajinasi masa depan dengan memadukan elemen-elemen masa lalu dan elemen-elemen yang belum pernah ada.

Retrofuturism menjadi lebih populer pada era 1950-an dan 1960-an, ketika film-film fiksi ilmiah dan film animasi mulai muncul.

Film-film ini menggambarkan dunia masa depan dengan teknologi yang canggih dan gaya desain yang unik, yang membuat mereka sangat menonjol.

Gaya ini terus berkembang dan berubah-ubah seiring dengan perkembangan teknologi dan gaya desain, tetapi elemen-elemen retro tetap menjadi bagian integral dari gaya ini.

Sampai saat ini, desain Retrofuturism masih sangat populer, terutama dalam dunia film, video game, dan desain produk.

Gaya ini menarik bagi para pemirsa karena memberikan pandangan unik dan menarik tentang masa depan, serta membawa kembali kenangan masa lalu yang indah.

Beberapa Karakteristik Dari Gaya Desain Retrofuturism

  • Kombinasi Gaya Retro dan Futuristik
    Retrofuturism menggabungkan elemen-elemen gaya retro dengan elemen-elemen futuristik, seperti warna-warna terang, bentuk-bentuk geometris, dan font-font futuristik.
  • Warna-Warna Terang
    Gaya ini sering menggunakan warna-warna terang, seperti merah, kuning, dan biru, untuk menciptakan kesan yang menyenangkan dan futuristik.
  • Bentuk-Bentuk Geometris
    Bentuk-bentuk geometris, seperti lingkaran, segitiga, dan persegi, sering digunakan dalam gaya ini untuk menciptakan visual yang unik dan futuristik.
  • Font-Font Futuristik
    Gaya ini sering menggunakan font-font futuristik, seperti font sans-serif, untuk memberikan kesan modern dan futuristik.
  • Ilustrasi dan Animasi
    Ilustrasi dan animasi sering digunakan dalam gaya ini untuk memberikan kesan yang lebih menyenangkan dan memukau.
  • Tekstur dan Tekstil
    Tekstur dan tekstil sering digunakan dalam gaya ini untuk memberikan kesan yang futuristik dan klasik sekaligus.
  • Imajinasi Masa Depan
    Gaya ini menciptakan imajinasi masa depan dengan memadukan elemen-elemen masa lalu dan elemen-elemen yang belum pernah ada.

Secara keseluruhan, gaya desain Retrofuturism memiliki kesan yang unik, menarik, dan futuristik, yang membuatnya sangat populer dalam dunia film, video game, dan desain produk.

Cara Untuk Menerapkan Gaya Desain Retrofuturism Ke Dalam Ruangan

  1. Gunakan warna-warna terang seperti merah, kuning, dan biru dapat memberikan kesan yang futuristik dan menyenangkan ke ruangan.
  2. Gunakan bentuk-bentuk geometris seperti lingkaran, segitiga, dan persegi dapat digunakan pada desain wallpaper, sofa, dan aksesoris untuk menciptakan kesan yang futuristik.
  3. Gunakan font-font futuristik seperti font sans-serif, pada poster, kaligrafi, dan teks lainnya untuk memberikan kesan yang modern dan futuristik.
  4. Tambahkan ilustrasi dan animasi pada dinding, sofa, atau aksesoris untuk memberikan kesan yang lebih menyenangkan dan memukau.
  5. Gunakan tekstur dan tekstil seperti kain teracotta, kain dengan polkadot, dan kain bertekstur dapat digunakan pada sofa, gorden, dan aksesoris untuk memberikan kesan yang futuristik dan klasik sekaligus.
  6. Buat imajinasi masa depan dengan memadukan elemen-elemen masa lalu dan elemen-elemen yang belum pernah ada. Misalnya, gunakan furniture dengan bentuk geometris yang futuristik, namun dengan warna dan tekstur yang klasik.

Secara keseluruhan, untuk menerapkan gaya desain Retrofuturism ke dalam ruangan, Anda perlu memadukan elemen-elemen retro dan futuristik untuk menciptakan kesan yang unik, menyenangkan, dan futuristik.

Jangan takut untuk berkreativitas dan mencoba hal-hal baru untuk menciptakan gaya yang sesuai dengan keinginan Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
desain kamar tidur idaman
Thursday, September 16 2021
Posted by Syifa Arbati Nur Alami

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id