fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Motif Keramik Kamar Mandi yang Cantik dan Unik

Posted by Rio Stefanus Monday, March 22 2021
interior apartemen gaya industrial

Model dan motif keramik seperti apa agar lantai dan juga dinding kamar mandi terlihat lebih cantik?

Estimated reading time: 7 minutes

Interiordesign.id – Kamar mandi merupakan salah satu bagian dari rumah yang tidak bisa dilewatkan dalam urusan dekorasi. Selain karena ruangan tersebut merupakan salah satu area penting pada sebuah rumah, desain kamar mandi yang menarik dapat memberikan rasa nyaman dan “sensasi” yang berbeda bagi pemilik rumah.

Nah, menyoal desain kamar mandi, bukan hanya urusan tema atau style interiornya saja yang harus diperhatikan, tetapi pemilihan material juga sangat penting. Meski ruangan ini selalu menjadi yang paling kecil dari ruangan-ruangan lainnya, tetapi anggaran dekorasi yang dikeluarkan untuk mendapatkan tampilan terbaik tidak akan kalah dengan ruangan lainnya tadi.

Salah satu material yang sering disinyalir menyedot anggaran dalam dekorasi kamar mandi adalah keramik.

Material keramik memang cukup penting dalam menjadikan interior kamar mandi bisa terlihat lebih estetik. Terutama penggunaan motifnya yang sangat beragam dan bervariasi.

Problemnya, tidak mudah memilih motif, jenis, corak, ukuran keramik. Ini juga tidak bisa dilakukan sembarang. Apalagi jika ruangan kecil seperti kamar mandi menggunakan konsep interior tertentu yang spesifik, sehingga motif dan jenis keramiknya pun mesti menyesuaikan.

Nah, untuk memberi Anda gambaran, ada beberapa hal yang mesti dijadikan pertimbangan saat Anda berencana menggunakan keramik di kamar mandi.

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

Keramik merupakan pilihan paling tepat untuk digunakan pada area kamar mandi karena memiliki corak yang sangat beragam. Ini akan memermudah kita untuk menyesuaikan dengan konsep interior yang ingin digunakan.

Di samping itu, selain alasan motif, material keramik sangat teruji dan memiliki tingkat ketahanan. Terhadap rembesan air, maupun ketahanan terhadap area lembab.

Berikut adalah pertimbangan-pertimbangan menentukan jenis keramik, mulai dari motif, ukuran, hingga warna.

interior kamar mandi

 1. Pilih Keramik Porselen dan Batuan

Keramik porselen dan juga batuan memiliki ukuran serta bentuk yang cukup bervariasi. Jenis keramik ini juga memiliki kemudahan dalam proses pemasangannya.

Batuan tentu menjadi material tepat untuk digunakan pada kamar mandi khususnya untuk area shower yang selalu basah. Namun, jangan lupakan untuk memberi bahan pelapis tambahan agar tahan terhadap rembesan air.

2. Keramik Kamar Mandi berwarna Cerah

Karena kamar mandi adalah area yang basah, maka lebih baik menggunakan keramik dengan warna yang cerah, sebab jika menggunakan warna gelap akan meninggalkan kerak serta noda berwarna putih atau abu-abu pada saat ruangan mengering.

Meski begitu, terdapat juga beberapa warna gelap yang cocok digunakan untuk kamar mandi, yaitu hitam, cokelat, dan merah gelap.

3. Sesuaikan Corak Keramik dengan Konsep Interior

Usahakan memilih model keramik yang selaras dengan konsep desain interior yang digunakan. Di samping model, pilih juga yang memiliki permukaan agak kasar. Ini dilakukan agar ruangan tidak licin.

4. Menggunakan Ukuran yang Tepat

Perhitungkan dan pertimbangakn ukuran keramik.

Untuk bagian dinding, pilih ukuran yang agak kecil. Sementara untuk lantai, gunakan ukuran yang agak lebih besar. Atau sebenarnya ini bisa dibalik, tergantung kebutuhan dan konsep desain interior yang digunakan.

5. Jangan Lupakan Perawatan

Meskipun keramik lantai kamar mandi memiliki sifat yang awet dan tahan lama, tetapi ini tetap membutuhkan perawatan. Perawatan dilakukan terutama yang berhubungan dengan kebersihan.

Model, Motif, dan Corak Keramik

Berikut adalah beberapa motif, model, dan atau corak keramik kamar mandi yang bisa kita gunakan saat untuk mendesain kamar mandi agar ruangan ini makin nyaman sekaligus memiliki penampilan yang cantik.

1. Motif Platinum

Jika menginginkan penampilan kamar mandi yang elegan dan eksotis, gunakan keramik motif platinum. Memiliki warna yang elegan, keramik motif platinum dijamin mampu menjadikan interior kamar mandi terlihat semakin menarik.

Salah satu keunggulan keramik jenis platinum adalah ia memiliki warna-warna gold atau keemasan. Selain itu, keramik platinum juga lebih mudah dalam mengatur kelembaban udara sehingga ruangan kecil seperti kamar mandi pun bisa lebih terasa nyaman dan menyegarkan.

interior kamar mandi
~ via Bell Heritage

2. Motif Fish Scale

motif keramik fish scale
~ via livingetc.com

Keunikan dari motif keramik ini adalah teksturnya yang menyerupai sisik ikan. Konsep keramik ini berasal dari arsitektur bergaya Victoria.

Cobalah aplikasikan pada bagian dinding, lalu pilih motif yang berbeda pada lantai agar tampilan kamar mandi terlihat lebih eye catching.

3. Motif Kayu

Saat ini sudah banyak sekali produsen keramik yang menghadirkan motif kayu yang tahan air. Motif keramik ini cocok untuk Anda yang menyukai suasana natural di kamar mandi.

Tipsnya, saat menggunakan keramik motif ini, pastikan untuk melapisinya denganlapisan anti slip, terutama pada area basah.

Tampilan kamar mandi dengan penggunaan keramik motif ini melahirkan kesan hangat yang membuat siapapun yang datang ke rumah bakalan sangat terkesan dengan penampilan interiornya.

keramik kamar mandi motif kayu
~ via sefa stone

4. Motif Caspari

~ via toppstiles.co.uk

Perlu diketahui bahwa model keramik ini merupakan salah satu motif klasik yang bernuansa pertengahan abad, terlihat sederhana tetapi menampilkan kemewahan. Melahirkan kenyamanan ekstra ke dalam interior kamar mandi.

Salah satu kelebihannya adalah ini memiliki tekstur yang cukup kasar sehingga tidak akan membuat air mudah menggenang.

5. Motif Khas Timur Tengah

Motif ini sangat cocok untuk dijadikan aksen manis pada kamar mandi. Namun, jika Anda terlalu banyak memasang keramik motif ini, kamar mandi bisa terlihat terlalu “ramai”. Dus, lebih baik untuk mengaplikasikan model keramik lantai ini di sebagian sisi dinding atau di tengahnya saja agar tampilannya tidak terasa monoton. Dengan seperti itu, keunikan ruangan bisa tercapai.

~ via commercialinteriordesign.com

6. Motif Marmer

Bingung menentukan keramik untuk kamar mandi utama di rumah?

Keramik dengan motif marmer sangat cocok untuk kamar mandi utama. Selain memberikan kesan mewah dan elegan, penampilannya melahirkan suasana ruang untuk relaksasi yang maksimal.

~ via groliehome

6. Motif Heksagonal

Untuk yang menyukai gaya yang mencolok dan terlihat classy, keramik motif heksagonal sangatlah cocok diterapkan pada kamar mandi.

Motif heksa, dengan pilihan warna yang gelap, memaksimalkan kesan modern. Saat bercampur dengan warna putih dan atau abu, menjadikan ruangan terlihat lebih seimbang dan gaya.

interior kamar mandi
~ via viendoraglass.com

Nah, itulah tips memilih keramik dengan beberapa motif, jenis, ukuran, serta coraknya yang beragam dan bervariasi. Penggunaan yang tepat bisa memercantik interior kamar mandi.

Jenis keramik seperti apa yang terbaik menurut Anda?

Jadikan Interior Kamar Mandi Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room
Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id