Manfaat Desain Rumah Loft, Hunian Modern yang Unik dan Artsy

Posted by Putri A Ashralika  •  2 weeks ago

Langit-langit yang tinggi melahirkan suasana ruang yang hangat dan sejuk. Menjadi salah satu manfaat desain rumah loft yang tidak bisa didapatkan dari gagasan desain rumah lainnya.

Interiordesign.id – Seiring berkembangnya konsep rumah tinggal, kini banyak juga cara unik dan kreatif untuk mendapatkan hunian yang diidamkan. Salah satunya adalah konsep rumah loft, yang meski berada di lahan yang terbilang mungil, namun terasa sangat nyaman dan tetap mampu terlihat lebih luas.

Konsep desain loft sendiri lahir dari area ruangan bekas bangunan industri atau bangunan komersial. Bekas bangunan tersebut pun kemudian dikreasikan sedemikian rupa hingga menjadi tempat layak huni.

Desain rumah ala loft kini menjadi salah satu tren hunian yang digemari di perkotaan karena memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan. Konsep desain ini memaksimalkan penggunaan tanah bangunan, tampilan, dan suasana rumah yang unik, serta mudah untuk dikreasikan.

Nah, lantas apa saja manfaat serta kelebihan dari desain rumah loft? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Terasa Luas dengan Langit-langit yang Tinggi

manfaat desain rumah loft

~ via pinterest

Bangunan loft memiliki langit-langit yang tinggi sebagai salah satu syarat untuk dapat membuat mezzanine di dalam rumah atau apartemen. Dengan langit-langit yang tinggi, rumah dengan konsep loft akan mudah saat didesain dan didekorasi. Langit-langitnya yang tinggi juga memberi keleluasaan saat menatanya tanpa perlu takut terkesan sempit.

Anda dapat memanfaatkan setiap bagian di dalam rumah dengan konsep loft semaksimal mungkin.

Langit-langit yang tinggi memberi penampilan yang terasa lebih luas dan lapang. Jika Anda menerapkan konsep mezzanine atau setengah lantai pada bagian atas hunian, maka bagian bawah akan terasa lebih luas lagi.

Memiliki Pencahayaan Alami

manfaat desain rumah loft

~ via Home.co.id

Pada umumnya bagian jendela di rumah loft menggunakan konsep jendela atau kaca-kaca yang berukuran besar sesuai dengan tinggi bangunan tersebut. Dengan gagasan desain seperti ini, maka pencahayaan alami matahari dapat memasuki bagian dalam rumah dengan mudah. Rumah akan terasa terang pada siang hari dan juga hangat saat malam hari.

Rumah loft tidak memerlukan pencahayaan tambahan, sehingga menghemat penggunaan listrik. Selain itu, ruangan juga akan terasa lebih sehat dan jauh dari kata lembab atau pengap.

Peletakkan yang Sederhana

Memiliki langit-langit yang tinggi memberi keleluasaan bagi Anda untuk berkreasi dan berekspresi sesuai kepribadian. Anda dapat menghias bagian dinding dengan aneka macam hiasan. Mengatur penataan ruangan dalam hunian pun dapat dengan mudah dilakukan.

Bergaya Industrial

Sangat disarankan untuk tetap memertahankan gaya desain interior industrial pada bangunan loft yang artsy.

Konsep industrial memungkinkan Anda hanya melakukan sedikit perbaikan tanpa perlu berusaha mengubah banyak hal. Karakteristik bangunan yang khas industrial juga memberikan kesan unik dan sangat khas.

Namun, jika gaya ini dirasa terlalu maskulin, Anda dapat mencoba menggabungkannya dengan konsep interior yang lain. Seperti mengombinasikannya dengan gaya interior skandinavia yang menciptakan penampilan yang sangat modern eklektik.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

interiordesign-putri-desainer

By Putri A Ashralika

Desainer kelahiran Jakarta. S1 Desain Interior ITENAS (lulus tahun 2012).

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader