Gaya Desain Zen, Ciptakan Suasana Ruang dengan Keseimbangan dan Keselarasan yang Sempurna

Posted by Nita Hidayati  •  Thursday, September 28 2017

Warna putih, abu-abu, krem dan hijau, kerap dijumpai dalam ruangan dengan pendekatan gaya desain zen. Warna-warna yang memiliki kekuatan menciptakan suasana tenang dan nyaman.

Interiordesign.id – Kehidupan modern yang serba cepat dan sibuk diklaim menjadi salah satu penyebab stres. Selain itu, polusi kendaraan, gaya hidup serta populasi juga membuat banyak orang mencari cara untuk keluar dari kesumpekan. Banyak cara diupayakan orang-orang untuk mendapatkan kembali semangat serta keseimbangan dalam hidup.

Mendesain Rumah Kecil Idaman yang Murah dan Eco-Friendly

Kebutuhan akan rekreasi biasanya menjadi obat mujarab yang mampu menghilangkan kepenatan. Upaya “melarikan diri” sejenak dari rutinitas modern kerap dimanfaatkan orang-orang dengan mencari tempat di mana kenyamanan serta ketenangan bisa didapatkan dengan sempurna.

Namun, bagaimana jika sebenarnya, suasana tenang dan nyaman untuk relaksasi bisa Anda hadirkan di rumah?

Saatnya menengok salah satu gaya interior yang mampu hadirkan ketenangan alam ke dalam rumah Anda, gaya desain interior zen. Sebuah konsep interior yang mampu ciptakan kenyamanan dan ketenangan untuk relaksasi yang sempurna.

Mengenal Gaya Desain Zen

gaya desain zen

via santabanta

Zen merupakan salah satu aliran Buddha Mahayana. Kata Zen adalah Bahasa Jepang yang berasal dari kata Chan. Chan sendiri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Pali “Jhana” atau dalam Bahasa Sansekerta yaitu Dhyana. Sementara dalam Bahasa Vietnam, Zen dikenal sebagai Thien, dan Seon dalam Bahasa Korea. Meski terdapat banyak istilah untuk kata ini, Zen memiliki makna yang kurang lebih sama dalam berbagai bahasa. Zen diartikan sebagai sebuah kondisi batin yang berpusat pada meditasi.

Desain Interior Rumah Yin & Yang, Ciptakan Keseimbangan & Harmoni di Dalam Rumah

Ajaran Zen adalah seni dalam menjalani hidup dengan cara mendekatkan diri dan bersinergi dengan alam. Zen merupakan pencarian makna kehidupan untuk meningkatkan keseimbangan hidup melalui kesederhanaan dan keselarasaan dengan alam.

Seiring perkembangannya, Zen pun banyak diterapkan untuk desain interior. Gaya desain Zen adalah suatu upaya bagaimana agar ruangan terasa nyaman, tenang dan menentramkan jiwa. Desain Zen banyak terinspirasi dari interior ala Jepang yang minimalis dan tradisi kuno.

Karakteristik Gaya Desain Zen

Karena menyuguhkan ketenangan dan kenyamanan, Zen kerap diidentikan dengan dunia meditasi. Meskipun zen kurang tepat dikatakan sebagai gaya desain dan tidak memiliki aturan ketat, namun konsep ini kerap digunakan dalam interior. Anda dapat menjumpai gaya desain Zen pada tempat Spa ataupun Yoga. Dalam desain interior, Zen mencerminkan keseimbangan, harmonisasi dan relaksasi.

Desain Interior Spa, Rancangan Ruang Perawatan Tubuh yang Super Nyaman

Warna: Penggunaan warna-warna natural adalah ciri khas gaya desain ini. Warna putih, abu-abu, krem dan hijau, kerap dijumpai dalam ruangan dengan pendekatan gaya desain zen. Warna-warna tersebut memiliki kekuatan untuk menciptakan relaksasi dan ketenangan.

gaya desain zen

via honeycombers

Fabrics/kain: Senada dengan warna yang digunakan gaya Zen, penggunaan kain juga menggunakan warna-warna serupa. Salah satu elemen yang paling penting dari zen adalah gorden. Terapkanlah warna-warna natural untuk gorden. Gunakan bahan tekstil alami seperti linen atau wol, lalu cocokkan kain tersebut dengan ruangan. Gorden mampu mengurangi kebisingan dan memblok airdraft sehingga memberikan suasana yang intim dan akrab di dalam rumah.

gaya desain zen

via pinterest

Desain Rumah Menurut Feng Shui, Desain Rumah yang Sehat dan Membahagiakan

Pencahayaan: Gunakan lampu-lampu yang berwarna warmlight sehingga memberikan suasana tenang dan nuansa relaksasi sepenuhnya. Lampu dengan intensitas cahaya yang berbeda dapat disesuaikan dengan fungsi ruangan. Gunakan juga pelindung lampu agar sinar dari lampu tidak secara langsung menyoroti ruangan, dan menciptakan suasana temaram yang menenangkan.

gaya desain zen

via houzz

Furniture: Simpel dan clear lines merupakan ciri khas furniture dala gaya interior Zen. Hindari penggunaan detail yang rumit dan ornamen yang berlebihan. Material yang digunakan haruslah yang mampu menciptakan nuansa relaksasi dan memberikan kehangatan. Tempat penyimpanan seperti drawer, cupboard, closets harus diberi warna sesuai dengan warna furniture atau tema yang digunakan.

gaya desain zen

via wegox

Gaya Desain Zen dengan Tanaman & Lilin

Tanaman dan bunga-bunga segar merupakan cara paling sederhana untuk membawa alam ke dalam hunian Anda. Untuk kesejukan alami, pajanglah tanaman-tanaman hias dalam pot kecil di sudut ruangan atau bunga dalam vas sederhana di atas meja. Anda bisa memilih aneka tanaman dan bunga, seperti bonsai, terrarium dan tanaman cantik lainnya.

gaya desain zen

from pinterest

Benarkah Desain Rumah Pengaruhi Kebahagiaan Penghuninya?

Tambahkan lilin aromaterapi di sekitar ruangan untuk mendapatkan suasana tenang. Selain itu, lilin ini juga berfungsi sebagai elemen dekoratif ruang yang menampilkan keunikan dan kekhasan gaya desain zen. Anda bisa menyalakan lilin aromaterapi ini pada sore atau malam hari. Selain memberikan aroma yang menenangkan, pencahayaan lilin mampu membuat perasaan lebih nyaman dan tenang untuk relaksasi.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram