fbpx
Hello, Guest

Kamar Mandi: Pengertian, Tipe dan Unsur-unsur serta Desain

Posted by Gabriella Calysta Taslim Friday, November 11 2022
Ilustrasi kamar mandi.

Interiordesign.id – Pengertian Kamar mandi memiliki fungsi vital untuk membersihkan diri sekaligus menjadi tempat relaksasi.

Dapat dipastikan, kamar mandi memiliki suhu yang paling sejuk dibandingkan ruangan rumah lainnya. Hal inilah yang dapat menjadikan kamar mandi sebagai tempat untuk relaksasi sekaligus mencari inspirasi.

Saat hendak membangun sebuah rumah, sangat penting untuk mengetahui jenis kamar mandi. Sebagian besar rumah memiliki satu atau lebih jenis kamar mandi, yakni kamar mandi lengkap, kamar mandi tiga perempat, atau kamar mandi setengah, dalam berbagai kombinasi.

Pengertian Kamar Mandi

Kamar mandi adalah tempat yang digunakan untuk membersihkan tubuh. Sesungguhnya, kamar mandi dapat memberi tahu karakteristik pemilik rumah.

Jika rumah dapat menampung enam orang keluarga mereka dengan nyaman, kemungkinan keluarga tersebut memiliki dua kamar mandi lengkap atau setidaknya satu kamar mandi lengkap dan satu kamar mandi yang lebih kecil.

Di dalam kamar mandi, terdapat penampungan air seperti bak maupun shower. Kamar mandi juga kerap dilengkapi dengan kaskus sebagai fungsi untuk buang air kecil dan buang air besar.

Dalam merancang pembuatan kamar mandi sendiri, juga terkadang memikirkan aspek estetika. Seperti menambahkan fungsi wastafel, cermin, meja rias, dan bathtub dengan fasilitas air panas dan dingin.

Tipe kamar mandi dianggap memiliki seperempat dari empat komponen dengan unsur kamar mandi yang diperhitungkan, seperti toilet, wastafel, shower, dan bathtub

Tipe-tipe Kamar Mandi dan Unsur-unsurnya

1. Kamar Mandi Lengkap

Kamar mandi lengkap memiliki kombinasi toilet, wastafel, shower, dan bathtub/shower atau bathtub dan shower yang terpisah.

Sebagian besar rumah setidaknya memiliki satu kamar mandi lengkap yang dapat mengemas banyak fungsi ke dalam ruang yang relatif kecil. Umumnya, satu kamar mandi lengkap dapat ditemui di dalam rumah dengan dua kamar tidur.

2. Kamar Mandi Utama

Kamar mandi utama adalah kamar mandi yang terhubung ke kamar tidur utama atau ruangan terbesar di rumah. Biasanya, kamar mandi utama adalah kamar mandi lengkap atau kamar mandi tiga perempat.

Selama rumah memiliki dua kamar mandi, maka kamar mandi utama menambah nilai yang besar untuk sebagian besar rumah.

Jarang ada rumah yang hanya memiliki satu kamar mandi utama, karena hal tersebut dapat menyulitkan pengguna yang tidak tidur di kamar tidur utama untuk mengakses kamar mandi di malam hari.

3. Kamar Mandi Tiga Perempat

Kamar mandi tiga perempat memiliki toilet, wastafel, dan shower terpisah atau bathtub terpisah. Semakin banyak kamar mandi yang dibangun dan direnovasi tanpa bak mandi, maka akan cenderung menggunakan shower. Dalam pengertian ini, kamar mandi tiga perempat adalah kamar mandi lengkap yang sudah mulai menyatu satu sama lain.

4. Kamar Mandi Setengah

Kamar mandi jenis ini biasanya memiliki toilet dan wastafel. Toilet setengah juga disebut kamar rias atau kamar mandi tamu. Tipe kamar mandi ini memungkinkan lebih banyak privasi bagi pemilik rumah, karena pengunjung dapat menggunakan toilet dan mandi tanpa memasuki area kamar tidur.

Hal tersebut dikarenakan unsur kamar mandi setengah difungsikan untuk penggunaan singkat dan terbatas oleh pengunjung. Bahkan biasanya hanya memiliki ruang penyimpanan minimum.

5. Kamar Mandi Seperempat

Jenis ini adalah ruangan kecil yang berisi toilet atau bilik shower. Kamar mandi seperempat sering disebut toilet utilitas atau shower utilitas.

Kamar mandi seperempat terkadang dapat ditemukan di ruang bawah tanah atau tingkat yang lebih rendah dari rumah tua. Tipe kamar mandi ini sering dipasang oleh pemilik rumah untuk pekerja di rumahnya seperti tukang kebun untuk menggunakan kamar mandi tanpa harus berjalan masuk ke rumah.

Contoh Desain Kamar Mandi

Desain kamar mandi dapat sesungguhnya dapat disesuaikan dengan gaya rumah Anda secara keseluruhan. Berikut contoh desain kamar mandi yang bisa jadi inspirasi.

1. Kamar Mandi Minimalis

Desain Kamar Mandi Minimalis

Penggunaan lantai berwarna hitam dengan motif sarang lebah dapat menonjolkan nilai estetika dari kamar mandi dengan desain minimalis.

Meski merupakan kamar mandi kecil, namun dengan menambahkan partisi kaca pada area kamar mandi ternyata dapat memberi kesan luas. Partisi kaca tersebut juga dapat melindungi bagian toilet dan wastafel agar tetap kering.

2. Kamar Mandi Colorful

Kamar Mandi Colorful

Dengan menggunakan warna cerah, maka akan membuat kamar mandi Anda semakin nyaman digunakan. Aktivitas membersihkan diri pun dirasa jadi menyenangkan. Menggunakan warna-warna cerah di bagian dinding, dapat membuat kamar mandi yang sederhana terasa mewah. Dengan keramik yang bercorak juga dapat memperkuat kesan elegan yang mengagumkan.

3. Kamar Mandi Maskulin

Kamar Mandi Maskulin

Berbeda dengan kamar mandi yang penuh warna, jika Anda ingin memperlihatkan kesan kuat, maka desain maskulinlah yang paling tepat. Coba aplikasikan warna gelap yang elegan seperti warna hitam dan coklat muda. Kamar mandi tersebut akan terlihat elegan dan mewah meski berada di lahan yang mungil.

4. Kamar Mandi Elegan Seperti di Hotel

Selain mengutamakan aspek estetika, jika Anda ingin sekaligus relaksasi di kamar mandi, maka desain elegan seperti di hotel bisa jadi pilihan.

Anda bisa mengkombinasikan dinding bata abstrak pada area untuk mandi serta dinding berwarna krem di area wastafel. Anda juga bisa menambahkan tanaman seperti lidah mertua untuk menambah kesan segar dan elegan di kamar mandi.

Kamar mandi ternyata menjadi unsur penting dalam pembangunan rumah Anda. Dengan memahami tipe dan unsur kamar mandi, maka Anda pun juga dapat menentukan desain yang cocok untuk kamar mandi di rumah impian.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id