fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Kamar Apartemen Sewaan; Bagaimana Cara Mendekorasinya?

Posted by Iqbal Mujahid Monday, August 23 2021
interior apartemen

Kamar apartemen yang Anda sewa tidak harus selalu memiliki dekorasi yang standar sesuai dengan setelan awalnya. Anda selalu bisa mendekorasinya dengan berbagai hal yang tidak meninggalkan kerusakan.

Estimated reading time: 6 minutes

Menyewa kamar apartemen rupanya memiliki banyak manfaat. Anda tidak perlu berurusan dengan toilet yang meluap, menyewa tukang kebun untuk mengurus halaman, atau mengeluarkan dana untuk memperbaiki atap. Selain itu, menyewa kamar ini pun cocok untuk Anda yang tinggal di kota tertentu dalam waktu jangka pendek.

Namun, penting untuk diingat, ada pula kekurangan dari menyewa kamar apartemen. Harga sewanya bisa terus meningkat, serta Anda terkadang tidak punya hak untuk mengganti misalnya cat, atau lantai apartemen yang Anda sewa.

Saat Anda memutuskan untuk tinggal di kamar apartemen, Anda pasti akan memiliki kamar tidur format apartemen pada umumnya dengan cat putih yang cukup membosankan di dinding. Kehadiran warna netral ini memang tidak salah dan bersifat aman. Ia bisa cocok dengan perabotan apapun yang Anda bawa. Selain itu, warna putih pun bisa membuat kamar Anda terlebih sedikit lebih besar.

Hanya karena Anda menyewa kamar Anda, bukan berarti Anda tidak bisa tinggal di dalam kamar yang memiliki dekorasi sesuai dengan yang Anda mau. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi kamar apartemen sewaan Anda ini tanpa meninggalkan kerusakan.

Berikut adalah ketujuh tipsnya untuk Anda:

#1 Hiasi Langit-Langit Kamar Apartemen dengan Stiker

Hal pertama yang bisa Anda dekorasi dari kamar Anda adalah bagian atasnya atau langit-langit. Anda bisa menempelkan stiker untuk memecahkan sifat monoton dari langit-langit kamar Anda. Anda perlu menemukan stiker kupas-tempel yang cocok untuk langit-langit kamar Anda. Pastikan stiker Anda dapat dilepas dengan mudah agar tidak meninggalkan bekas.

Langit-langit Anda yang sebelumnya monoton, kini bisa terlihat lebih glamor, elegan, dan imajinatif. Anda tidak perlu repot mengganti jenis lampu kamar, dan bisa memilih stiker langit-langit yang dirasa paling pas untuk kamar apartemen sewaan Anda.

#2 Ganti Gagang Pintu Kamar Anda

Dari pada memiliki gagang pintu yang amat membosankan, Anda sebaiknya menggantinya dengan gagang pintu yang terasa spektakuler. Meski Anda membutuhkan beberapa peralatan selain obeng untuk mengganti gagang pintu ini, Anda memiliki beragam jenis gagang pintu untuk dipilih.

Anda bisa memilih kenop kaca bergaya Victoria, tuas ramping yang bergaya kontemporer, gagang pintu berdesain country, atau kenop pintu keramik yang dilukis dengan tangan. Tetap simpan gagang pintu lama Anda agar ia bisa Anda pasang kembali saat pindah suatu hari nanti.

#3 Pasang Wallpaper yang Bisa Dilepas dengan Mudah dari Dinding Kamar Apartemen Anda

wallpaper kamar apartemen
via Etsy

Hiasan dinding satu ini biasanya memerlukan “komitmen penuh” dari penggunanya. Namun bagi Anda yang tinggal di kamar apartemen sewaan tetap bisa mengandalkan wallpaper sebagai bagian dari dekorasi kamar Anda. Asalkan Anda memilih wallpaper yang dapat dengan mudah dilepas-pasang.

Saran penempatan wallpaper lepas-pasang pada kamar apartemen Anda adalah di area kepala tempat tidur.

Anda bisa menghadirkan aksen wallpaper di sana. Jangan ragu untuk memilih beragam pola wallpaper yang cerah dan besar. Namun, jika Anda berniat untuk memasang wallpaper ini di sekeliling dinding kamar Anda, pastikan pola yang Anda pilih bersifat lembut agar Anda tertidur lebih nyenyak.

#4 Hadirkan Permadani di dalam Kamar Apartemen

Meski mungkin kamar apartemen Anda sudah memiliki karpet di dalamnya, bukan berarti tidak mungkin bagi Anda melapisi bagian atasnya dengan karpet baru. Anda bisa menghadirkan permadani yang sesuai dengan keinginan Anda di kamar Anda ini. Pilih permadani yang memilki warna, pola, serta tekstur yang kontras pada ruangan Anda.

Apabila kamar tidur Anda kecil, Anda bisa memilih permadani yang cukup besar dan dan dapat mengakomodir tempat tidur serta nakas Anda di atasnya. Jika Anda menyukai permadani yang lebih kecil, pilih permadani yang bisa melapisi area kaki ranjang.

Namun, apabila Anda suka permadani yang jauh lebih kecil lagi, pakai keset kecil yang bisa Anda jadikan pijakan kaki saat Anda beranjak dari ranjang di pagi hari.

Portfolio: Desain Interior Apartemen Gaya Modern Natural, Jatibening, Bekasi

#5 Pasang Treatment pada Jendela

Sebagian besar kamar apartemen memiliki kerai mini putih pada jendela kamar tidurnya. Atau biasanya, ada kerai vertikal pada kamar apabila jendelanya berukuran besar atau terdapat pintu geser yang menyambung ke balkon.

Kerai ini ada untuk memberikan privasi pada penghuni kamar serta mencegah masuknya cahaya ke dalam ruangan. Treatment jendela satu ini memang tidak banyak memberikan elemen dekoratif pada kamar.

Namun, Anda bisa menambahkan treatment lain pada jendela Anda. Anda tinggal memakai gorden cantik yang dapat memberikan privasi pada kamar Anda. Jangan hanya memanfaatkan kerai, karena ia tidak terlalu menarik secara visual.

#6 Pergunakan Selotip Washi

via Etsy

Selotip Washi memberikan warna dan berpengaruh cukup besar di dunia DIY dan kerajinan sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2000-an. Sejak saat itu, popularitas selotip ini belum juga surut.

Mengapa demikian? Karena selotip Washi hadir dalam berbagai warna, pola, dan ukuran yang hampir tak ada habisnya. Selotip ini ditemukan oleh perusahaan selotip Jepang yang bernama Kamoi Kakoshi pada tahun 2006. Selotip Washi mudah menempel di mana saja, serta mudah untuk dilepas tanpa meninggalkan kerusakan pada dinding.

Jadi, mulailah hias kamar apartemen Anda dengan satu atau dua gulungan selotip Washi. Berikut adalah beberapa rekomendasi dekorasi yang bisa Anda buat dengan selotip Washi:

  • Buat desain geometris dengan selotip Washi pada dinding Anda
  • Gunakan selotip ini untuk menulis frasa, kata, atau puisi favorit Anda di atas tempat tidur
  • Percantik pintu lemari dengan berbagai desain selotip Washi yang ditempel di sana

#7 Pasang Lampu Sambungan

Kamar apartemen sewaan yang Anda punya kemungkinan memiliki perlengkapan langit-langit yang membosankan. Bahkan ada pula apartemen yang tidak memiliki perlengkapan langit-langit sama sekali. Keadaan ini bisa mendorong Anda untuk menambahkan cahaya ekstra pada ruangan.

Anda bisa memasang lampu sambungan yang bersifat dekoratif di samping tempat tidur Anda. Hal ini bisa Anda lakukan selama terdapat sambungan listrik di bawah tempat tidur Anda atau di sampingnya. Pasang perlengkapan lampu ini ke dinding. Pilih lampu dengan gaya yang sesuai dengan kamar Anda.

Terdapat beragam gaya lampu sambungan yang bisa Anda pilih. Ada yang bergaya country, kontemporer-edgy, industrial yang mencolok, tradisional yang tenang, retro, dan masih banyak lagi.

Itulah ketujuh hal yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi kamar apartemen sewaan Anda. Kesemua dekorasi di atas tidak akan meninggalkan kerusakan pada ruangan saat Anda memutuskan untuk pindah dari apartemen Anda sekarang. Selain itu, dekorasi ini pun bisa membuat area Anda ini terlihat menarik secara visual.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id