kesalahan desain interior rumah

5 Mitos Dekorasi Rumah yang Harus Berhenti Anda Percayai Sekarang Juga

Posted by HinaYana  •  Thursday, February 27 2020

Tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada furniture yang kebesaran. Ungkapan itu memang benar. Namun, bukan berarti Anda diharuskan menggunakan lebih sedikit furniture untuk menciptakan suasana ruang yang tampak luas dan lapang. Penggunaan banyak furnitur tidak selalu menjadi kesalahan desain interior rumah.

InteriorDesign.id – Memiliki rumah baru dengan interior bawaan yang katakanlah, standar, bisa membuat Anda frustasi. Interior rumah baru biasanya hanya memiliki dinding warna putih di mana-mana. Suasana ruang yang tampak kosong, kaku dan monoton tersebut, bisa dirasa sangat mengintimidasi, membuat kita tak sabar untuk segera mendekorasinya sesuai keinginan.

Namun, dekorasi bukanlah soal mudah. Anda tidak bisa sekadar memasukan semua atau setiap unsur dan elemen desain sesuka hati. Atau memasang berbagai elemen dekoratif sekehendak hati. Apapun alasannya, desain interior adalah soal sains. Kita tidak bisa semena-mena.

Di balik konsep desain dan dekorasi interior, yang bisa jadi tampak rumit dan kompleks, banyak hal yang tidak bisa kita abaikan. Beberapa kesalahan saat mendekorasi bisa berujung fatal. Kesalahan-kesalahan dekorasi yang bisa membawa suasana rumah justru malah semakin membuat Anda stres dan frustasi.

Meminta pertolongan jasa desain interior profesional adalah solusi satu-satunya. Mereka, para desainer profesional bisa membantu Anda mewujudkan ide serta gagasan desain dan dekorasi interior agar sesuai karakter dan kepribadian. Dan terutama sekali adalah sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya, beberapa kesalahan dan hal-hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan, juga harus bisa diketahui. Seperti misal, pilihan warna, pilihan model dan bentuk furniture, atau seberapa banyak penggunaan furniture, wall art, dan lain sebagainya. Dan di balik itu semua, sebenarnya terdapat beberapa mitos desain interior yang sudah saatnya berhenti Anda percayai.

Melansir realtor, berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: 3 Kesalahan Dekorasi Ruangan yang Dapat Menyebabkan Stress

Kesalahan Desain Interior Rumah #1: Mitos langit-langit harus berwarna putih

Warna langit-langit komplementer dapat memberi kesan nyaman. Peryantaan itulah yang menjadi rahasia untuk soal ini.

Langit-langit putih mungkin sudah seperti sebuah norma, tapi tidak tepat untuk setiap ruangan. Jika menginginkan sesuatu yang berbeda, langit-langit rumah juga bisa dikreasi sedemikian rupa, terutama memberinya warna non-putih agar ruangan makin terlihat impresif dan atraktif.

kesalahan desain interior rumah

~ via pinterest

Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Hanya Putih dan Netral Saja

Kesalahan Desain Interior Rumah #2: Mitos semuanya harus sesuai dengan sempurna

Setiap orang tentu menyukai gagasan keseimbangan, atau bahkan kesesuaian yang sempurna. Namun, untuk urusan interior, saat-saat itu telah lama berlalu. Ia sudah dianggap terlalu kuno. Untuk menambahkan suasana nyentrik, artistik, serta inviting, koordinasi kohesif justru menjadi tren dekorasi interior.

Meski interior rumah tampak berlapis-lapis, atau dipenuhi lapisan-lapisan alias multi layer, terutama menyangkut penggunaan berbagai elemen dekoratif yang cukup banyak, hal tersebut juga bisa menciptakan situasi dan suasana ruang yang nyaman dan tampak sempurna.

kesalahan desain interior rumah

~ via decoholic

Kesalahan Dekorasi Rumah yang Harus Dihindari

Kesalahan-kesalahan Desain dan Dekorasi Dapur

Kesalahan Desain Interior Rumah #3: Mitos “less furniture more space”

“Tidak ada ruang yang kekecilan, yang ada furnitur yang kebesaran.” Ungkapan itu memang benar. Namun, bukan berarti Anda diharuskan menggunakan lebih sedikit furnitur untuk menciptakan suasana ruang yang tampak luas dan lapang.

“Sebuah kamar berperabot lengkap akan benar-benar membuat ruang terasa lebih besar,” kata Megan Hopp, seorang desainer dari Homepolish. “Ini berlawanan dengan intuisi, tapi dengan jumlah yang tepat dan potongan ukuran yang benar dalam tata letak, akan membuat ruangan Anda terasa lebih besar, lebih baik, dan membantu Anda menarik napas lega.”

kesalahan desain interior rumah

~ via luxury busla

Kesalahan Desain Interior Rumah #4: Mitos dinding gelap menjadikan ruang terlihat lebih kecil

Warna putih atau netral selama ini dipercaya mampu menjadikan ruangan kecil terlihat lebih besar dan luas. Sementara sebaliknya, warna gelap apalagi hitam, membuat suasana ruang semakin sempit dan terasa lebih kecil. Tapi semua itu hanyalah mitos. Anda harus berhenti mempercayai hal tersebut.

Para desainer sekarang percaya, asalkan dengan proporsi yang tepat, bahkan warna-warna gelap pun dapat memperlihatkan suasana ruang yang luas, lapang dan pastinya lebih terasa impresif jika dibanding dengan penggunaan warna netral dan putih yang kaku dan monoton.

kesalahan desain interior rumah

~ via homeedit

Kesalahan Desain Interior Rumah #5: Mitos harus selalu mengikuti tren

Tidak seharusnya setiap perkembangan tren desain mendikte Anda untuk menentukan mana yang terbaik untuk pilihan gaya interior rumah.

“Tidak realistis mengganti warna rumah setiap tahun atau menambahkan elemen dekoratif terbaru sesuai tren ke dalam ruangan.” kata Hosking, seperti dikutip realtor.

kesalahan desain interior rumah

gaya interior mid-century modern. ~ via froy blog

Pertimbangkan untuk memilih mana yang terbaik dan paling tepat untuk Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan semuanya dijamin akan mengikuti. Bahkan tidak mungkin pilihan unik Anda akan menjadi tren terbaik yang tak pernah lekang oleh waktu.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...