fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Gorden Kamar Mandi; Ukuran Standar dan Berbagai Tipenya

Posted by Kumala Devanty Wednesday, October 27 2021
gorden kamar mandi

InteriorDesign.id – Rumah atau apartemen Anda membutuhkan gorden kamar mandi yang baru? Mulailah dengan memahami ukuran standar tirai kamar mandi, yang merupakan faktor penting dalam menentukan tirai pilihan terbaik. Ukuran ini berperan penting dalam hal gaya beserta tampilannya.

Secara umum, terdapat tiga ukuran standar gorden kamar mandi yang dianggap cukup universal untuk dipakai di area ini. Namun problemnya, perbedaan ukuran antar gorden ini hanya sedikit, jadi pastikan Anda memilihnya dengan tepat.

Ukuran Gorden Mana yang Paling Tepat untuk Kamar Mandi Anda?

Berikut adalah ketiga ukuran standar gorden yang bisa Anda pilih:

  • 178 cm x 178 cm
  • 178 cm x 183 cm
  • 183 cm x 183 cm

Di luar ketiga ukuran di atas, masih ada ukuran-ukuran gorden lainnya yang bisa Anda pilih seperti:

  • 178 cm x 213 cm
  • 183 cm x 213 cm
  • 367 cm x 183 cm
  • 137 cm x 198 cm

Namun, sebenarnya Anda tidak perlu repot menentukan ukuran gorden yang pas untuk kamar mandi. Ini dikarenakan elemen atau aksesori interior satu ini tidak perlu benar-benar pas untuk area mandi.

Meski begitu, pastikan tirai yang Anda pilih berada dalam standar yang sesuai dengan jenis area mandi, baik dari segi lebar ataupun tinggi.

Mengukur Gorden Kamar Mandi

Dapat dipastikan bahwa ukuran area pancuran tidak akan benar-benar cocok dengan ukuran gorden yang akan Anda gunakan. Perhatikan beberapa faktor yang harus benar-benar Anda pertimbangkan saat melakukan pengukuran gorden:

#1 Mulai dengan Mengukur Lebar Area Pancuran

Ukur area pancuran dari ujung dinding satu ke dinding yang lain. Pastikan gorden yang Anda pilih memiliki ukuran lebih lebar dari lebar antar dinding area pancuran. Ini dilakukan agar gorden dapat memiliki lipatan saat menggantung dan menutup.

Untuk mencapai hal tersebut, Anda hanya perlu menambahkan 30 cm dari lebar area pancuran untuk ukuran gorden yang akan Anda pakai.

#2 Ukur Tinggi Area Pancuran

Jangan melakukan pengukuran dari area langit-langit ke dasar lantai. Ini dikarenakan gorden kamar mandi tentu tidak akan digantung di langit-langit.

Lakukan pengukuran dari batang gorden hingga ke lantai. Setelahnya, kurangi tinggi yang didapat sebanyak 20 cm – 25 cm untuk memperhitungkan cincin tirai. Meski begitu, Anda bisa mengatur tinggi batang gorden sesuai dengan yang Anda inginkan.

Berbagai Jenis Gorden Kamar Mandi

Selain ukuran, terdapat berbagai jenis gorden kamar mandi berdasarkan bahan pembuatnya.

Berikut adalah beberapa tipe gorden yang bisa Anda pilih untuk area mandi:

Gorden Vinyl – Gorden dengan perawatan yang mudah tetapi tahan terhadap kelembapan. Tersedia dalam warna bening jika Anda adalah seseorang yang tidak membutuhkan privasi saat mandi.

Gorden Katun – Sebuah pilihan gorden yang populer dengan beragam pilihan desain. Pastikan gorden katun dipasangkan dengan vinyl atau poliester, karena gorden katun memiliki kecenderungan dapat menyerap basah.

Gorden Dekoratif – Jika Anda lebih mementingkan bentuk dibandingkan fungsi, pilih gorden dekoratif untuk area pancuran. Umumnya, gorden seperti ini dibuat dengan kain yang lebih mewah seperti sutra imitasi atau linen. Selain itu, ia pun dipasangkan dengan hiasan seperti payet. Pastikan gorden dekoratif ini dipasang dengan liner fungsional agar gorden tidak berjamur.

Gorden Tanpa Kait – Apabila Anda tidak ingin menggunakan kait untuk gorden, pilih gorden tanpa kait yang bisa dipasang langsung pada batang gorden. Gorden seperti ini memiliki tampilan yang lebih ramping. Terdapat banyak variasi gorden tanpa kait dengan berbagai bahan dan gaya.

Baca juga:

Bagaimana Cara Memilih Warna Gorden yang Elegan untuk Hunian?

Tips Memilih Gorden Kamar Mandi Terbaik

Selain menentukan gorden berdasarkan ukurannya yang paling pas, terdapat beberapa pertimbangan lain yang perlu Anda perhatikan saat ingin memilih tirai untuk area pancuran. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Biarkan Cahaya Masuk. Apabila tidak ada cahaya yang cukup untuk menerangi kamar mandi, pilih tirai tipis dan bening agar cahaya alami dapat masuk dari arah jendela.
  2. Cegah Jamur. Jamur akan selalu jadi salah satu musuh besar gorden area pancuran. Selalu lindungi gorden dengan liner. Apabila Anda tidak memiliki ventilasi udara yang baik di area mandi, coba gunakan gorden vinyl.
  3. Pikirkan Gaya Interior Kamar Mandi Anda. Gaya desain yang Anda terapkan di kamar mandi, akancukup menentukan gorden seperti apa model gorden yang dirasa cocok. Ini penting, sebab tirai harus Anda upayakan tidak memiliki “gaya” yang berbenturan dengan desain area mandi secara keseluruhan. Sesuaikan juga warna tirai dengan palet warna yang ada.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang gorden kamar mandi. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya sebelum menjatuhkan pilihan. Selamat mendekorasi kamar mandi!

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id