fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Jadikan Interior Cafe Makin “Kekinian” dengan Konsep Kontemporer

Posted by Jovan Kesuma Sijoatmojo Friday, May 21 2021
interior cafe

8 tips bagaimana menerapkan gaya kontemporer ke dalam interior cafe.

Estimated reading time: 6 minutes

Interiordesign.id – Saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang paling diminati oleh kalangan milenial, terutama di bidang cafe. Café dengan konsep yang menarik dan kekinian kini menjamur di berbagai kota besar di Indonesia.

Apa yang menjadi faktor cafe menjadi sangat populer? Salah satu indikatornya adalah soal pemilihan gaya dan konsep desain interiornya. Interior cafe dirancang unik dan sangat menarik perhatian. Selain kenyamanan, interior cafe adalah salah satu daya tarik.

Nah, dari sekian banyak cafe dengan konsep interiornya, sepertinya konsep kontemporer manjadi gaya yang paling banyak digunakan. Selain tentu saja industrial.

Pertanyaannya kemudian, apa yang dimaksud dengan konsep interior kontemporer? Bagaimana konsep interior kontemporer ini diterapkan ke dalam cafe?

Mari kita mulai dari pertanyaan pertama, apa itu konsep interior kontemporer?

Apa itu konsep kontemporer

Konsep desain kontemporer pada awalnya merupakan konsep yang berkembang pada era 1920an. Ini sebagai respon dari kemajuan teknologi dan perubahan sosial masayarakat pada masa perang dunia.

Interior kontemporer merupakan gaya desain “kekinian” atau desain yang tidak terkekang oleh waktu. Gaya desain kontemporer tidak terikat oleh sebuah era dan bersifat dinamis. Itulah sebab ini dapat terus diperbarui sesuai dengan tren yang ada.

Gaya desain interior kontemporer menunjukan “kedewasaan” masa sekarang. Ia tidak menampilkan kesan futuristik apalagi memertahankan ciri desain yang dibawa pada era sebelumnya.

Tidak jarang juga konsep kontemporer susah dibedakan dengan konsep modern. Salam satu cara mudah membedakannya bisa dilihat dari tren yang sedang berkembang, mulai dari warna, inovasi, maupun model furniture.

Konsep Kontemporer melahirkan penampilan interior ruang yang rapi dan bersih. Gaya desain ini menjadi salah satu style interior yang bisa dibilang sangat praktis dan tidak rumit. Penggunaan perabotan atau furniture dalam interior kontemporer juga biasanya memiliki model-model ramping dan simpel.

interior cafe gaya kontemporer
Interior cafe gaya kontemporer. ~ via malangculinary.com

Penjelasan lebih detail mengenai apa itu konsep interior kontemporer, bisa baca artikel berikut:

[1] Desain Interior Kontemporer: Pengertian, Asal-usul, dan Ciri Khas
[2] Perbedaan dan Ciri Khas Gaya Desain Interior Kontemporer dengan Gaya Desain Interior Modern

Sekarang mari kita bahas bagaimana penerapan gaya desain kontemporer ke dalam interiro cafe.

Tips Interior Cafe gaya Kontemporer

Berikut adalah beberapa tips bagaimana menerapkan konsep kontemporer ke dalam interior cafe.

1. Penggunaan material berbahan alami

Saat ini penggunaan material dengan tekstur bahan alami sangatlah digemari. Material-material dengan tekstur alami seperti kayu, slate, kain, dan batu, diklaim mampu lahirkan suasana ruang yang terasa lebih “hidup”.

Material-material alami ini juga adalah soal “kekinian”. Itulah sebab, gaya interior kontemporer saat sekarang banyak menggunakannya untuk mendapatkan suasana ruang yang lebih natural.

Interior cafe akan terasa sangat “kekinian” dengan penggunaan material-material berbahan alami ini.

2. Pencahayaan yang terang di setiap sudut ruang

​Pencahayaan adalah salah satu faktor penting dalam desain interior, tidak terkecuali dalam interior kontemporer.

Pencahayaan memiliki peran yang sangat besar dalam perubahan suasana ruangan. Ini memperkuat elemen desain interior, dan bisa menjadi focal point yang menambah daya tarik ruang.

pencahayaan interior cafe gaya kontemporer
Pencahayaan interior cafe. ~ behance.net

Dengan kemajuan teknologi dan berbagai inovasi terbaru di bidang pencahayaan ruangan, menambah “kemegahan” gaya interior kontemporer.

Model pencahayaan pada setiap sudut ruangan cafe misalanya, ini melahirkan kenyamanan, juga memberikan kesan modern, kekinian, dan suasana yang hangat.

3. Penggunaan warna-warna netral

Warna adalah salah satu elemen desain yang memiliki kekuatan “magis”. Kita tidak bisa sembarang saat memutuskan pilihan warna cat interior, tidak terkecuali interior cafe.

Pilihlah warna-warna netral. Ini merupakan pilihan warna terbaik untuk interior bergaya kontemporer.

Warna-warna netral jadikan interior cafe tampak lebih elegan dan bersih. Ini selaras dengan semangat konsep kontemporer.

interior cafe dengan warna netral
Warna netral dalam interior cafe. ~ via wallpaper.com

4. Dekorasi simpel, sederhana, dengan fungsionalitas yang baik

Interior cafe tidak akan terlihat cantik tanpa dekorasi yang menarik.

Penggunaan berbagai elemen dekoratif dengan bentuk yang simpel, sederhana, dan fungsional bisa memberikan tambahan penampilan terbaik ke dalam interior bergaya kontemporer.

Seperti tampak pada gambar di bawah. Selain sebagai dekorasi, aksen zigzag line memiliki fungsi sebagai sarana penerangan.

interior cafe kontemporer
Interior cafe kontemporer. ~ via indesignlive.com

5. Elemen garis sederhana dan dekoratif

​Dalam desain kontemporer, elemen desain adalah hal yang krusial dan penting yang memengaruhi suasana. Elemen garis salah satunya. Ini merupakan salah satu elemen interior yang paling banyak digunakan dalam interior cafe yang menerapkan prinsip-prinsip desain kontemporer.

Penggunaan elemen garis ini biasanya paling sering digunakan pada bagian dinding dan juga atap. Elemen ini sekaligus sebagai aksen serta penanda untuk suatu informasi.

Interiro cafe. ~ via Metaphor Interior Architect

6. Pengaplikasikan Teknologi Terkini

​Desain kontemporer selalu mengikuti tren dan mencoba mengaplikasikannya ke dalam gagasan dan prinsip-prinsipnya. Tidak terkecuali tren teknologi, atau penggunaan teknologi.

Untuk menjadikan interior cafe makin terlihat kekinian, manfaatkan dan aplikasikan perkembangan teknologi terbaru. Seperti penggunaan motion sensor untuk menyalakan lampu, penggunaan tablet untuk memesan makanan, dan yang saat ini sedang hype adalah pelayanan makanan menggunakan rel berjalan.

Interior cafe kontemporer. ~ via trendhunter.com

7. Keluar dari aturan aturan konvensional

Karena konsep kontemporer merupakan perkembangan dari berbagai macam aliran atau gaya interior, ia seperti tidak memiliki batas.

Menambahkan elemen elemen desain bergaya klasik atau industrial tidak haram dilakukan. Kontemporer adalah soal yang terkini, dan ini bisa dilakukan dengan bebas mengekspresikan berbagai sentuhan dan ciri khas gaya lain ke dalamnya.

8. Penataan Ruangan yang lebih terbuka dan minim sekat

​Konsep kontemporer banyak menggunakan open space layout. Tata ruang terbuka dan minim sekat ini membuatnya terasa lebih terbuka dan fleksibel. Keterbukaan ini juga melahirkan suasana ruangan dengan pencahayaan dan penghawaan yang maksimal.

Di samping itu, penataan ruangan yang terbuka menjadikan interior cafe memiliki kesan lebih luas dan lapang. Pengaturan perabot dan juga tata letak terasa lebih leluasa karena tidak banyak sekat pemisah antar ruang.

Interior cafe dengan layout terbuka minim sekat. ~ via dwell.com

Nah, itulah 8 tips bagaimana menata interior cafe dengan prinsip-prinsip desain kontemporer. Manjadikannya semakin terlihat kekinian dan keren bukan?


Jovan Kesuma Sijoatmojo

Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya.
A trustworthy and responsible person that coming with crazy idea to make a better design in modern way and always dealing with the times.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id