fbpx
Hello, Guest

Gorden : Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Kegunaannya

Posted by Dhila F Khairunisa Friday, January 6 2023
Jenis Gorden

“Gorden dengan penggunaan yang tepat, dapat mempercantik tampilan ruangan”.

Interiordesign.id Gorden memiliki sejarah yang panjang, sejak terciptanya tekstil. Pertama kali digunakan tirai dibuat dari kulit hewan dan fungsinya untuk digantung diatas atau di dekat pintu. Karena terbuat dari kulit binatang, penampilannya sudah pasti kaku dan tidak nyaman untuk digunakan.

atozbi

Di jaman itu penduduk asli Amerika Utara menggunakan tirai untuk dijadikan tenda dan pintunya di desain sedemikian rupa supaya terbentuk seperti gorden lipat untuk memudahkan mereka keluar dan masuk, serta berfungsi untuk mencegah dari debu yang masuk kotoran hingga serangga.

Perkembangan tekstil waktu itu tidak kalah majunya dengan berkembangnya pakaian, tekstil awalnya hanya terbuat dari linen dan rami, seperti yang digunakan oleh Mesir Kuno yang kemudian diikuti dengan wol, katun, dan sutra.

Walaupun peradaban kuno Timur Persia, India dan China telah lama produksi tekstil dan digunakan sebagai pintu atau partisi untuk memisahkan ruangan, juga sebagai penutup suatu baguan ruangan yang terbuka, ide ini muncul dengan waktu yang lama supaya bisa diaplikasikan ke rumah-rumah Eropa dan Amerika.

Di jaman perang salib, perdagangan dengan budaya kuno telah memberikan sebuah contoh tekstil tenun yang berkualitas yang dibawa ke Eropa.

Selama itu, area produksi tekstil di negara Belanda, Italia, Inggris dan Perancis menjadi sangat terkenal dengan sutra, wol katun, dan linenya, hal ini tercipta karena terinspirasi oleh budaya dari Timur dan kemudian di adaptasi untuk selera orang Barat.

Pada abad pertengahan, kain menjadi sesuatu yang sangat langka dan mahal, hanya orang-orang kaya dan dari kalangan atas saja yang mampu memiliki barang-barang tersebut. Namun setelah era industri dan perkembangan perdagangan tekstil, harga kain mulai terjangkau. Di jaman Renaisans, jumlah rumah mulai meningkat dan terlihat seperti rumah-rumah dijaman sekarang. Banyak sekali dari rumah tersebut yang memiliki jendela kaca namun belum memakai penutup atau tirai, sehingga cahaya matahari bisa langsung masuk kedalam rumah dengan leluasa.

Demi sebuah kehangatan dan privasi, orang-orang mulai menggunakan kain yang digantung dan kemudian hal tersebut dinamakan dengan istilah tirai atau gorden. Hal ini sekaligus membantu perkembangan industri tekstil dan membuat harga dari tekstil stabil.

Hari ini kamu bisa menemukan berbagai macam bentuk, model dan bahan tirai yang cantik, dari yang berukuran kecil, besar, lebar, halus, lembut, sampai dengan yang mewah. Tirai bisa dikelompokan sesuai dengan tingkat kemudahan pembersihannya, penyerapan suara, tahan terhadap api, ultraviolet, retensi terhadap minyak dan debu, hingga keawetannya.

Penggunaan gorden yang tepat, pastinya dapat mempercantik penampilan ruangan kamu, dan tidak semua jenis gorden sesuai dengan ruangan dan desain jendela rumah kamu.

Berikut adalah jenis-jenis gorden yang harus kamu ketahui :

  • Jenis Gorden Sheer
    Sheer adalah jenis tirai yang sifatnya hanya sebatas pelapis, sebabnya, bahan yang digunakan untuk tirai ini cenderung tipis dengan warna yang kebanyakan berwarna putih polos atau dengan motif tertentu dari bahan voile. Gorden seperti ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan privasi tapi tetap menginginkan cahaya matahari tetap bisa masuk lewat jendela. Selain itu juga, bisa juga untuk digunakan sebagai pelapis dari jenis gorden lainnya.

  • Jenis Gorden Rod Pocket
    Rod Pocket merupakan jenis gorden yang paling sederhana dan menggunakan bahan kain yang ringan. Pada bagian atas terdapat lorong untuk hasil keliman, dan fungsinya untuk menggantung batang jendela. Biasanya untuk tirai ini tidak terlalu sering dibuka tutup, sesuai fungsinya hanya sebatas pembatas. Hal tersebut dikarenakan lorong keliman kurang fleksibel untuk digeser-geser.

  • Jenis Gorden Draperies
    Draperies adalah jenis tirai yang dekoratif, biasanya digunakan untuk membuat penampilan ruangan jadi lebih menarik. Namun, saat ini motif dan warnanya lebih beragam, dan untuk bahan cukup berat. Umumnya tirai ini digunakan sebagai thermal curtain yang dimana tirai mengandung bahan akrilik pada bagian lipatannya, sehingga ruangan akan terasa lebih hangat ketika musim dingin, serta mampu meredam suara dan menghalangi cahaya yang masuk.

  • Jenis Gorden Cascades
    Cascades adalah tipe gorden yang menjuntai di kedua sisi jendela, beragam variasi seperti sama panjang, atau ada yang panjang di salah satu sisinya saja.
    Umumnya cascades tidak terpisah dari swag, bagian atasnya bergelombang, dan membentuk setengah lingkaran. Dari segi bentuk sangat menawan, dan sangat cocok untuk ruangan baca ataupun kamar pribadi.

  • Jenis Gorden Valances
    Valaces sangat cantik dan memiliki nilai estetika yang baik saat ini, selain desainnya yang cantik dengan kain yang bergelombang, juga membuat penampilan jendela rumah kamu akan terlihat semakin cantik. Biasanya gorden jenis ini akan dikombinasikan dengan jenis dari cascades, kamu cukup menyesuaikan warna keduanya supaya serasi.

  • Jenis Gorden Tiers
    Sebelumnya kita telah mengenal Valances yang berfungsi menutup bagian atas jendela, maka jenis Tiers ini berguna untuk menutup bagian bawah jendela. Umumnya untuk menutupi sepertiga bawah jendela. Penggunaan tirai ini paling sesuai jika di tempatkan di jendela dapur dan kamar mandi.

  • Jenis Gorden Eyelet
    Eyelet adalah jenis tirai yang paling sering digunakan dan paling sering kita lihat belakangan ini. Bahan yang digunakan untuk jenis ini biasanya tidak terlalu berat dan menggunakan ring-ring dari besi sebagai tempat untuk menggantung di batang jendela. Dengan adanya ring ini membuat gorden mudah untuk digeser.

  • Jenis Gorden Tab Top
    Pada bagian desain sangat mirip dengan eyelet, perbedaannya ada pada ring-ring yang digunakan tidak menggunakan bahan aluminium atau yang lainnya. Namun, jenis ini menggunakan bahan kain untuk mengaitkan gorden jendela pada batangnya. Gorden ini merupakan jenis yang paling fleksibel, karena di bagian pengaitnya menggunakan kain yang sama. Ketika digunakan, tampilannya akan terlihat menggantung datar dengan lipatan-lipatan ketika dibuka.

  • Jenis Gorden Blinds
    Blinds di negara kita dikenal dengan sebutan kerai, kamu bisa menemukan tirai seperti ini di ruangan-ruangan kantor. Namun, bukan berarti gorden jenis ini tidak cocok untuk digunakan di dalam rumah. Biasanya bahannya cukup keras seperti terbuat dari kanvas, belacu, dll. Salah satu jenis blinds yang ada saat ini adalah jenis Roller Blinds, dimana gorden jendela bisa digulung menggunakan batang yang ada di pinggir jendela. Selain jenis roller, ada juga yang disebut dengan Roman Blinds, berbeda dengan roller, ketika ditarik batang yang ada di pinggir jendela, kamu akan melihat lipatan bahan ke arah atas dengan bentuk yang cukup unik.

  • Jenis Gorden Scarves
    Scarves merupakan salah satu jenis gorden yang paling mudah untuk di pasang dan dikreasikan sesuai dengan keinginan kamu. Bentuknya tidak memiliki tempat untuk menggantung seperti ring, atau bahkan kain. Jenis ini hanya berupa kain yang cukup panjang, dan dililitkan pada batang jendela sebagai dekorasi. Dengan kata lain, gorden satu ini akan memberikan aksen yang sangat menawan untuk jendela rumah kamu.

Baca selanjutnya

desain model kamar modern
Monday, October 25 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id