fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Lantai Marmer: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Cara Pasang

Posted by Arventho Marlyo 1 day ago
Lantai Marmer untuk Ruangan

InteriorDesign – Lantai marmer menjadi salah satu material yang sering digunakan pada hunian rumah, baik untuk eksterior maupun interior bangunan.

Memiliki motif lebih bervariasi dan lebih tahan lama, marmer juga dijadikan langganan untuk bahan pembuatan lantai. Untuk lebih mengenal kelebihan, cara memasang, dan harga lantai marmer, mari simak ulasan seputar lantai marmer di artikel kali ini! 

Apa Itu Lantai Marmer?

Lantai marmer merupakan lantai yang menggunakan marmer sebagai bahan utamanya. Marmer sendiri merupakan jenis batu alam atau batuan metamorf yang dihasilkan oleh rekristalisasi batu kapur.

Karena itulah biasanya pada batu marmer terdapat corak-corak khas yang terbentuk secara alami yang membuatnya memiliki harga jual lebih mahal dibandingkan bahan lain yang dibuat oleh manusia. 

Apa Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Marmer untuk Lantai?

Ada banyak alasan mengapa marmer sering digunakan sebagai bahan untuk furniture, dinding, dan lantai.

Kelebihan dari lantai marmer adalah lantai menjadi awet, tahan lama, tahan api, mudah dibersihkan, tidak mudah lapuk, memiliki corak cantik dan aesthetik, tidak mudah tergores, dan mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi cuaca. 

Tidak hanya itu, marmer memiliki perawatan yang mudah karena permukannya yang halus. Karena bahannya dingin, lantai marmer jadi sering digunakan di negara tropis agar ruangan terasa lebih sejuk.

Kelebihan lainnya adalah marmer bisa gunakan pada berbagai ruangan seperti kamar mandi, ruang tamu, ruang tidur, dapur, hingga teras. 

Sayangnya karena bentuk permukannya yang halus membuatnya menjadi licin terutama bila tidak dilapisi coating anti licin.

Sehingga memiliki lantai marmer tanpa coating menjadi berbahaya sebab mampu membuat orang mudah terjatuh saat berjalan di atasnya.

Kemudian harga marmer relatif mahal karena terbuat dari bahan alami, sehingga untuk menggunakannya sebagai lantai Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar.

Kekurangan lantai marmer lainnya adalah proses pemasangan lantai marmer tidak mudah, sehingga Anda membutuhkan tenaga profesional untuk pemasangan yang lebih presisi. 

Berapa Harga Lantai Marmer? 

Tergantung grade, ukuran, jumlah, motif, warna, dan merknya, ada berbagai macam harga marmer di pasaran. Namun umumnya, harga lantai marmer terbaru dijual di pasaran dengan harga berikut ini: 

  • Crema LKS : Rp653.100 – Rp953.800 per 60 x 60 cm
  • Satuario Marmer Putih : Rp1.400.000 – Rp3.250.000 per slab 
  • Marmer Citatah Premium : Rp250.000 – Rp450.000 per slab
  • Marmer Lokal Ujung Pandang : Rp500.000 – Rp850.000 per slab
  • Marmer Lokal Tulungagung : Rp40.000 – Rp255.000 per lembar
  • Snow White : Rp1.250.000 per slab
  • Saint Laurent : Rp900.450 per slab 

Ada banyak pilihan marmer import dan lokal yang bisa Anda pilih tergantung corak dan warna apa yang Anda butuhkan.

Karena ada lebih dari 50+ macam yang dijual di pasaran, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa desain interior yang bisa membantu untuk memberikan tipe, warna, dan harga marmer sesuai yang Anda butuhkan dan inginkan. 

Cara Memasang Lantai Marmer 

Marmer terkenal berat dan sulit untuk dipasang sehingga butuh tenaga ahli untuk bisa memasang lantai marmer dengan benar dan presisi.

Namun jika Anda ingin mencoba memasang lantai marmer sendirian di rumah, maka Anda bisa mengikuti langkah-lagkah di bawah ini. 

  • Siapkan peralatan seperti sarung tangan, masker, dan pelindung mata. Gunakan dengan tepat sebelum memulai pemasangan lantai. 
  • Bersihkan permukaan yang akan dipasang ubin hingga kering dan bersih setlah itu ukur kerataan untuk memastikan daerah yang akan dipasang rata. Hal ini karena marmer mudah retak jika dipasang pada permukaan yang tidak rata. 
  • Ukur panjang, lebar, dan tentukan pola lantai untuk pemasangan marmer, jika ingin memotong ubin marmer pastikan ukuran lebar kurang dari 5cm. 
  • Cari titik tengah pola lantai agar pola yang dibuat seimbang dan tidak miring ke salah satu sisi. 
  • Periksa juga arah tekstur dan keseragaman warna sheingga disarankan untuk mengikuti arah tekstur yang sama dan senada. 
  • Lapisi lantai dengan cairan pelekat atau roskam bertaktik untuk membuat garis lubang di bagian permukaan perekat. 
  • Pasang marmer dalam waktu 10 menit setelah melapisi lantai menggunakan cairan pelekat atau plester pelekat. Lakukan satu persatu. 
  • Jangan lupa berikan jarak tertntu agar marmer terpasang dengan arak yang rata. 
  • Kemudian biarkan kering selama 24-48 jam dan beri coating. 

Penutup 

Itulah seputar lantai marmer yang wajib Anda ketahui. Demi memudahkan Anda untuk membeli, menata, memasang, hingga mendesain ruangan dengan mudah memakai marmer, kini Anda bisa menggunakan jasa InteriorDesign yang telah membantu ribuan orang wujudkan hunian impian mereka. 

Bersama dengan InteriorDesign, kini Anda tidak perlu repot dan bingung memilih marmer mana yang terbaik untuk Anda.

Karena kami akan membantu Anda memaksimalkan anggaran budget mendapatkan lantai marmer terbaik sekaligus memasangnya dengan presisi. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id