fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Kursi Besi: Kegunaan, Material dan Kelebihannya

Posted by Kumala Devanty Friday, June 9 2023
Ilustrasi kursi besi

InteriorDesign.id– Kursi besi adalah kursi yang terbuat dari bahan besi dan biasanya digunakan ruangan terbuka atau tempat umum. Di sisi lain, kursi besi juga dapat menjadi pilihan untuk furnitur di hunian Anda.

Kursi besi memiliki desain yang beragam sehingga bisa digunakan pada berbagai lokasi. Dengan bahas besi yang kokoh membuatnya dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan. 

Kursi besi ini memiliki banyak pilihan warna. Jika digunakan di dalam rumah, maka Anda bisa menambahkannya dengan busa supaya tidak keras dan bisa digunakan untuk duduk dengan nyaman. 

Kursi besi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki furnitur yang awet. Hal tersebut membuat penggunaan furnitur berbahan besi menjadi begitu banyak digemari.

Kursi besi ini menawarkan desain yang variatif, mulai dari desain simple hingga desain klasik yang menggunakan beragam motif. Ada pula kursi besi ini yang dipadukan dengan sejumlah bahan lain sehingga tampilannya terlihat lebih segar dan kekinian.

Material Bahan dari Kursi Besi

Berikut berbagai jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat kursi besi:

1. Kursi Besi Stainless Steel

Kursi besi stainless steel (ylightning)

Stainless steel menjadi bahan besi yang paling banyak ditemui dan digunakan dalam berbagai bidang furniturStainless steel ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan besi lainnya. 

Kelebihannya karena material stainless steel adalah heat resistance atau memiliki daya tahan panas yang tinggi. Selain itu, jenis besi ini juga sangat mudah dibersihkan dan menjadi sangat cocok digunakan untuk kebutuhan furnitur dapur atau rumah sakit. 

Kursi besi stainless steel dapat bertahan selama bertahun-tahun. Meski memiliki kelebihan, kekurangan dari kursi besi stainless steel adalah beban yang berat, kurang fleksibel, dan harganya yang mahal.

2. Kursi Besi Aluminium

Kursi besi aluminium

Material kursi besi aluminium bebannya relatif lebih ringan. Harganya pun lebih murah dan tidak akan berkarat. Hal itu membuat kursi besi aluminium mudah untuk dirawat.

Kekurangan dari kursi besi aluminum adalah bagian tengah rangka aluminum yang kosong sehingga mudah tertiup angin. Bobot yang ringan juga membuatnya tidak sekuat material stainless steel.

Kursi besi aluminium juga tidak tahan terhadap cuaca sehingga cat akan cepat pudar. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan polyester sebagai bahan finishing untuk menghindari risiko tersebut.

3. Kursi Besi Tempa

Kursi besi tempa

Material ini jadi jenis besi yang paling kuat. Besi tempa memiliki karakter yang padat dan kokoh sehingga dapat bertahan hingga 20 tahun. Material ini juga memiliki kelemahan, yakni mudah berkarat.

Maka untuk merawatnya, Anda perlu rutin melakukan finishing ulang. Karena sangat berat, jenis besi ini tidak nyaman untuk diduduki secara langsung. Anda harus menggunakan bantal untuk posisi duduk yang lebih nyaman.

4. Kursi Besi Hallow

Kursi besi hallow

Besi hollow adalah jenis besi yang berbentuk seperti pipa panjang dan terdapat rongga berbentuk segi empat di tengah rangka. Banyak orang menggunakan jenis besi ini karena mudah dirawat dan tidak mudah mengalami korosi.

Besi jenis ini juga relatif lebih mudah dibentuk dibanding material besi tempat atau stainless steel. Anda bisa mengombinasikan besi hollow dengan material lainnya seperti kayu.

Material besi hallow juga memiliki kekurangan, seperti tidak bisa menahan beban yang sangat berat. Maka dari itu, Anda harus memastikan membuat rangka yang sangat kuat.

Rekomendasi Kursi Besi

Berikut rekomendasi kursi besi yang bisa jadi inspirasi untuk rumah Anda.

1. Untuk Ruang Tamu

Kursi besi untuk ruang tamu

Anda bisa memilih kursi bentuk bulat dengan material besi secara keseluruhan. Dengan pantulan kursi besi dari efek mirroring, maka akan memberikan kesan elegan dan unik.

2. Untuk Ruang Makan

Kursi besi untuk ruang makan

Desain kursi makan besi yang ramping tidak akan membuat ruang makan terlihat tambah sesak. Ini akan menghadirkan kesan ruang makan yang lapang. Agar nyaman ketika diduduki, Anda bisa melapisi kursi dengan bantal sebagai alas duduknya.

3. Untuk Area Outdoor

Kursi besi untuk area outdoor

Khusus untuk area outdoor, Anda bisa menggunakan inspirasi dari kursi besi ini. Dengan warna-warna yang ceria, maka akan cocok digunakan untuk bersantai di area luar rumah Anda.

Kursi besi ini bisa Anda letakkan di sisi kolam ikan, kolam renang, atau taman yang ada di rumah Anda.

Kursi besi menjadi material yang awet untuk rumah Anda dan bisa digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id