fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Meja Dapur Kayu; Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli

Meja dapur kayu merupakan salah satu pilihan meja dapur terbaik untuk segala jenis desain dan ukuran dapur.

Estimated reading time: 6 minutes

InteriorDesign.id – Dari dulu hingga kini, meja dapur kayu tidak pernah surut akan peminat. Ini merupakan salah satu material countertop meja dapur terbaik meski material lain seperti granit, marmer, atau bahkan keramik, memberi alternatif pilihan.

Jenis kayu yang banyak digunakan sebagai bahan baku meja ini juga biasanya adalah kayu terbaik, semacam jati atau sejenisnya yang terkenal karena kekuatannya. Itulah sebab, meja dapur kayu, akan selalu menjadi pilihan utama di samping model meja dapur lainnya.

Akan tetapi, produk apapun, tidak terkecuali meja dapur kayu, pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Tidak ada produk yang memiliki kesempurnaan.

Dus, bagi Anda yang berencana mengganti meja dapur, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal penting berikut sebelum memutuskan yang akan Anda gunakan adalah meja dapur kayu.

Kelebihan Meja Dapur Kayu

Kenali karakteristik barang yang akan Anda beli. Terutama ketahui apa saja kelebihan-kelebihannya.

Berikut adalah 5 kelebihan dari jenis meja dapur kayu.

1. Materialnya Awet dan Kuat

Tak ada yang bisa menyangkal kekuatan dari kayu jati. Inilah yang membuat kitchen table berbahan kayu jati sangat diminati. Bahkan, kayu jenis ini dikenal akan semakin awet dan kuat seiring bertambahnya waktu. Ini dikarenakan kayu jati rupanya tahan terhadap rayap dan jamur. Jadi, walaupun berada di tempat yang lembab dan rentan terkena air, Anda tidak perlu khawatir meja Anda akan lapuk.

2. Meja Dapur Kayu Merupakan Isolator

Kayu memang masuk ke dalam golongan isolator. Artinya, material ini sulit untuk menghantarkan panas. Hal ini tentu sangat baik, karena jika Anda berada di dapur untuk memasak dalam waktu yang cukup lama, Anda tidak akan merasakan kepanasan dengan adanya kitchen table kayu ini.

3. Punya Tampilan yang Menarik

Kayu sangat populer sebagai material kitchen table karena memiliki tampilan yang menarik.

Kayu bisa berwarna cokelat keemasan. Seratnya sendiri lurus dan sangat teratur. Inilah yang membuat countertop kayu, terutama dari jenis kayu jati, bisa sangat menarik secara visual.

4. Bentuk Beragam

Kelebihan dari kitchen table kayu lainnya adalah bentuk dan desainnya yang beragam.

Pada dasarnya, kayu sangat mudah untuk dibentuk. Itulah sebab, ini akan memudahkan perajin dalam membentuk dan membuat meja.

Saat ini, model meja tidak hanya hadir dalam bentuk bulat atau kotak, tetapi juga bisa memiliki bentuk yang unik dan estetik.

5. Mudah Disesuaikan dengan Ruangan

Kendala yang kerap ditemui saat ingin membeli kitchen table adalah menentukan model yang sesuai dan cocok untuk area dapur. Terkadang saat dilihat langsung di toko, meja dapur terlihat bagus dan menawan. Namun, saat dibawa ke rumah, ia bisa terasa kurang “menyatu” dengan model atau desain ruang dapur.

Namun jangan khawatir, hal tersebut tidak akan Anda alami jika memilih meja yang terbuat dari material kayu. Sebab, jenis meja ini sangat mudah menyatu dengan berbagai konsep desain interior dapur.

Kekurangan Meja Dapur Kayu

Seperti disebutkan sebelumnya, dengan kelebihan-kelebihannya, model meja dapur dengan material ini juga bisa memiliki kekurangan.

Berikut adalah 3 kekurangan meja dapur kayu yang penting untuk Anda ketahui.

1. Harga Tergolong Mahal

Jika Anda membeli kitchen table kayu, khususnya kayu jati, siap‐siap tertegun dengan harga yang akan ditawarkan pada Anda.

Harga meja berbahan kayu jati sangat mahal, karena ia memiliki kualitas yang baik. Anda perlu mempertimbangkan aspek ini sebelum memutuskan untuk memilikinya.

2. Bobot Meja Dapur Kayu Relatif Berat

Meja kayu jati asli memiliki bobot yang cukup berat. Ini dikarenakan kayu jenis ini memiliki kepadatan yang tinggi.

Bobot yang berat ini akan menjadi persoalan saat Anda harus mengangkut dan memindahkannya.

3. Memerlukan Perawatan Khusus

Meja dapur kayu memang terkenal kuat, tetapi untuk menjaga kualitas permukaan dan warnanya, Anda perlu melakukan perawatan khusus agar meja dapur Anda bisa tetap terlihat menawan dari tahun ke tahun.

Tips Merawat Meja Dapur Kayu

Setelah Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan mejad apur kayu, sekarang saatnya Anda mengetahui juga bagaimana melakukan perawatannya.

Lakukan beberapa hal berikut agar meja ini bisa awet, tahan lama, dan tetap bisa tampil menarik.

1. Letakkan di Tempat Kering

Kayu merupakan material yang mudah menyerap air. Karenanya, alangkah lebih baik jika Anda meletakkannya di tempat yang kering.

Meski begitu, ini rentan terkena air, Anda tetap dapat menyiasatinya. Salah satunya adalah dengan cara memberi jarak meja Anda dengan sumber air seperti wastafel agar ia tidak terkena air berlebihan.

2. Bersihkan Secara Berkala

Meja dapur kayu dapat menyerap cairan, terlebih jika Anda rutin memasak, permukaan meja tak akan luput dari kecap atau saus.

Untuk mencegah agar cairan noda tidak menempel dan membekas, Anda perlu melakukan pembersihan secara berkala.

Ingat, membersihkan jenis meja ini juga emerlukan cara khusus. Gunakanlah cairan khusus pembersih kayu agar permukaan meja Anda tetap bersih dan tidak rusak.

3. Lapisi dengan Pengkilat Kayu

Untuk menjaga warna dari permukaan meja dapur kayu, Anda dapat secara berkala mengoleskan cairan pengkilat khusus. Cairan ini berguna agar warna dari kayu bisa tetap terjaga.

4. Perhatikan Cara Memindahkan Meja

Jika Anda ingin memindahkan lokasi meja, hindari.memindahkannya dengan cara digeser. Ini dikarenakan ia dapat merusak permukaan bawah meja.

Untuk meja dapur kayu, cara terbaik memindahkannya adalah dengan cara diangkat. Lakukan hal ini agar meja dapur berharga Anda tetap bisa awet dan tahan lama.

interior dapur minimalis dengan meja dapur kayu
Jadikan Interior Dapur Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id