fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Lemari : Pengertian, Jenis, Dan Kegunaanya

Posted by Fadhil Rahman Monday, January 2 2023
Desain Lemari

Interiordesign.id – Dalam dekorasi ruangan, sangat penting untuk memperhatikan furnitur, terutama pada desain lemari dengan dinding yang menempati formitorios. Bukan hanya digunakan untuk ruang penyimpanan supaya pakaian selalu terorganisir, tapi juga bisa untuk pemanis di dalam dekorasi ruangan khususnya di area kamar.

Apa itu Lemari ??
Lemari merupakan salah satu furnitur yang esensial untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan pakaian. Saat ini banyak sekali pilihan jenis-jenis lemari dengan fungsi yang berbeda-beda.

Berawal di abad pertengahan di Inggris, awalnya lemari ini berasal dari sebuah peti kecil yang digunakan untuk menyimpan pakaian diruang kastil atau istana kerajaan.

Mulanya lemari pakaian adalah loker yang dipasang di dinding untuk digunakan sebagai ruang ganti dan ruang penyimpanan pakaian. Terkadang digunakan untuk menyimpan barang-barang lainnya seperti perhiasan, bulu dan rempah-rempah. Seiring berjalannya waktu, lokerpun berubah menjadi sebuah lemari pakaian modern yang mandiri dengan berbagai rak yang menarik dan memiliki ruang tempat menggantung pakaian.

Diawal abad ketujuh belasan, lemari pakaian mulai dibuat dan dibentuk modern sebagai bagian dari mebel kayu untuk penyimpanan pakaian.

Dan di abad kesembilan belasan lemari pakaian mulai dibentuk dengan tambahan ruang untuk menggantung pakaian di setiap sisi dan tambahan cermin yang terpasang sebagai pelengkap untu berhias.

Dengan perkembangan teknologi, akses untuk antar negara menjadi sangat mudah, kini lemari bisa kita lihat dalam berbagai bentuk, fungsi dan keindahan yang bernilai tinggi.

Di negara kita Indonesia lemari yang terkenal dengan keunikan, keantikan, dan memiliki citarasa tinggi merupakan lemari yang terbuat dari kayu jati, namun karena banyaknya penggunaan kayu jati ini menjadi sulit untuk didapatkan karena berkurangnya hutan jati di Indonesia.

Jenis-Jenis Lemari Dan Kegunaannya

Mengingat akan fungsinya yang banyak dan dibutuhkan oleh setiap anggota keluarga, berikut adalah jenis-jenis lemari berdasarkan kegunaannya.

pinterest

  • Sliding Wardrobe
    Lemari ini adalah model lemari dengan dua pintu geser. Dengan menggunakan lemari seperti ini akan lebih memudahkan kamu untuk mencari pakaian ataupun dress yang ingin kamu gunakan. Dua pintu geser ini berfungsi untuk dua penyimpanan, satu untuk penyimpanan hanger dan sisi satunya untuk penyimpanan baju, kaos dan celana yang dilipat. Dengan fungsinya yang fleksibel membuat lemari ini sangat diminati, dan semakin mewah gaya lemari akan membuat lemari seperti ini memiliki harga yang cukup mahal dipasaran.

  • Lemari Drawer
    Lemari Drawer merupakan lemari yang biasa digunakan untuk anak-anak sebagai tempat penyimpanan baju anak. Memiliki desain yang menarik, warna yang terang membuat lemari ini sangat cocok jika di tempatkan di kamar anak. Umumnya lemari ini memiliki enam buah laci susun untuk penyimpanan pakaian. Meskipun bentuknya yang kecil dan tidak memakan banyak tempat, lemari ini juga memiliki penyimpanan dalam yang cukup besar. Selain untuk penyimpanan pakaian anak, lemari jenis ini bisa juga dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan seperti penyimpanan mainan, perlengkapan sekolah, dan pakaian yang digunakan sehari-hari.

  • Lemari Besar Dengan Cermin
    Untuk kamu yang sudah berumah tangga lemari jenis ini sangat cocok untuk digunakan dengan lemari besar yang dilengkapi dengan cermin sebagai hiasannya. Dengan ukurannya yang besar, pasti bisa menyimpan banyak pakaian, bedcover, tas, dan lain-lain, sekaligus memanfaatkan cermin untuk melihat penampilan sebelum bepergian keluar rumah. Kamu bisa membagi partisi lemari menjadi beberapa bagian, sesuai dengan fungsinya bisa menyimpan banyak barang, sudah dipastikan lemari ini termasuk kedalam kategori lemari mewah yang besar, sebelum kamu memilih lemari besar, pastikan bahwa ruangan memiliki ruang untuk menyimpan lemari tersebut.

  • Lemari Kombinasi
    Perpaduan dari lemari drawer dengan lemari cermin dengan fungsi yang sama dan hampir mirip dengan lemari geser (Sliding Door). Dengan fungsinya yang telah di desain dari model-model lemari lainnya, lemari kombinasi juga menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak memiliki ruangan yang luas namun ingin memiliki lemari yang multifungsi. Desain yang trendi, kekinian, minimalis, dan dengan paduan dua warna yang kalem membuat lemari ini sangat diminati dipasaran.

  • Lemari Tiga Pintu
    Hampir serupa dengan lemari cermin dan lemari kombinasi, namun lemari ini terlihat lebih mewah yang dilengkapi dengan kaca pada bagian tengahnya dan tiga baris penyimpanan yang berbeda. Selain itu, ada juga slot-slot kabinet, gantungan hanger, sampai pada penyimpanan tas, bedcover dan lebih banyak lagi. Lemari dengan tiga pintu ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan bisa menyimpan pakaian kamu dan pasangan kamu secara bersamaan.

  • Lemari Kayu Standar
    Bukan berarti jenis lemari seperti ini tidak diminati, justru lemari kayu sangat banyak peminatnya karena dari bentuknya yang kokoh dengan desain vintage dan sederhana. Jika kamu tidak memiliki pakaian yang bervariasi, maka lemari ini akan cocok karena tidak banyak kabin yang disediakan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id