Kitchen Island; Dapur Mewah dengan Kenyamanan yang Sempurna

Posted by HinaYana  •  1 week ago

Layout, bentuk, dan ukuran kitchen island menjadi syarat seberapa besar interior dapur bisa memiliki tampilan mewah dan kenyamanan yang maksimal.

Interiordesign.id – Dapur island atau kitchen island adalah model dapur atau desain dapur dengan tambahan kabinet dan meja yang dipasang persis di tengah-tengah ruang dapur. Meja tersebut bisa memiliki fungsi yang beragam; sebagai area kerja tambahan untuk menyiapkan masakan, atau juga sebagai meja makan tambahan.

Berapa banyak ruang yang dibutuhkan untuk instalasi kitchen island?

Instalasi dapur island dapat meningkatkan area tersebut dalam banyak hal. Dengan perencanaan yang baik, dapur berukuran kecil pun sebenarnya bisa memiliki model ini. Bahkan dapur kecil bisa sangat diuntungkan dengan mengadopsi model kitchen island.

kitchen island

Instalasi kitchen island kecil. ~ via pinterest

Kitchen island adalah fitur yang banyak dicari. Ia juga banyak pula direkomendasikan oleh para desainer atau perancang area dapur untuk mendapatkan konsep interior dapur yang sempurna, baik dari segi tampilan maupun fungsi. Keberadaan fitur dapur ini sering digunakan sebagai ruang untuk makan, bekerja, dan bahkan tambahan rak penyimpanan.

Layout island pada area dapur yang sangat terencana dapat memungkinkan alur kerja yang mulus dan menyediakan ruang yang nyaman untuk menyiapkan dan memasak makanan.

model kitchen island

Model kitchen island modern. ~ via Alanya Gazeteleri

Tata letak yang terencana dengan baik menawarkan banyak kemudahan, sementara tata letak yang kurang baik akan menyebabkan frustasi dan ketidaknyamanan. Hal tersebut terutama disebabkan tidak terlalu tersedianya space yang cukup untuk mengkreasi rancangan dapur dengan sebuah island.

Jika Anda sedang merencanakan untuk mendesain sebuah kitchen island, ada beberapa pertimbangan yang bisa membantu Anda memutuskan, apakah Anda memiliki cukup space tersedia atau tidak? Jika tidak, jangan pernah mencoba untuk memaksakan instalasi sebuah island di dapur Anda.

Model peninsula yang lebih fleksibel bisa menjadi alternatif terbaik untuk dapur kecil Anda.

model peninsula untuk dapur kecil

Desain dapur peninsula untuk dapur kecil. ~ via stylemotivation

Tetapi, jangan dulu berasumsi jika Anda memiliki dapur kecil, maka model kitchen island tidak bisa diterapkan. Ini adalah prasangka yang keliru. Terdapat banyak tipe dan model island yang bisa disesuaikan dengan ukuran ruang yang tersedia.

desain dapur kecil dengan kitchen island

Kitchen island dengan desain yang compact. ~ via beeyoutifullife

Pembagian spasial kitchen island

Ketika mencoba sebuah island, yang harus Anda perhatikan adalah posisinya harus meninggalkan celah antara tepi meja pada bagian belakang kabinet dan tepian meja island tersebut. Ruang antara dua wilayah kerja ini merupakan bagian dari zona clearance.

Jarak ideal untuk clearance zone ini adalah sekitar 1 meter. Jarak tersebut dapat memberikan keleluasaan dan memungkinkan gerakan bebas dan aman di sekitar island dan di seluruh area dapur.

interior dapur dengan kitchen island

~ via qoion

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda harus mempertimbangkan untuk memiliki fitur kitchen island yang dibuat khusus. Seperti sebuah island yang menggabungkan tempat duduk dan tempat penyimpanan.

Dengan fitur tersebut, dapur Anda akan selalu teroganisir dengan sangat baik. Ia juga menjadi solusi paling praktis tambahan ruang penyimpanan yang sangat dibutuhkan di dapur berukuran kecil. Apalagi jika peralatan-peralatan atai kitchen appliance yang digunakan cukup banyak.

fitur kitchen island dengan rak penyimpanan

Island plus penyimpanan. ~ via pinterest

Ukuran kitchen island

Melansir houzz, ukuran dan bentuk island dapat bervariasi. Namun, ukuran minimum yang direkomendasikan adalah sekitar 1 meter saja.

Meski kecil, dimensi ini masih memungkinkan untuk digunakan sebagai area kerja-kerja praktis di dapur, termasuk pilihan peralatan terpadu.

Rencanakan juga sebuah island yang multifungsi. Kitchen island di dapur kecil bisa sangat efisien jika direncanakan sejak awal sebagai workstation serbaguna.

Layout sempurna kitchen island ini dapat mengakomodasi kebutuhan, sekaligus memaksimalkan ruang terbatas.

Desain dapur dengan island dapat memberikan kenyamanan estra dan tampilan yang sangat menarik pada keseluruhan interior dapur. Namun, jangan terlalu berlebihan juga, karena sesuatu yang terlalu besar dan berlebihan justru akan merusak estetika interior dapur.

Perancang dapur yang baik akan membantu Anda menentukan seberapa besar ukuran ideal kitchen island, sehingga dapat memberi keseimbangan dengan luasan keseluruhan ruang.

dapur dan ruang makan dengan kitchen island

~ via freshome

Yang penting untuk Anda perhatikan adalah, pastikan untuk menggunakan meja yang dapat muat secara fisik ke dalam area dapur Anda. Jika tidak, segera siapkan alternatif. Karena dapur Anda akan semakin terlihat sempit dan tidak nyaman.

Sekali lagi, model peninsula bisa menjadi pilihan praktis dan fungsional jika pilihan model kitchen island dirasa kurang fit.

Ingatlah dan selalu pertimbangkanlah ketika merencanakan instalasi sebuah kitchen island; bahwa masih ada banyak kemungkinan layout, bentuk, dan juga ukuran yang bisa dipilih.

Layout, bentuk, dan ukuran kitchen island ini tentu saja menjadi syarat seberapa besar interior dapur Anda bisa memiliki tampilan mewah dengan kenyamanan yang sempurna.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader