fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Kreasi Unik Dekorasi Natal Tahun 2020

Posted by Maria Yovita Wednesday, December 2 2020
dekorasi natal

Suasana dan nuansa Natal tidak harus selamanya meriah dan megah. Natal yang sakral bisa didapatkan dengan ‘kecantikan sederhana.’

Interiordesign.id – Tak terasa Natal akan segera datang. Natal tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana kita semua harus merayakannya #dirumahsaja gegara pandemi. Namun, bukan saatnya berkecil hati, ini tidak berarti kita tidak bisa merasakan nuansa Natal meski di rumah saja.

Mari persiapkan hunian untuk menyambut Natal!

Ada banyak sekali cara menghadirkan nuansa Natal di dalam hunian. Dan kita tidak harus selalu menggunakan Pohon Natal, atau berbagai dekorasi berwarna merah dan hijau. Nuansa dan suasana Natal di rumah bisa dihadirkan dengan warna dan dekorasi-dekorasi yang sesuai style unik dan keinginan kita.

Inilah beberapa kreasi unik dekorasi Natal tahun 2020.

  1. Sentuhan Classic Blue

Classic Blue adalah warna Pantone 2020 yang wajib kita coba untuk interior, terutama di saat Natal.

Warna biru klasik menjadi tren warna di tahun 2020 ini. Selain itu, warna ini diklaim menjadi salah satu warna yang paling mampu menghadirkan perasaan tenang dan damai di dalam rumah.

Kehadiran warna classic blue akan sangat mendukung nuansa Natal yang damai dan sakral di dalam hunian. Ini juga merupakan pilihan warna yang sangat cocok untuk dipadukan dengan warna putih, gold, ataupun silver. Atau kita bisa coba terapkan biru klasik sebagai aksen warna berbagai elemen dekoratif di pohon natal.

Tutuplah akhir tahun dengan sentuhan tren warna terbaik satu ini!

dekorasi natal 2020
~ via pufikhomes
  1. Si Kecil Pembawa Suasana

Tidak selalu harus menghias rumah dengan pohon natal yang besar, berukuran kecil juga bisa membangkitkan nuansa Natal di dalam hunian.

Suasana Natal juga tidak harus selamanya meriah dan megah. Natal yang sakral bisa didapatkan dengan ‘kecantikan sederhana.’

Kecantikan dan kesederhanaan nuansa Natal tetap bisa didapatkan dengan sebuah pohon Natal kecil yang dihias beberapa elemen dekorasi seperti tangga kayu, lampu bohlam, dan dedaunan. Tempatkan semuanya pada sisi-sisi yang tepat di dalam ruang.

Suasana Natal tetap bakalan terasa meski di rumah kecil dengan sebuah pohon Natal yang juga berukuran kecil!

dekorasi natal
~ via homeohmy.com
  1. Sudut Ruangan sebagai ‘Point of View

Siapa bilang sudut ruangan tidak bisa terlihat cantik? Tentu bisa banget!

Sudut ruang bukanlah area ‘negatif’ yang tidak bisa terlihat cantik, dan dibiarkan kosong begitu saja. Sudut ruangan yang kosong bisa dimanfaatkan untuk mengubah ruang yang hampa dan sunyi menjadi tampak indah.

Saatnya mengubah dan menjadikan sudut ruangan menjadi point of view di dalam hunian dengan meletakkan cantiknya pohon Natal dan berbagai elemen dekorasi Natal lainnya.

Samakan atau sesuaikan tone warna dengan keseluruhan interior untuk menghadirkan mood yang baik!

kreasi suasana natal di dalam rumah
~ via ehow.com
  1. Tidak Selalu harus Pohon Natal

Banyak yang mengira jika nuansa Natal hanya akan tercipta jika kita meletakkan pohon Natal di dalam rumah. Namun faktanya, pohon Natal bukanlah hal yang wajib ada saat menyambut Natal. Kita bisa gunakan berbagai elemen dekorasi ruang untuk tetap menciptakan dan menghadirkan nuansa Natal.

kreasi suasana natal di dalam rumah
~ via studio-mcgee.com

Ada beberapa jenis elemen dekorasi Natal seperti kaos kaki, tangga kayu, buah pinus kering, dan lonceng. Memadukan elemen-elemen dekoratif ini menjadi satu kesatuan adalah ide yang cemerlang.

kreasi nuansa natal tahun 2020
~ via real-simple.com
  1. Tangga

Jika hunian memiliki lebih dari 1 lantai, maka ini adalah saat yang tepat menghias tangga dengan dekorasi-dekorasi Natal.

Berikan sentuhan berupa dedaunan dan pita untuk memercantik tangga dan mendapatkan kesegaran baru.

kreasi dekorasi natal tahun 2020
~ via theglitterguide.com

Perpaduan hijau daun cemara dengan pita biru sangat cocok sebagai warna dekorasi rumah di tahun ini. Memertegas warna classic blue sebagai color of the year.

  1. Pengganti Pohon Cemara

Natal sangat identik dengan kehadiran pohon Natal yang merupakan pohon cemara. Ini bisa berupa pohon asli ataupun artifisial.

Nah, kita sama-sama tahu, harga pohon Natal tidaklah murah. Apalagi jika ditambah berbagai hiasan gemerlap yang terpasang untuk memercantik penampilannya. Dus, untuk menghadirkan suasana Natal, kita tidak harus membeli pohon Natal.

Buatlah pohon Natal sendiri dengan berbagai kreasi unik. Seperti pohon-pohon Natal handmade di bawah ini. Dijamin tetap bisa menghadirkan suasana Natal di dalam hunian.

kreasi dekorasi natal untuk hunian
~ via homeyohmy.com

Salah satu kreasi unik untuk menciptakan nuansa dan suasana Natal di dalam rumah adalah dengan menggunakan kayu dan dowel yang disusun menyerupai shape pohon cemara dan dihiasi oleh pernak-pernik ala Natal. Gunakan pernak pernih dengan warna yang berbeda, tetapi masih saling mendukung.

kreasi dekorasi natal untuk hunian
~ via tudoorna.com

Sebuah toples kaca yang diisi dengan buah pohon pinus kering dan beberapa helai daun pohon cemara juga bisa membangkitkan suasana dan nuansa Natal di dalam rumah. Letakan di ruang keluarga atau ruang makan. Terlihat sangat sederhana, tetapi memberi pengaruh yang cukup signifikan.

kreasi unik natal tahun 2020
~ via tudoorna.com

Carilah ranting pohon di halaman rumah, dan tambahkan hiasan bola Natal pada ranting secara menyebar. Gunakan warna terang seperti merah, biru, kuning, dan juga hijau. Kemudian masukkan ranting ke dalam botol kaca berisi pasir hias, dan jadilah pohon unik bernuansa Natal.

  1. Ingatlah Pendahulu

Warna merah dan hijau tentu saja tidak akan pernah lepas dari gambaran Natal. Merah dan hijau sangat identik dan menjadi warna ikonik.

Meski banyak sekali varian dan kreasi dalam penggunaan warna dan hiasan natal yang lain, jangan ragu untuk kembali. Tidak ada salahnya jika menggunakan dan memilih nuansa hijau dan merah untuk memertegas suasana dan nuansa Natal. Pohon natal hijau dengan ornamen merah akan selalu menjadi yang terbaik dan paling cocok untuk membangkitkan perasaan, suasana, serta nuansa di hari Natal yang sakral. ***


MARIA YOVITA
Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya.
Seorang wanita yang sangat menyukai desain interior, menulis, dan fotografi. Komitmen, pantang menyerah dan jujur adalah prinsip yang selalu dipegang di dalam hidupnya.


Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id