fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Panduan Untuk Membeli Sofa Baru Berkualitas

Posted by Anastasia Michella Wednesday, November 9 2022
Membeli Sofa Baru

Memiliki sofa yang nyaman menjadi salah satu impian banyak orang. Karena sofa bisa menjadi tempat terbaik untuk melepas penat dan lelah, bercengkrama dengan teman dan keluarga, menjamu tamu, dan masih banyak lagi.

Agar tidak salah pilih sofa, mari simak panduan membeli sofa baru berkualitas yang akan dibahas dalam ulasan artikel kali ini. 

Jenis-Jenis Sofa

Sebelum membeli sofa baru, Anda harus mengetahui jenis-jenis sofa terlebih dahulu sehingga Anda bisa memutuskan jenis dan tipe yang mana yang cocok untuk diletakkan pada hunian Anda. Ada beberapa jenis sofa yang dijual di pasaran, simak selengkapnya berikut ini. 

Ini 5 Tips Membeli Sofa Baru Berkualitas

1. Sectional Sofa

Mungkin namanya masih asing bagi sebagian orang, namun sectional sofa merupakan sofa yang versatile dan memiliki banyak unit terpisah yang bisa Anda atur sesuka hati. Biasanya sectional sofa ini lebih dikenal dengan sofa letter U atau letter L. jenis sofa satu ini cocok bagi Anda yang memiliki keluarga besar. 

2. Tips Membeli Sofa Baru: Sleeper Sofa

Sofa satu ini bisa jadi pilihan terbaik jika Anda kerap memiliki tamu yang suka menginap di rumah. Sleeper sofa difungsikan untuk tempat tidur sehingga bagian bawahnya dapat dibentangkan untuk meluruskan kaki. Jenis sofa satu ini bisa ditempatkan pada home theater pribadi. 

3. Tips Membeli Sofa Baru: Recliner 

Jenis sofa satu ini memilki ciri khas yaitu adanya sandaran kaki dan sandaran tangan yang fleksibel. Bagian sandaranya bisa diatur sendiri dan biasanya terbuat dari material berkualitas sehingga harganya cukup mahal. Sofa ini juga bisa Anda letakkan di home theater pribadi. 

4. Tips Membeli Sofa Baru: Sofa Minimalis 

Menjadi salah satu jenis sofa yang disukai oleh banyak orang karena modelnya yang simpel dan minimalis. Berukuran kecil sehingga cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas. Bisa menggunakan berbagai bahan sesuai selera. Ada yang menggunakan bahan kulit, kain, dan lainnya. Biasanya identik dengan warna putih, hitam, abu-abu, dan coklat. 

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Sofa Baru?

Tips Membeli Sofa Baru
Persiapan Sofa Baru

Setelah mengetahui jenis-jenis sofa, kini Anda harus mengetahui terlebih dahulu hal apa saja yang harus Anda pertimbangkan saat membeli sofa baru. Meskipun pemakaian sofa bisa bertahan antara 7 – 15 tahun, namun jika sofa sudah tidak berfungsi dengan baik maka sebaiknya Anda harus menggantinya. Nah sebelum membeli sofa perhatikan ha-hal berikut ini: 

  1. Tentukan budget sebelum membeli sofa, karena jika Anda memiliki budget yang terbatas pastikan untuk memilih sofa terbaik dengan harga yang murah. Anda bisa mendapatkan sofa terbaik dengan harga murah di special event yang diadakan oleh toko-toko yang menjual furniture dan perabotan rumah. 
  2. Perhatikan bagaimana Anda akan menggunakan sofa dan siapa saja yang menggunakan sofa untuk bisa menentukan jenis sofa mana yang cocok Anda gunakan. 
  3. Perhatikan ruang kosong di rumah Anda. Selain menentukan siapa saja yang lebih sering menggunakan sofa, pastikan Anda juga memilih sofa yang sesuai dengan ukuran rumah Anda. Sofa letter L lebih cocok untuk ruangan besar dan sofa minimalis cocok untuk rumah yang memiliki ruangan kecil. 

Tips Membeli Sofa Baru 

Nah, jika Anda sudah menentukan budget dan mengerti jenis sofa mana yang akan dipilih untuk digunakan di rumah, maka Anda harus melakukan beberapa tips membeli sofa di bawah ini. Simak selengkapnya! 

1. Tentukan Jumlah Kursi Sofa 

Mengetahui jenis sofa yang dipilih berarti Anda mengetahui space kosong yang ada di rumah sehingga Anda mengeri berapa banyak kursi yang dibutuhkan. Sofa dengan dua tempat duduk biasanya berukuran 1,5 – 2 meter, sedangkan sofa dengan tiga hingga empat tempat duduk berukuran 2 – 2,5 meter. 

2. Lihat Bahan yang Digunakan 

Perhatikan bahan dan material yang digunakan, kualitas kain pada lapisan sofa menjadi salah satu acuan penting. Pastikan mengetahui kelebihan dan kekurang dan masing-masing kain sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan perawatan nantinya. 

3. Cek Pegas 

Biasanya pihak tokok akan memperbolehkan Anda untuk mencoba kenyamanan duduk di sofa yang ditawarkan. Pastikan untuk melihat kenyamanan pegas dan padding sofa untuk mengukur kenyamanan. Jangan lupa cek bagian lengan dan punggung untuk mengecek kenyamanan secara keseluruhan.

4. Tes Mesin 

Jika Anda menggunkan jenis sofa reclining, pastikan untuk mencoba mengecek mesinnya terlebih dahulu. Apakah bisa berjalan dengan mulus atau ada sesuatu yang mengganjal. Hal ini juga bisa Anda lakukan pada model sleeper sofa. 

5. Beli di Tempat Terpercaya 

Tak jarang orang tertipu ketika kualitas dan harga yang dikeluarkan tidak sesuai dengan marketing yang disebarkan. Karena itu pastikan untuk membeli sofa secara offline untuk mengetahui kualitas asli sofa atau Anda bisa menggunakan jasa profesional desain interior untuk membantu Anda membeli sofa terbaik yang cocok dengan ruang hunian dan kebutuhan Anda. 

Penutup 

Itulah pengertian sofa hingga tips membeli sofa baru yang bisa Anda lakukan. Karena sofa merupakan investasi jangka panjang, pastikan untuk tidak sembarangan dalam memilih sofa.

Agar tidak salah pilih, Anda bisa menggunakan jasa desain interior profesional dari InteriorDesign yang terbukti mampu membantu klien mereka mewujudkan ruang impian mereka. 

Bersama dengan InteriorDesign, kini Anda tidak perlu repot dan bingung memilih sofa mana yang terbaik untuk Anda.

Karena kami akan membantu Anda memaksimalkan anggaran sofa Anda untuk mendapatkan sofa yang tepat dengan kualitas terbaik untuk Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id