fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Mengenal Keindahan Lantai Parket yang Tak Terkalahkan

Posted by Brenda Brilianita Wednesday, June 7 2023

Interiordesign.id Lantai parket adalah salah satu pilihan yang populer dalam dunia desain interior. Keindahannya yang tak terkalahkan dan keawetannya menjadikan opsi yang menarik bagi banyak orang.

Lantai parket merujuk pada lantai yang terbuat dari potongan-potongan kecil kayu yang disusun dengan pola tertentu. Potongan-potongan kayu ini biasanya memiliki ketebalan yang seragam dan dilapisi dengan lapisan pelindung seperti veneer kayu yang lebih tahan terhadap goresan dan kelembaban.

Sejarah lantai parket dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Pada awalnya, digunakan secara eksklusif di istana-istana kerajaan dan bangunan-bangunan bersejarah. Namun, seiring berjalannya waktu, parket menjadi lebih terjangkau dan semakin populer di kalangan masyarakat umum.

Saat ini, ada berbagai jenis yang tersedia, dengan berbagai pola, warna, dan jenis kayu. Beberapa jenis kayu yang umum digunakan adalah oak, maple, walnut, dan cherry. Keberagaman ini memberikan fleksibilitas dalam memilih yang sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi.

Tips Memilih Lantai Parket

Memilih yang tepat adalah langkah penting dalam mendesain interior ruangan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih yang sesuai:

1. Pertimbangkan Gaya Interior

Sesuaikan dengan gaya interior ruangan Anda. Jika Anda menginginkan tampilan yang klasik dan elegan, kayu dengan serat alami seperti oak atau walnut dapat menjadi pilihan. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih modern, pilihlah parket dengan warna yang lebih terang atau pola yang unik.

2. Perhatikan Kualitas Kayu

Pilihlah parket yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi. Kayu yang baik memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi. Periksa ketebalan dan kepadatan kayu untuk memastikan kualitasnya. Kayu yang baik juga cenderung lebih tahan terhadap goresan dan kerusakan.

3. Pertimbangkan Tingkat Lalu Lintas

Perhatikan tingkat lalu lintas di ruangan yang akan dipasangi lantai dengan parket. Untuk area dengan lalu lintas tinggi seperti ruang tamu atau ruang keluarga, pilihlah yang lebih tahan terhadap keausan. 

Beberapa jenis kayu seperti oak atau maple memiliki kekuatan yang baik dan cocok untuk area dengan tingkat lalu lintas yang tinggi.

4. Biaya

Tentukan anggaran yang Anda miliki untuk membeli dan memasang parket. Harganya bervariasi tergantung pada jenis kayu, kualitas, dan ukuran. Pastikan untuk memilih yang sesuai dengan anggaran Anda tanpa mengorbankan kualitas.

Jika Anda merasa bingung dalam memilih parket yang tepat, konsultasikan dengan ahli atau profesional di bidang desain interior. Mereka dapat memberikan saran yang berharga berdasarkan preferensi, kebutuhan, dan anggaran Anda.

Cara Merawat 

Merawat lantai parket dengan baik adalah kunci untuk menjaga keindahannya dan memperpanjang umur pakainya. Berikut adalah beberapa tips dalam merawatnya:

1. Bersihkan Secara Rutin

Lakukan pembersihan rutin dengan menggunakan sapu lembut atau vakum dengan pengaturan yang sesuai untuk lantai kayu. Hal ini akan membantu menghilangkan debu, kotoran, dan pasir yang dapat menyebabkan goresan pada permukaan lantai.

2. Hindari Kelembaban Berlebih

Lantai parket rentan terhadap kerusakan akibat kelembaban berlebih. Pastikan tidak ada tumpahan cairan yang dibiarkan mengendap lama di lantai. Bersihkan tumpahan segera dengan kain lembab dan keringkan dengan handuk bersih.

3. Gunakan Lap Microfiber lembut

Untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel, gunakan lap microfiber lembut yang telah dibasahi dengan sedikit air hangat. Pastikan lap tidak terlalu basah dan segera keringkan lantai setelah membersihkan.

4. Hindari Penggunaan Pembersih Berbasis Minyak atau Lilin

Jangan menggunakan pembersih berbasis minyak atau lilin pada lantai parket, karena dapat meninggalkan residu berminyak yang dapat merusak lapisan pelindung lantai. 

5. Lakukan Perawatan Tambahan

Secara berkala, Anda dapat menggunakan produk perawatan khusus, seperti pengkilap atau polish. Pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen dan jangan terlalu sering menggunakan produk tersebut.

Dengan merawat lantai secara rutin dan memperhatikan langkah-langkah perlindungan, Anda dapat menjaga keindahan dan keawetan parket Anda selama bertahun-tahun. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk dan rekomendasi produsen untuk perawatan yang tepat.

Kelebihan dan Kekurangan

Lantai parket memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih untuk menginstalnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  1. Memberikan tampilan yang elegan dan alami pada ruangan. Serat kayu yang indah dan pola yang unik menciptakan suasana hangat dan mewah di dalam rumah.
  2. Lantai parket yang terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi memiliki daya tahan yang baik. Kayu yang kuat dan tahan terhadap goresan membuatnya menjadi pilihan yang tahan lama.
  3. Salah satu keuntungan besarnya adalah kemampuannya untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan. Jika ada goresan atau noda yang muncul, lapisan atas lantai dapat diasah atau digosok ulang untuk mengembalikan penampilannya seperti baru.
  4. Dapat dipasang dengan relatif mudah, terutama jika menggunakan sistem penguncian atau perekat. Ini memungkinkan pemasangan yang lebih cepat dan lebih efisien.

Kekurangan

  1. Rentan terhadap perubahan kelembaban. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan atau perubahan bentuk pada kayu, sementara kelembaban yang rendah dapat menyebabkan penyusutan atau retak. 
  2. Memiliki biaya instalasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Ini termasuk biaya persiapan permukaan, pengadaan material, dan tenaga kerja profesional untuk instalasi yang tepat.
  3. Meskipun cukup tahan terhadap goresan, mereka masih rentan terhadap goresan dari benda-benda tajam atau gesekan berat. Perhatikan penggunaan furnitur dengan kaki yang dapat menyebabkan goresan dan gunakan pelindung kaki mebel untuk melindungi lantai.
  4. Memerlukan perawatan yang teratur dan tepat agar tetap terlihat indah dan awet. Ini termasuk pembersihan rutin, perlindungan dari tumpahan cairan, dan penggunaan produk perawatan yang sesuai.

Kesimpulan

Lantai parket menawarkan estetika yang indah dan memberikan sentuhan alami pada ruangan. Keberagaman pola, warna, dan jenis kayu memberikan fleksibilitas dalam memilih sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi. Kelebihannya antara lain daya tahan yang tinggi, kemampuan perbaikan, dan pemasangan yang relatif mudah.

Namun, ada juga beberapa kekurangan, seperti rentan terhadap kelembaban, biaya instalasi yang tinggi, dan rentan terhadap goresan. Namun, dengan perawatan yang tepat, dapat tetap indah dan awet dalam jangka waktu yang lama.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat memilih dan merawat lantai dengan baik, menciptakan suasana yang indah dan tahan lama di ruangan Anda. Lantai parket adalah investasi yang berharga dalam meningkatkan keindahan dan nilai properti Anda.

Jika Anda merasa bingung dalam memilih jenis parket yang tepat, Anda dapat konsultasikan pada Interiordesign.id untuk dapat solusi terbaik. Segera hubungi disini!

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id