fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Inilah Cara Ampuh Membersihkan Sofa Kulit Sintetis

Ilustrasi cara membersihkan sofa kulit sintetis

InteriorDesign.id Sofa kulit sintetis adalah salah satu perabot furnitur yang digemari oleh banyak orang. Hal ini karena bentuknya yang estetik serta empuk dan membuat nyaman.

Meski menjadi kegemaran, perawatan dari sofa sintetis tidaklah semudah perawatan seperti kursi kayu biasa. Masalah yang biasa ditemukan pada sofa sintetis adalah seperti debu yang menempel, noda minyak, coretan, tinta, jamur, dan bau apek.

Hal tersebut yang membuat sofa menjadi kurang aman untuk diduduki. Apalagi cara membersihkan sofa kulit sintetis juga tidak bisa sembarangan. Jika salah, Anda malah bisa membuat sofa semakin kotor dan bau.

Cara Membersihkan Sofa Kulit Sintetis

Berikut cara membersihkan sofa kulit sintetis yang benar.

1. Menggunakan Deterjen Cair untuk Mencegah Sofa Terlalu Basah

Untuk membersihkan sofa kulit sintetis dari debu, Anda akan lebih mudah melakukannya dengan penyedot debu. Tapi jika kamu tidak memilikinya, maka kamu bisa menggunakan detergen cair sebagai alternatif. 

Detergen cair digunakan karena jika menggunakan air atau kain basah, maka hanya akan meratakan debu saja. Jadi, lakukanlah langkah di bawah ini agar sofa kulit sintetis bersih sempurna:

  • Pertama, Anda harus menepuk-nepuk sofa supaya debu yang menumpuk terangkat.
  • Bersihkan sisa debu membandel dengan cara mengoleskan deterjen cair tanpa air pada bagian yang debunya paling menumpuk.
  • Basahi sikat dengan sedikit air, lalu gosok-gosok bagian yang sudah diolesi detergen hingga debu terangkat.
  • Sekalah sisi deterjen dan busa menggunakan kain kering, lalu jemur dan keringkan di ruang terbuka atau Anda bisa gunakan kipas angin.

2. Menggunakan Larutan Detergen untuk Membersihkan Noda Minyak

Noda minyak pada sofa ternyata dapat menimbulkan jamur dan bau apek jika dibiarkan begitu saja. Anda bisa menggunakan larutan detergen untuk membersihkan sofa kulit sintetis. 

Anda bisa menggunakan mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi dengan larutan detergen. Hal ini akan membuat noda pada sofa kulit sintetis akan hilang. Setelah dirasa cukup, Anda bisa mengeringkannya dengan kain kering.

3. Membersihkan Noda Tinta dengan Deterjen Cair, Alkohol, atau Cuka

Jika Anda dan keluarga kerap menggunakan sofa di ruang keluarga, terutama untuk bekerja atau membuat tugas, pasti tidak luput meninggalkan noda tinta. Meski tidak menimbulkan bau dan jamur, noda ini pasti akan terasa terganggu.

Anda bisa coba membersihkannya noda tinta pada sofa kulit sintetis dengan cara berikut ini:

  • Campurkan detergen cair dan cuka sebanyak 1:1, lalu celupkan spons atau sikat pada larutan tersebut.
  • Gosok bagian sofa yang terkena tinta secara perlahan, usahakan jangan sampai membuat tinta jadi menyebar.
  • Kemudian seka sisa pembersihan menggunakan kain kering supaya tidak menimbulkan bau.
  • Pada sofa kulit, cukup celupkan kain pada alkohol jenis spiritus, lalu gosok-gosokkan pada noda tinta hingga bersih.

4. Taburkan Kopi atau Teh untuk Menghilangkan Bau pada Sofa

Penyebab sofa yang bau apek biasanya diakibatkan oleh jamur dan tumpukan noda yang membandel. Anda tidak bisa menyemprot pewangi karena malah bisa memicu pertumbuhan jamur dan membuat noda sulit dibersihkan.

Untuk menghilangkan bau pada sofa kulit sintetis, maka Anda harus membersihkan nodanya terlebih dahulu. Setelah itu, untuk menghilangkan bau, Anda bisa menaburkan kopi atau teh selama semalam dan bersihkanlah pada pagi harinya.

Sama seperti baking soda, kopi dan teh juga bisa menyerap bau dan menetralkannya, sehingga efektif untuk menghilangkan bau pada sofa.

5. Semprotkan Alkohol untuk Menghilangkan Jamur yang Menimbulkan Noda Hitam

Sofa yang ditumbuhi jamur bukan hanya membuat penampilannya terlihat kotor, tetapi juga bisa membuat kulit jadi gatal. Maka, Anda harus membersihkannya dengan tuntas. Cara membersihkan sofa kulit sintetis yang ditumbuhi jamur adalah:

  • Semprotkan campuran alkohol dan air dengan perbandingan 1:1 pada sofa kulit sintetis yang berjamur.
  • Gosok bagian yang akan dibersihkan menggunakan sikat.
  • Jika noda jamurnya terlalu tebal, maka Anda bisa tambahkan sedikit detergen.
  • Sekalah dengan kain kering dan keringkan sofa di ruangan terbuka.

Membersihkan sofa kulit sintetis tidak bisa sembarangan dan dianggap mudah. Cara-cara di atas akan membantu Anda untuk membersihkan sofa kulit sintetis sekaligus merawatnya agar tetap awet. Hunian Anda pun akan tetap terlihat estetik dan bersih. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id