pencahayaan dapur

Memilih Pencahayaan Terbaik untuk Ruangan Bisa Berdampak Positif Terhadap Mood dan Suasana Hati

Posted by Yana  •  Monday, July 22 2019

Berdasarkan studi dan riset, pencahayaan ruangan bisa memiliki efek langsung terhadap mood atau suasana hati seseorang.

Interiordesign.id – Banyak studi dan riset yang menerangkan bahwa pencahayaan pada ruangan memiliki efek langsung terhadap mood atau suasana hati. Dengan kata lain, terhadap sistem kesehatan tubuh.

Memilih dan merencanakan pencahayaan yang tepat untuk ruangan adalah salah satu bagian terpenting untuk membangun karakter dan mendapatkan suasana positif yang dibutuhkan.

Cahaya dapat memiliki dampak langsung pada ritme sirkadian.

Dalam sebuah laporan hasil riset yang dipimpin oleh Dr. Figuera dari Lighting Research Center, mengatakan bahwa cahaya dapat memiliki dampak langsung pada ritme sirkadian; yaitu sebuah proses biologis yang berpatokan pada siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang memengaruhi sistem fungsional tubuh manusia.

Di sisi lain, Dr. Andrew Weil, seorang ahli kesehatan ternama, mengungkapkan lebih kurang, bahwa efek pencahayaan pada ruangan tidak terlalu memiliki dampak yang harus dikhawatirkan.

Meski begitu, Ia menyarankan agar ruangan sedapat mungkin harus terpapar cahaya matahari langsung. Selain bagus untuk tubuh dalam memproduksi vitamin D, cahaya alami langsung sangat bagus untuk memperbaiki mood atau menormalisasi siklus tidur/bangun.

Dalam beberapa situasi, tidur yang menyehatkan adalah dalam situasi yang sepenuhnya gelap.

Begitu pula dengan yang dikatakan Dr Victoria Revell, seorang chronobiologist di Universitas Surrey:

Cahaya sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita. Memastikan bahwa kita mendapatkan tingkat cahaya yang cukup pada waktu yang tepat setiap hari, bermanfaat pada tingkat kewaspadaan, mood, produktivitas, pola tidur dan banyak aspek fisiologi kita,” sebutnya, seperti dikutip Anita Naik dari netdoctor.co.uk.

Pencahayaan pada ruangan pada akhirnya sama pentingnya dengan pemilihan warna. Hal yang sangat esensial ini, adalah bagian dari desain interior dan dekorasi ruangan secara keseluruhan yang harus benar-benar menjadi perhatian.

Pemilihan pencahayaan ruangan yang direkomendasikan oleh para profesional berdasarkan riset Lighting Research Center dan diamini oleh para ahli kesehatan ternama, bisa menjadi panduan dan pertimbangan.

Berikut adalah pilihan standar pencahayaan pada berbagai ruangan yang disertai ilustrasi dan juga video.

  1. Pencahayaan Ruang Keluarga

Ruang Keluarga adalah area yang mendukung berbagai kegiatan seperti percakapan, membaca, atau bahkan menonton televisi.

Berdasar riset LRC, sebaiknya gunakan lampu yang dapat dipindah dan tempatkan pada area yang dibutuhkan seperti saat membaca.

Ganti lampu secara terpisah pada ruang tamu dengan pancaran cahaya dari televisi, atau menggunakan dimmer untuk mengurangi cahaya ambient jika tidak ada tugas aktivitas simultan, seperti membaca.

pencahayaan ruangan

  1. Pencahayaan Dapur

Pencahayaan pada ruangan ini harus benar-benar maksimal. Dapur membutuhkan pencahayaan yang cukup terang untuk mendukung tugas-tugas memasak dan lainnya.

Pencahayaan pada atap atau ceiling adalah pilihan terbaik.

pencahayaan ruangan

Pencahayaan Dapur; Dekorasi Ruang Dapur agar Tampil Lebih Dramatik dengan Pencahayaan LED

  1. Pencahayaan Ruang Makan

Ruang makan, jika memungkinkan dapat diposisikan berada dekat dengan jendela agar memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pencahayaan alami.

Yang paling penting adalah, ruang makan harus memiliki pencahayaan langsung yang terarah pada meja di mana semua makanan dan apa yang ada di atas meja dapat terlihat dengan baik.

pencahayaan ruangan

  1. Pencahayaan Kamar Mandi

Pencahayaan pada area kamar mandi sangat penting ditempatkan dan dimaksimalkan di sekitar cermin. Pencahayaan ini memiliki fungsi untuk tugas-tugas seperti mencukur dan atau makeup.

pencahayaan ruangan

  1. Pencahayaan Kamar Tidur

Pemilihan model pencahayaan pada ruangan ini harus benar-benar diperhatikan. Penggunaan beberapa model pencahayaan dari lampu atap atau lampu meja adalah pilihan terbaik.

Aktivitas membaca yang biasa dilakukan di kamar tidur juga harus sepenuhnya mendapatkan dukungan dengan keberadaan lampu meja pada side table di samping tempat tidur.

Perlu diingat, suasana temaram atau bahkan gelap sepenuhnya adalah pilihan terbaik guna mendapatkan suasana rilek untuk relaksasi maksimal yang dibutuhkan oleh tubuh.

pencahayaan ruangan

  1. Pencahayaan Eksterior atau Luar Ruangan

Pencahayaan eksterior atau luar ruangan digunakan untuk keselamatan, keamanan, dan juga dekorasi. Selain itu pencahayaan eksterior juga dapat digunakan sebagai relaksasi, rekreasi, atau bahkan bekerja pada malam hari.

Pencahayaan pada samping dan belakang rumah juga dapat memberikan rasa aman. Mencegah pencuri atau penyusup ke dalam rumah.

pencahayaan ruangan

5 Prinsip Mendasar Bagaimana Mendesain & Mendekorasi Ruangan agar Memiliki Dampak Positif, Menurut Studi Neuro-Arsitektur

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , ,

Yana

By Yana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram