4 Tren Interior Dapur; Desain Dapur dengan Fitur-fitur Canggih

Posted by HinaYana  •  4 days ago

Banyak pemilik rumah mengintegrasikan peralatan elektronik dan berbagai appliance baru dengan fitur berteknologi tinggi. Tren interior dapur terbaru dengan fitur-fitur canggih.

Interiordesign.id – Dalam sebuah studi mengenai rancangan ruang dapur terbaik oleh Houzz, ditemukan bahwa sebagian besar orang menginginkan rancangan interior dapur yang sehat. Dapur yang dapat mengakomodasi kebutuhan menyiapkan makanan-makanan sehat, mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga makanan-makanan rumahan terbaik.

Sementara untuk pilihan gaya desain, meski gaya interior kontemporer masih sangat populer, para milenial, -menurut laporan dan studi tersebut, lebih menginginkan dan memilih gaya farmhouse. Sedangkan baby boomers lebih memilih konsep interior tradisional.

Sentuhan teknologi bukan lagi menjadi sesuatu yang asing untuk dapur-dapur modern.

Untuk pilihan material, marmer dan kuarsa banyak digunakan karena alasan keawetan serta kemudahan saat membersihkan.

Dan menyoal besaran ruang, mayoritas pemilik dapur lebih menginginkan ukuran lebih besar untuk dapur mereka. Konsep terbuka menjadi sangat populer; baik terbuka dan menyatu dengan ruangan lain ataupun dengan alam.

Persoalannya kemudian, yang namanya tren akan terus mengalami perubahan. Meski studi dari Houzz memberi gambaran mengenai kecenderungan seperti apa desain dapur yang para pemilik hunian inginkan, ia bukanlah ukuran yang pasti. Desain dapur, dan konsep interior secara umum akan terus berubah.

Pertanyaanya, tren interior dapur seperti apa yang akan banyak disukai para pemilik hunian saat sekarang? Mari kita simal sedikit penjelasannya.

tren interior dapur

~ via Houzz

Tren Interior Dapur #1: Peralatan Baru yang Terintegrasi/built-in

Survey tahun 2018 lalu oleh Houzz ke lebih dari 1700 pemilik rumah di Amerika Serikat, menemukan bahwa sebagian besar pemilik rumah mengaku terobsesi untuk menjadikan dapur mereka lebih tertata rapi dan terkoordinasi dengan sangat baik.

Kabinet built-in, tempat pembuangan sampah terintegrasi, sebuah bar, adalah salah satu model rancangan dapur yang akan populer. Semua serba terintegrasi dan mungkin terotomatisasi. Model-model dan rancangan terbaru kitchen set, bisa Anda cek di sini.

interior dapur

~ via AnnsAtic

Tren Interior Dapur #2: Fitur dan Material (granit vs kuarsa)

Countertops adalah fitur favorit di ruang dapur. Sementara material kuarsa menjadi bahan/material yang paling populer untuk meja, menggantikan popularitas granit.

Meski begitu, granit masih menjadi pilihan utama untuk dapur-dapur di rumah-rumah di pedesaan.

interior dapur

~ via home edit

Bacaan terkait: Kesalahan Desain dan Dekorasi Dapur

Tren Interior Dapur #3: Gaya Desain

Gaya interior transisional mengemuka dan menjadi jalan untuk menjembatani gaya desain modern dan tradisional. Selain itu, gaya interior kontemporer dan gaya farmhouse juga banyak diinginkan para pemilik tempat tinggal.

interior dapur

Penampilan interior dapur gaya transisional. ~ via craft design and remodeling

Bacaan terkait: Perbedaan dan Ciri Khas Gaya Desain Interior Kontemporer dengan Gaya Desain Interior Modern

Tren Interior Dapur #4: Teknologi

Sentuhan teknologi bukan lagi menjadi sesuatu yang asing untuk dapur-dapur modern. Banyak pemilik rumah mengintegrasikan peralatan elektronik baru dan berbagai appliance baru dengan fitur berteknologi tinggi. Seperti kontrol nirkabel atau pengenalan suara.

Preferensi ini terus berkembang sebagai sebuah inovasi, seperti layaknya seorang asisten rumah tangga, menggantikan model-model teknologi lama dan usang.

tren teknologi dalam interior dapur

tren teknologi dalam interior dapur; interior dapur canggih

~ via good home design

Nah, itulah 4 tren desain dapur terbaik yang banyak diinginkan oleh para pemilik rumah.

Keputusan untuk mengikuti tren mungkin saja tidak dapat dipungkiri atau dihindari. Namun, semuanya tergantung kepada Anda, apakah akan mengikuti tren yang ada? atau berusaha menciptakan sebuah tren baru sesuai personal style Anda?

Penting untuk diingat, Andalah pemilik rumah dan dapur, tentu Anda sendiri yang mengetahui secara persis apa yang dibutuhkan untuk interior dapur di rumah Anda. Yang mesti diperhatikan adalah; jangan pernah lupakan fungsionalitas. Ia, meski selalu menjadi pertimbangan utama, tetapi seringkali terabaikan demi untuk mengejar penampilan. Putuskan yang terbaik, menurut Anda dan kebutuhan Anda.

Jadi, sudah siapkah Anda mengubah interior dapur di rumah Anda menjadi lebih canggih, keren, dan juga fungsional?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader