5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat Galeri Dinding

Posted by Nita Nurul  •  Tuesday, January 15 2019

Memiliki galeri dinding yang cantik memang dambaan banyak orang. Dinding yang polos bisa disulap menjadi galeri dengan berbagai karya seni dan foto. Meski terlihat mudah, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membuat galeri dinding.

Interiordesign.id – Mengoleksi karya seni di dalam rumah adalah cerminan personal bagi si pemilik untuk menunjukkan ketertarikan, kenangan, dan inspirasinya. Untuk menciptakan galeri yang cantik dan berseni, pastikan galeri dinding yang Anda buat terlihat mencolok dan dinamis, sesuai dengan karya seni yang Anda tampilkan. Mulai dari memilih dan memilah pajangan dan bingkai sampai merancang tampilan akhirnya, mendesain galeri dinding memang membutuhkan banyak persiapan. Untuk menguasai seni membuat galeri dinding, hindari beberapa kesalahan umum di bawah ini!

Kesalahan Dekorasi Rumah yang Harus Dihindari

3 Kesalahan Dekorasi Ruangan yang Dapat Menyebabkan Stress

Bingkai yang terlalu matching

Desain wall gallery

society6.com

Untuk membuat galeri dinding, pemilihan bingkai tidak boleh dinomorduakan. Agar tampilan gambar pada galeri terlihat selaras, gabungkan beberapa bingkai dengan bahan, bentuk, dan ketebalan yang berbeda-beda. Jika Anda memajang karya seni dengan ukuran dan bentuk bingkai yang sama, galeri dinding akan terlihat formal dan cenderung membosankan. Jadi, padukan bingkai berbahan metal dan kayu serta bingkai dengan berbagai warna. Akan tetapi, Anda tetap harus memastikan bahwa bingkai masih terlihat sederhana. Jangan sampai perhatian terhadap karya seni yang Anda pajang teralihkan karena bingkai yang terlalu megah.

Ukuran dan bentuk yang sama

Ide desain wall gallery

Pinterest

Simetri amatlah penting saat mendesain galeri dinding yang seimbang. Tetapi, bukan berarti Anda harus menggunakan bingkai dengan ukuran dan bentuk yang sama. Bingkai-bingkai foto dengan ukuran yang identik bisa membuat tampilan galeri terlihat kaku dan terkesan biasa saja. Anda masih bisa membuat galeri yang simetris dengan menggabungkan dua atau tiga bingkai dengan dimensi yang sama dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Hanya memajang satu medium atau gaya

Contoh wall gallery

Architectural Digest

Apa alasan Anda berkunjung ke galeri seni atau museum? Tentu untuk mengetahui berbagai jenis medium, artis, dan ide, bukan? Anda juga harus bisa membawa tujuan ini saat membuat galeri dinding di rumah Anda. Sejajarkan foto hitam putih dengan poster warna-warni, atau atur siluet-siluet vintage di dekat lukisan yang unik. Selain itu, janganlah terlalu terpaku pada “karya seni”. Untuk dimensi dan tekstur tambahan, Anda bisa menambahkan objek-objek dekoratif seperti topeng, plat nomor vintage, cermin yang cantik, tapestry, dan hiasan-hiasan dinding lainnya. Jangan takut untuk mengeskplorasi jiwa seni Anda!

DIY: Cara Mudah Membuat Wall Art atau Dekorasi Dinding Menggunakan Teknik Kolase

Jarak yang tidak konsisten antarbingkai

Wall gallery untuk dekorasi

Pinterest

Pajangan dinding yang digantung saling berdekatan dengan bingkai yang saling bertabrakan satu sama lain akan terlihat berantakan dan tidak menarik. Tetapi, jarak antar bingkai jangan sampai terlalu jarang juga karena seseorang yang melihat galeri dinding Anda akan terganggu dengan area-area yang tidak terisi tersebut karena kurang menarik. Aturannya, Anda harus menggantung pajangan dengan jarak yang tidak terlalu dekat tetapi tidak terlalu jauh satu sama lain. Selain itu, harus ada ruang di antara pajangan dan sebaiknya jarak tersebut selalu konsisten.

Tidak merencanakan layout dengan baik

Wall gallery yang unik

Architectural Digest

Perencanaan layout yang matang juga tak kalah pentingnya saat Anda mendesain sebuah galeri dinding. Tata peletakkan dan kombinasi warna haruslah dipertimbangkan. Meskipun galeri dinding yang Anda buat akan cukup besar, pastikan Anda tetap menaruh karya seni utama yang ingin Anda pamerkan tepat sejajar dengan pandangan. Jika galeri dinding berada di atas furnitur seperti sofa, usahakan ada jarak sekitar 15 cm antara galeri dan sofa.

Nah, sebelum Anda mulai memasang bingkai-bingkai, buatlah gambar kasar terlebih dahulu. Untuk hasil yang lebih maksimal, ukur semua bingkai yang akan dipajang dan cetak di atas kertas. Guntinglah cetakan-cetakan tersebut dan susun di dinding sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lihat secara riil bagaimana komposisi dan tata letak galeri dinding.

Rumah Kecil Minimalis: Cara Terbaik Mendekorasi Ruangan Kecil

Cara Menghias Rumah yang Sederhana dan Cukup Mudah

Itulah tadi beberapa kesalahan yang biasa dilakukan dalam membuat galeri dinding. Jika Anda berhasil mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut, Anda akan mendapatkan galeri dinding yang seimbang dan enak dipandang. Sudah siap mencoba?

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

Nita Ramadhita

By Nita Nurul

Graduated from Universitas Pendidikan Indonesia majoring English Literature, Nita aspires to be a language enthusiast who has a passion for collecting good books and being a wordsmith.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...