fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Inspirasi Teras Rumah: Ubah Halaman Jadi Semakin Memukau 

Posted by Iqbal Mujahid Friday, August 18 2023

Interiordesign.id – Inspirasi teras rumah biasanya akan timbul saat pemilik tempat tinggal menginginkan suatu kondisi yang ingin ia rasakan setiap hari. Kondisi yang dapat dijadikan inspirasi teras rumah salah satunya adalah fungsi berdasarkan preferensi dan kebutuhan pemilik.

Selain itu, gaya arsitektur dari keseluruhan bangunan dapat dijadikan salah satu inspirasi teras rumah yang harmonis.Teras rumah dapat memiliki berbagai fungsi tergantung pada preferensi dan kebutuhan pemilik rumah. 

Beberapa fungsi umum dari teras rumah antaralain: area bersantai, ruang makan, tempat berkumpul, ruang kreasi dan taman kecil.

Kerap dijadikan tempat untuk menanam tanaman hias atau membuat taman kecil yang memberikan sentuhan alam dan keindahan visual di lingkungan rumah.

Teras merupakan usaha pemilik rumah untuk memaksimalkan lahan area eksternal baik yang terletak di depan, samping, atau belakang. Selain itu juga memberikan ruang tambahan di luar ruangan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Sumber:Pinterest

Inspirasi teras rumah dapat diambil dari fungsinya seperti area bersantai, tempat makan, berkumpul atau sebagai ruang kreatif untuk mengekspresikan hobi.

Teras rumah membuka akses langsung ke luar ruangan dan memberikan koneksi dengan alam. 

Dengan adanya teras, pemilik dapat menikmati udara segar, cahaya matahari, dan pemandangan sekitar tanpa harus pergi jauh dari rumah. 

Ruang terbuka memberikan sensasi relaksasi dan menyegarkan yang dapat meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan.

Pemilik rumah pun dapat memanfaatkan teras rumah sebagai tempat pertemuan santai, pesta kecil, atau makan malam.

Terutama jika memiliki anak-anak atau hewan peliharaan, teras rumah dapat memberikan ruang outdoor yang aman untuk mereka bermain dan beraktivitas. 

7 Inspirasi Teras Rumah Ubah Halaman Jadi Semakin Memukau 

Teras rumah dapat menjadi area yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, bersantai, atau menyambut tamu.

Dalam artikel ini akan membahas tentang beberapa rekomendasi ide yang dapat dicontek dan diterapkan pada tempat tinggal:

1. Taman Tropis

Taman tropis adalah suatu area yang didesain dan ditanami dengan tanaman tropis sehingga menciptakan suasana khas dan kaya akan keanekaragaman hayati. Menciptakan suasana yang kental dengan nuansa yang eksotis, dengan fokus pada tanaman yang tumbuh subur.

Inspirasi teras rumah tropis tercipta dengan menambahkan tanaman hijau, dedaunan lebat, dan bunga-bunga berwarna-warni. 

Sumber:Pinterest

Gunakan furnitur tahan cuaca yang nyaman, seperti kursi rotan atau sofa outdoor, untuk menciptakan tempat duduk dengan santai.

Taman tropis menciptakan suasana yang eksotis, alami, dan hijau, memberikan rasa kesegaran dan kedamaian bagi penghuninya.

2. Teras Kayu

Teras kayu adalah teras rumah yang menggunakan material kayu sebagai elemen utama pada lantai, dinding, atau langit-langitnya. Memberikan tampilan alami dan hangat yang khas, serta menambah sentuhan estetika yang menarik bagi rumah.

Gunakan lantai teras dari kayu yang indah untuk memberikan tampilan yang alami dan hangat. 

Tambahkan furniture kayu dengan bantal dan aksen warna-warni untuk menciptakan suasana yang nyaman dan mengundang.

Sumber:Pinterest

Teras kayu adalah pilihan yang populer karena memberikan tampilan yang alami, nyaman, dan memberikan sentuhan kehangatan pada rumah Anda. 

Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor perawatan dan anggaran yang diperlukan untuk menjaga teras kayu tetap dalam kondisi yang baik.

3. Teras Modern Minimalis

Teras modern minimalis adalah jenis teras rumah yang didesain dengan pendekatan minimalis dan estetika modern. Ini mencakup penggunaan garis-garis bersih, bentuk geometris sederhana, dan fokus pada fungsi praktis.

Pilih furniture dengan desain minimalis dan garis-garis bersih. Gunakan palet warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu untuk menciptakan tampilan yang elegan dan modern.

Sumber:Pinterest

Teras modern minimalis menciptakan tampilan yang bersih, simpel, dan elegan dengan meminimalkan elemen dekoratif yang berlebihan. 

Dengan pendekatan minimalis, teras ini memberikan kesan modern, terorganisir, dan menciptakan suasana yang tenang di sekitar rumah.

4. Teras Mediterania

Teras Mediterania adalah jenis teras rumah yang terinspirasi oleh gaya arsitektur dan desain yang berasal dari wilayah Mediterania, terutama negara-negara seperti Italia, Spanyol, dan Yunani. 

Memiliki ciri khas yang klasik, hangat, dan memancarkan nuansa santai serta gaya hidup ala Mediterania.

Sumber:Pinterest

Dapatkan nuansa Mediterania dengan menggunakan ubin atau batu alam pada lantai teras. 

Tambahkan furniture besi tempa yang elegan dan hiasan-hiasan seperti vas dengan tanaman hijau atau patung kecil.

5. Teras Kolam Renang

Jika Anda memiliki kolam renang, teras dapat menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai. 

Tambahkan daybed atau kursi teras yang nyaman di sekitar kolam renang untuk menikmati sinar matahari dan pemandangan yang indah.

Sumber:Pinterest

Teras Mediterania menciptakan tampilan yang klasik, hangat, dan santai dengan memadukan unsur-unsur alam, arsitektur klasik, dan desain yang elegan. 

Ini memberikan suasana yang tenang, alami, dan mengundang di teras rumah Anda.

6. Teras Atap

Teras atap, juga dikenal sebagai rooftop terrace, adalah teras atau ruang terbuka yang terletak di bagian atas bangunan atau atap. 

Ini merupakan area yang dirancang khusus untuk bersantai, bersosialisasi, atau menikmati pemandangan di atas bangunan.

Sumber:Pinterest

Jika teras Anda memiliki atap, Anda dapat menghiasnya dengan lampu-lampu gantung yang indah atau tirai tipis untuk menciptakan suasana romantis pada malam hari. 

Tambahkan juga beberapa tanaman gantung untuk memberikan kesan yang lebih hidup.

7. Teras dengan Api Unggun

Teras api unggun, atau fire pit patio, adalah area teras yang dirancang dengan tujuan khusus untuk memasang atau membangun api unggun. 

Ini menciptakan ruang outdoor yang nyaman untuk menikmati kehangatan dan keindahan api unggun, serta berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di sekitar api.

Ciptakan suasana yang hangat dan romantis dengan menambahkan area api unggun atau bakaran. 

Sumber:Pinterest

Tempatkan kursi-kursi yang nyaman di sekitarnya untuk menciptakan tempat berkumpul yang nyaman pada malam hari.

Teras api unggun menciptakan ruang outdoor yang nyaman dan menarik untuk bersantai dan berkumpul di sekitar api yang hangat. Ini adalah tempat yang sempurna untuk membuat kenangan yang indah dengan keluarga dan teman-teman dalam suasana yang hangat dan intim.

Penutup

Inspirasi teras rumah akan timbul saat pemilik tempat tinggal menginginkan suatu kondisi yang ingin ia rasakan setiap hari.

Tidak ada salahnya mengkombinasikan berbagai konsep konsep untuk inspirasi teras rumah yang sesuai dengan preferensi pribadi. 

Penting untuk mempertimbangkan ukuran dan gaya rumah serta lingkungan sekitar agar teras rumah terintegrasi dengan baik dan menciptakan suasana yang menarik.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id