fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Lantai Vinyl; Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Perawatan

Posted by Iqbal Mujahid Friday, June 18 2021
lantai-vinyl

Lantai vinyl adalah alternatif terbaik bagi Anda yang ingin mengadopsi tampilan lantai bermaterial kayu tetapi dengan budget yang lebih sedikit dan keunggulan yang cukup.

Estimated reading time: 7 minutes

Lantai adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah ruangan. Ia tidak hanya berguna sebagai alas sebuah bangunan, tetapi juga memiliki peran besar terhadap nilai estetika dari sebuah ruangan.

Terdapat berbagai jenis lantai rumah yang bisa Anda pilih untuk hunian Anda. Lantai vinyl adalah salah satunya. Namun sebelum Anda memilih material alas bangunan satu ini, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentangnya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Apa Itu Lantai Vinyl?

Lantai vinyl adalah sebuah produk alas bangunan yang terdiri dari beberapa lapisan bahan yang berbeda dan ditumpuk bersama, sehingga menciptakan karakteristik yang bersifat tahan lama, praktis, serta terjangkau. Pelapis lantai ini memiliki dua jenis, yaitu vinyl click dan vinyl roll. Keduanya terbuat dari bahan yang sama, tetapi mereka menghasilkan efek yang berbeda. Contohnya adalah vinyl click yang selalu berhasil meniru material kayu.

Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu vinyl click dan vinyl roll.

Perbedaan Vinyl Click dan Vinyl Roll

Meski terbuat dari bahan yang sama, vinyl click dan vinyl roll memiliki bentuk yang berbeda sehingga mereka mempunyai tampilannya masing-masing. Inilah penjelasan lengkap mengenai perbedaan vinyl click dan vinyl roll:

Apa itu Vinyl Click?

Vinyl click adalah jenis lantai yang dirancang untuk meniru tampilan lantai alami berbahan kayu atau ubin. Kemajuan teknologi di masa kini membuat vinyl click dapat terlihat identik dengan produk lain yang mereka tiru.

Lantai dengan jenis ini memiliki berbagai macam desain yang bersifat timeless atau tak lekang oleh waktu serta trendi. Selain itu, vinyl click pun andal dalam meniru tampilan ubin atau papan kayu. Kelebihan lain yang dimiliki oleh vinyl click adalah pemasangannya yang cenderung mudah.

Hal ini membuat proses pemasangan vinyl click tidak akan terlalu mengganggu rutinitas harian penghuni rumah. Bahkan, Anda tidak perlu memindahkan furniture saat melakukan pemasangan jenis lantai ini.

Apa Itu Vinyl Roll?

Vinyl roll hadir dengan bantalan fiberglass dalam bentuk lembaran lebar yang bersifat fleksibel. Ia memiliki gaya dan motif tak terbatas, dimulai dari desain yang bergaya timeless, realistis, hingga yang bersifat ceria.

Selain itu, vinyl roll juga merupakan salah satu solusi paling terjangkau bagi setiap penghuni rumah. Lantai gulung ini pun 100% bebas kandungan ftalat serta memiliki emisi VOC rendah, sehingga ia termasuk ke dalam jenis lantai bermaterial ramah lingkungan.

Seperti Apa Daya Tahan Lantai Vinyl?

kantor eclectic design dengan lantai vinyl

Pada umumnya, lantai jenis ini memiliki material yang bersifat tahan lama. Namun, ada beberapa faktor yang menjadi penentu ketahanan lantai ini, seperti kualitas bahan, cara pembuatan, serta proses pemasangannya. Ketiga hal ini amat memengaruhi daya tahan serta “usia” dari lantai Anda.

Apakah Lantai Vinyl Tahan Air?

Lantai jenis ini tahan air karena sebagian besar materialnya terdiri dari PVC. Namun, ketahanan air ini dipengaruhi oleh kualitas instalasinya.

Contohnya adalah vinyl click yang dipasang berdampingan. Meskipun papan vinyl click bersifat tahan air, apabila pemasangannya salah, ada kemungkinan air atau uap air merembes melalui sela-selanya. Ini pun berlaku bagi vinyl roll, yang jika pemasangannya salah sehingga memiliki celah antar gulungannya.

Apabila pemasangan lantai dilakukan dengan baik dan mengikuti petunjuk pabrik, ia dapat dipasang di area lembap sekalipun. Contohnya adalah kamar mandi serta dapur.

Berapa Lama Lantai Vinyl Dapat Bertahan?

Lantai ini dapat bertahan selama 5 sampai 25 tahun, bergantung pada bagaimana mereka dipasang serta proses perawatannya.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl?

kantor minimalis modern dengan lantai vinyl

Kelebihan serta kekurangan lantai ini cukup variatif, bergantung pada jenis dan kualitas produk yang Anda pilih. Berikut adalah informasi lengkapnya:

Kelebihan Lantai Vinyl

Lantai ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Nyaman untuk dipijak
  • Tahan terhadap kerusakan dan kelembapan
  • Pemasangan serta perawatannya cukup mudah
  • Harganya cenderung terjangkau
  • Memiliki banyak warna serta desain

Segala kelebihan yang dimiliki oleh lantai ini menjadikannya pilihan yang populer, terlebih bagi mereka yang ingin memperketat biaya dekorasi ruangan.

Kekurangan Lantai Vinyl

Dengan beberapa kelebihannya, lantai ini pun memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • Sulit dilepas jika sudah direkatkan
  • Dapat penyok jika menahan benda berat di atasnya
  • Dapat meninggalkan bekas jika tertusuk benda yang sangat tajam
  • Tidak mampu bertahan pada suhu yang sangat tinggi
  • Cenderung pudar atau berubah warna jika terpapar sinar UV berlebih

Segala kekurangan yang dimiliki lantai ini membuatnya tidak disarankan untuk dipasang di tempat dengan paparan sinar matahari yang terlalu banyak, seperti beranda.

Bagaimana Cara Membersihkan Lantai Vinyl?

kamar kost minimalis

Cara membersihkan lantai ini cenderung mudah. Anda hanya perlu menyeka atau menyedot debu pada lantai Anda ini untuk menjaganya tetap bersih setiap hari. Proses pembersihan lantai ini perlu dilakukan secara rutin untuk menghindari penumpukan debu dan kotoran.

Selain itu, Anda perlu mengelap lantai Anda setiap minggu secara rutin menggunakan pel basah atau kain yang dibasahi oleh air hangat dan deterjen netral. Pengepelan ini membantu menghilangkan kotoran serta menjaga lantai untuk selalu ada dalam kondisi prima. Ingatlah bahwa Anda tidak memerlukan terlalu banyak air untuk membersihkan lantai ini.

Bagaimana Cara Merawat Lantai Vinyl?

hiasan kamar sederhana

Secara alami, lantai ini memiliki daya tahan yang baik terhadap air, goresan, serta noda. Apabila Anda rutin membersihkan lantai tersebut dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya, proses pemeliharaannya tidak akan terlalu sulit.

Tidak seperti lantai bermaterial kayu asli, Anda tidak perlu memoles permukaan lantai ini Anda agar tetap terlihat berkilau. Anda hanya perlu membersihkan lantai tersebut menggunakan sabun dan air.

Portfolio: Desain Interior Rumah Gaya Modern – Bandung, Jawa Barat

Dapatkah Kita Memasang Lantai Vinyl di Ruang Apapun?

Tentu kita dapat memasang lantai ini di ruang apapun di rumah kita. Hal ini dikarenakan sifatnya yang tahan lama, tahan air, mudah dipasang, serta mudah dirawat.

Karena tahan terhadap air, model lantai ini cocok untuk Anda pasang di tempat lembap seperti kamar mandi dan dapur. Namun, ia juga bisa menjadi pilihan populer untuk dipasang sebagai lantai ruang keluarga ataupun kamar tidur.

Itulah segala hal yang perlu Anda ketahui tentang lantai vinyl, dimulai dari dua jenisnya, hingga di mana saja Anda bisa memasangnya. Layaknya lantai-lantai lainnya, vinyl memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. Keputusan untuk menggunakan lantai ini pada hunian Anda atau tidak, ada pada Anda. Meski begitu, lantai ini tetap mempunyai sisi uniknya tersendiri untuk menjadikan interior rumah Anda terlihat lebih cantik.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id